Sukses

Doa Sapu Jagat Beserta Artinya, Mencakup Semua Hajat Umat Muslim

Doa sapu jagat artinya doa untuk meraih kebaikan di dunia maupun akhirat.

Liputan6.com, Jakarta Doa sapu jagat beserta artinya sangat penting untuk diketahui oleh umat Muslim. Bagi umat Muslim doa sapu jagat beserta artinya sudah tidak asing lagi. Doa ini merupakan doa yang paling banyak dipanjatkan oleh umat Muslim.

Doa sapu jagat beserta artinya bisa dilafadkan secara diri sendiri maupun diselipkan dalam doa-doa lainnya. Sebab, doa sapu jagat beserta artinya memiliki lafad yang pendek dan sudah mencakup semua hajat umat Muslim.

Perlu diketahui, doa sapu jagat eserta artinya ini menjadi lafad yang sering dibaca oleh Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad mengamalkan doa tersebut selama i'tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai dao sapu jagat beserta artinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Doa Sapu Jagat Beserta Artinya

Doa sapu jagat beserta artinya memiliki bacaan yang pendek dan umum diamalkan oleh umat Muslim. Biasanya, doa ini dipanjatkan setelah sholat maupun doa-doa yang lainnya. Bahkan doa sapu jagat beserta artinya dapat diamalkan kapan saja dan di mana saja.

Berikut ini terdapat bacaan doa sapu jagat beserta artinya yang bisa anda amalkan, yakni

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Arab Latin: Rabbanaa, aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar

Artinya: "Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka."

Doa sapu jagat beserta artinya ternyata berasal dari surat Al Baqarah ayat 201 yang berbunyi,

وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Arab latin: Wa min-hum may yaqụlu rabbanā ātinā fid-dun-yā ḥasanataw wa fil-ākhirati ḥasanataw wa qinā 'ażāban-nār

Artinya: Dan di antara mereka ada yang berdoa, “ Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.”

3 dari 6 halaman

Makna Doa Sapu Jagat

Dikutip dari buku Rahasia Dahsyat Energi Sapu Jagat karya M. GHOFUR KHALIL, menjelaskan bahwa doa sapu jagat beserta artinya biasanya diucapkan di akhir penutup doa. Jadi, doa apa pun, pasti diakhiri dengan doa ini. Bahkan, dulu di masjid-masjid dan langgar-langgar kampung, doa ini juga sering digunakan sebagai pujian menjelang salat berjamaah. Doa tersebut yang kemudian dikenal dengan sebutan doa sapu jagat.

Jika dilihat dari rangkaian katanya, nama doa ini terdiri dari dua kata, yaitu sapu dan jagat. Sapu, artinya alat yang digunakan untuk membersihkan sesuatu. Sementara jagat, artinya alam, semesta, kosmos atau dunia. Sehingga, doa sapu jagat secara tekstual bisa diartikan sebagai doa pembersih alam, yaitu doa pembersih semesta raya, dalam arti, doa ini merupakan doa untuk meraih kebaikan di dunia maupun akhirat. Oleh karena itu, doa ini sesungguhnya merangkum segala hal dalan kehidupan umat manusia serta doa yang meliputi segalanya.

4 dari 6 halaman

Sering Dibaca oleh Nabi Muhammad SAW

Doa sapu jagat beserta artinya ini memiliki makna yang dahsyat, untuk itu doa pendek ini sering dipanjatkan oleh Nabi Muhammad SAW. Bahkan saking seringnya dilafadkan oleh Nabi Muhammad SAW, beberapa riwayat mengisahkan Rasulullah saw sering mengucapkan doa ini, yakni

a. Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, beliau berkata,

"Rasulullah saw. menyukai doa-doa yang singkat padat dan meninggalkan selain itu." (HR. Abu Dawud no. 1482, dikatakan sahih oleh Syekh Al Albani)

b. Doa yang lebih sering diucapkan oleh Rasulullah saw. yaitu

Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa 'adzaban naar.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah Kami dari azab Neraka." (HR. Bukhari no. 4522 dan Muslim no. 2690)

Selain itu, doa yang dahsyat itu juga diajarkan dalam Al-Qur’an, sebagaimana firman Allah SWT,

"Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan Kami, berilah Kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah Kami dari siksa neraka."

5 dari 6 halaman

Keutamaan Membaca Doa Sapu Jagat

Sebab sering dilafadkan oleh Nabi Muhammad SAW dan menjadi doa favorit, doa sapu jagat beserta artinya memiliki keutamaan. Berikut ada beberapa keutamaan dari doa sapu jagat beserta artinya jika anda mengamalkannya setiap hari, yakni:

  1. Doa sapu jagat adalah doa yang mencakup semua kebaikan dunia dan memalingkan semua keburukan.
  2. Mendapat kebaikan akhirat yaitu masuk surganya Allah.
  3. Termasuk doa yang paling sering dipanjatkan oleh Nabi Muhammad SAW.
  4. Doa sapu jagat merupakan harapan untuk selalu berada pada jalan keselamatan.
  5. Menurut hadis riwayat Imam Muslim dari Anas bin Malik, doa sapu jagat dipercaya sebagai doa yang bisa menyembuhkan penyakit.
6 dari 6 halaman

Waktu yang Tepat untuk Memanjatkan Doa Sapu Jagat

Adapun beberapa waktu yang tepat untuk memanjakan doa sapu jagat beserta artinya, yakni:

a. Sesudah sholat wajib

Doa sapu jagat memiliki bacaan yang pendek sehingga sering diselipkan dalam doa-doa yang lain termasuk setelah doa sholat wajib.

b. Antara Azan dan Iqamah

Waktu paling tepat yang pertama adalah di antara azan dan iqamah. Di antara waktu itulah sahabat Dream dianjurkan untuk membaca doa sapu jagat.

c. Malam Lailatul Qadar

Waktu yang paling tepat untuk membaca doa sapu jagat adalah pada malam lailatul qadar. Di mana malam lailatul qadar adalah malam seribu bulan yang menjadi malam terbaik untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT, termasuk doa sapu jagat.

d. Pada bulan Ramadhan

Waktu yang tepat mengamalkan doa sapu jagat beserta artinya adalah pada bulan Ramadhan. Khususnya pada malam ke 23 bulan Ramadhan, sebab pada waktu itu ada banyak berkah dari Allah SWT.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.