Sukses

Lakukan Ini Ketika Mendengar Adzan, Insya Allah Selamat di Hari Kiamat dan Pintu Surga Terbuka

Umat Islam dianjurkan takzim ketika mendengar suara adzan. Tak hanya itu, khalayak disunahkan untuk menjawab adzan dengan ganjaran selamat di hari kiamat dan terbukanya pintu Surga

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia adalah negara dengan jumlah masjid terbanyak. Masjid diartikan sebagai tempat ibadah umat Islam, meski di Indonesia penyebutannya bermacam-macam.

Masjid, musala, surau, langgar dan penyebutan lainnya berdiri nyaris tiap RT. Bayangkan jumlah keseluruhan masjid di Nusantara ini.

Masyarakat Indonesia sebenarnya sangat beruntung dengan adanya ribuan masjid tersebut. Tiap hari lima waktu, kita bisa mendengar kumandang adzan.

Sementara, di negara-negara lain, kumandang adzan sangat dibatasi. Terlebih, di negara dengan penduduk mayoritas nonmuslim.

Adzan, adalah kenikmatan yang jarang disadari oleh masyarakat kita. Di luar suasananya yang begitu tenteram tatkala mendengar adzan, ada keutamaan-keutamaan yang, barangkali, juga tak disadari oleh umat Islam sendiri.

Mendengarkan adzan ternyata bisa membuat kita selamat dari azab atau siksaan di hari kiamat dan membuat pintu surga terbuka. Tentu, tak sekadar mendengar adzan saja. Ada hal yang mesti dilakukan ketika muadzin mengumandangkan adzan.

Tito Yuwono, Dosen Jurusan Teknik Elektro-Universitas Islam Indonesia Yogyakarta menjelaskan dalam tulisannya di suaramuhammadiyah.or.id, ketika adzan dikumandangkan maka Islam mengajarkan kepada kita untuk menjawab panggilan itu. Sebagaimana hadis Rasulullah ﷺ yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim  :

إِذَا سَمِعْتُمْ النِّدَاءَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ الْمُؤَذِّنُ

Artinya: “Jika kalian mendengar seruan adzan maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin. (HR Imam Bukhori dan Imam Muslim)”.

Untuk bagian hayya ‘alash sholaah dan hayya ‘alal falaah maka bagi yang mendengarkan menjawab adzan atau mengucapkan la haula wala quwwata illa billah sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

وَلِمُسْلِمٍ: ( عَنْ عُمَرَ فِي فَضْلِ اَلْقَوْلِ كَمَا يَقُولُ اَلْمُؤَذِّنُ كَلِمَةً كَلِمَةً سِوَى اَلْحَيْعَلَتَيْنِ فَيَقُولُ: “لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاَللَّهِ” )

Menurut Riwayat Muslim dari Umar Radliyallaahu ‘anhu tentang keutamaan mengucapkan kalimat per kalimat sebagaimana yang diucapkan oleh sang muadzin kecuali dua hai’alah (hayya ‘alash sholaah dan hayya ‘alal falaah) maka hendaknya mengucapkan laa haula walaa quwwata illa billah. (HR Imam Muslim)

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4 Keutamaan Adzan

Pria yang juga menjabat Sekretaris Majelis Dikdasmen PCM Ngaglik, Sleman dan Ketua Joglo DakwahMu Almasykuri Yogyakarta ini juga membeberkan Keutamaan Adzan

1. Adzan Dapat Mengusir Setan

Setan adalah musuh kita yang nyata. Mereka selalu membisikkan kebuurukan ke dada manusia, menyesatkan dari jalan yang lurus dan menggelincirkan ke api neraka. Jerat-jerat setan (talbis iblis) mengena ke siapapun, baik orang kaya maupun miskin, baik orang berkedudukan maupun rakyat jelata, orang yang berilmu maupun orang yang kurang berilmu. Tentu dengan strategi yang berbeda-beda,

Maka, salah satu pengusir setan adalah dengan adzan. Sebagaimana hadis Rasulullah ﷺ yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori yang artinya:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda: “Apabila telah dikumandangkan (adzan) untuk shalat, maka setan lari hingga mengeIuarkan kentut sampai dia tidak mendengar lagi suara adzan. Apabila adzan telah selesai, dia (setan) muncul kembali hingga pada saat shalat diiqamati, dia baru pergi lagi.

Sampai ketika iqamat sudah selesai, dia muncul kembali sehingga dia dapat memasukkan bisikan antara seseorang dan batinnya. Setan berkata: Ingatlah ini dan itu, yakni perkara yang sebelumnya tidak diingatnya sampai-sampai orang itu tidak tahu lagi berapa jumlah rakaat shalatnya.”

2. Adzan Menjadi Sksi Kebaikan di Hari Kiamat

Yang mendengar suara adzan akan menjadi saksi kebaikan bagi mudzain, sebagaimana hadis Rasulullah ﷺ yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori:

لَا يَسْمَعُ مَدَى صَوْتِ الْمُؤَذِّنِ جِنٌّ وَلَا إِنْسٌ وَلَا شَيْءٌ إِلَّا شَهِدَ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: “Tidaklah suara adzan yang keras dari yang mengumandangkan adzan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendegarnya melainkan itu semua akan menjadi saksi pada hari kiamat.” (HR Imam Bukhori)

3. Syafaat di Hari Kiamat

Orang yang mendengarkan adzan sampai selesai kemudian membaca doa (setelah adzan) akan mendapatkan syafaat pada hari kiamat.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori:

مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: Barangsiapa yang berdoa setelah mendengar Adzan: Ya Allah, Rabb Pemilik seruan yang sempurna ini, dan Pemilik shalat yang akan didirikan ini, berikanlah wasilah dan keutamaan kepada Muhammad. Bangkitkanlah ia pada kedudukan yang terpuji sebagaimana Engkau telah janjikan. Maka ia berhak mendapatkan syafaatku pada hari kiamat. (HR Imam Bukhori)

 

3 dari 3 halaman

4. Surga

Orang yang mendengarkan adzan dan menjawabnya dari hati terdalam akan Allah Ta’ala masukkan ke dalam surga.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

إِذَا قَالَ الْمُؤَذِّنُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ فَقَالَ أَحَدُكُمْ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ قَالَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ ثُمَّ قَالَ حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ قَالَ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ ثُمَّ قَالَ حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ قَالَ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ ثُمَّ قَالَ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ قَالَ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ ثُمَّ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ مِنْ قَلْبِهِ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Artinya: “Ketika muadzin mengumandangkan, Allahu akbar.. Allahu akbar Lalu kalian menjawab: Allahu akbar.. Allahu akbar, kemudian muadzin mengumandangkan, Asyhadu anlaa ilaaha illallaah, lalu kalian menjawab, Asyhadu anlaa ilaaha illallaah.  kemudian muadzin mengumandangkan, Asyhaduanna Muhammadarrasulullah, lalu kalian menjawab, Muhammadarrasulullah. Kemudian muadzin mengumandangkan hayya ‘alasholah, kalian menjawab laa haula walaa quwwata illa billah.

Kemudian muadzin mengumandangkan hayya ‘alal falah, kalian menjawab laa haula walaa quwwata illa billah. Kemudian muadzin mengumandangkan Allahu akbar Allahu akbar, kalian menjawab Allahu akbar Allahu akbar. Kemudian muadzin mengumandangkan laa ilaaha illallah, lalu kalian menjawab laa ilaaha illallah. (siapa yang mengucapkan itu ) dari dalam hatinya maka akan masuk surga. (HR Imam Muslim)Demikianlah begitu besar dan banyak keutamaan adzan, baik bagi yang mengumandangkan dan juga yang mendengar dan menjawabnya. Maka sebagai seorang Muslim hendaknya ketika adzan berkumandang kita mendengarkan baik-baik dan menjawabnya dari hati yang terdalam dengan pemaknaan. Ketika kita sedang beraktifitas maka kita berhenti dulu untuk mendengarkan dan menjawabnya, baik ketika sedang ngobrol dengan kawan atau sedang rapat dan lain sebagainya. (sumber: Suara Muhammadiyah)

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.