Sukses

Gambaran dan Sifat-Sifat Neraka yang Mengerikan, Na'udzubillah

Neraka adalah tempat siksaan di akhirat bagi makhluk Allah SWT yang membangkang atau menentang syariat Allah dan mengingkari sunnah Rasulullah SAW.

Liputan6.com, Jakarta - Tujuan akhir dari perjalanan manusia yaitu antara surga dan neraka. Surga menjadi tempat yang penuh kenikmatan untuk orang-orang yang taat kepada Allah. Sedangkan neraka akan menjadi tempat siksa di akhirat yang penuh dengan kesengsaraan.

Neraka adalah tempat siksaan di akhirat bagi makhluk Allah SWT yang membangkang atau menentang syariat Allah dan mengingkari sunnah Rasulullah SAW. Mengutip dari buku Gambaran Neraka Menurut Al-Quran dan Hadis karya Roidah Bakri, kata neraka dalam Al-Qur'an disebut dengan 'naar' yang memiliki arti api yang menyala.

Secara istilah, neraka bermakna sebagai tempat balasan dengan wujud siksaan bagi orang-orang yang telah melakukan perbuatan dosa atau kesalahan selama hidup di dunia.

Masih dalam sumber yang sama, di dalam Al-Qur'an telah disebutkan beberapa nama lain dari neraka di antaranya meliputi An-Naar (api), Jahanam (sumur yang dalam), Al-Jahim (yang membakar), As-Sa'ir (jilatan api), As-Saqar (api yang menghanguskan), Al-Hawiyah (jurang), dan Al-Huthamah (api yang meremukkan). Sebagaimana firman Allah dalam Al-Quran Surat al-Baqarah ayat 39:

وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَكَذَّبُوْا بِاٰيٰتِنَآ اُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ ࣖ

"Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat kami, mereka itulah penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya." (QS. al-Baqarah: 39).

 

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sifat-Sifat Neraka

1. Panasnya Api Neraka

Panasnya api neraka digambarkan seperti ketika di dunia manusia membakar kayu kemudian melentikkan bunga api. Api neraka juga melontarkan bunga-bunga api. Namun, tentu tidak sama besarnya antara bunga api di dunia dengan di neraka. Bila dibandingkan maka sangatlah jauh. Hal ini juga digambarkan pada firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Mursalat ayat 32-33:

اِنَّهَا تَرْمِيْ بِشَرَرٍ كَالْقَصْرِۚ

"Sesungguhnya ia (neraka) menyemburkan bunga api bagaikan istana (yang besar dan tinggi)." (QS. al-Mursalat: 32)

2. Warna Api Neraka

Warna api neraka ada bermacam-macam, di antaranya warna merah, putih, hitam, dan yang terpanas berwarna hitam legam. Warna api pada dasarnya adalah merah, kemudian apabila ditinggikan suhunya maka warna api akan menjadi putih. Lalu jika dinaikkan lagi suhunya akan berubah menjadi hitam. Sebagaimana dalam hadis, Rasulullah SAW bersabda:

أُوقِدَ عَلَى النَّارِ أَلْفَ سَنَةٍ حَتَّى احْمَرَّتْ ثُمَّ أُوقِدَ عَلَيْهَا أَلْفَ سَنَةٍ حَتَّى ابْيَضَّتْ ثُمَّ أُوقِدَ عَلَيْهَا أَلْفَ سَنَةٍ حَتَّى اسْوَدَّتْ فَهِيَ سَوْدَاءُ مُظْلِمَةٌ

"Api dinaikkan suhunya selama seribu tahun sampai berubah menjadi merah, lalu dinaikkan lagi selama seribu tahun hingga berubah menjadi putih, kemudian dinaikkan lagi selama seribu tahun sampai menghitam, dan itulah yang disebut dengan hitam legam." (HR. at-Tirmidzi).

3. Suara Api Neraka

Jika manusia di dunia membakar kayu ataupun kertas akan mengeluarkan suara, maka api neraka juga mengeluarkan suara. Tentunya, suara api neraka lebih besar daripada suara api yang ada di dunia. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Al-Furqan ayat 12:

اِذَا رَاَتْهُمْ مِّنْ مَّكَانٍۢ بَعِيْدٍ سَمِعُوْا لَهَا تَغَيُّظًا وَّزَفِيْرًا

"Apabila ia (neraka) melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar darinya suara gemuruh karena marah dan geram." (QS. al-Furqan: 12)

4. Kedalaman Neraka

Kedalaman neraka sangatlah dalam. Hal ini sebagaimana yang terdapat dalam hadits, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:

"Demi Dzat yang diriku ada di tangan-Nya. Sesungguhnya jauhnya jarak antara pinggir neraka sampai ke dasarnya seperti batu seukuran tujuh unta hamil dengan lemak dan dagingnya serta anak-anaknya yang jatuh di antara pinggiran neraka hingga mencapai dasarnya selama tujuh puluh tahun lamanya." (HR. Thabrani)

5. Bahan Bakar Neraka

Bahan bakar neraka terdiri dari manusia serta batu. Hal ini telah tertuang pada firman Allah SWT dalam QS. al-Baqarah ayat 24:

فَاِنْ لَّمْ تَفْعَلُوْا وَلَنْ تَفْعَلُوْا فَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِيْ وَقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ ۖ اُعِدَّتْ لِلْكٰفِرِيْنَ

"Jika kamu tidak (mampu) membuat(-nya) dan (pasti) kamu tidak akan (mampu) membuat(-nya), takutlah pada api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu yang disediakan bagi orang-orang kafir." (QS. Al-Baqarah: 24)

Demikianlah pengertian neraka dan sifat-sifatnya sebagai tempat siksaan makhluk Allah SWT di akhirat kelak. Dengan mengetahui gambaran neraka, semoga umat muslim dapat lebih memahami arti penting dari menjalankan ajaran agama dengan benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.