Sukses

Rangkaian Amalan dan Doa Malam Nisfu Sya'ban, Insya Allah Mudah Terkabul

1 Sya'ban 144 Hijriyah jatuh pada 22 Februari 2022. Karena itu, Nisfu Sya'ban akan tiba pad 6 Maret 2022. Berikut adalah amalan-amalan yang bisa dilakukan sehingga doa lebih mudah dikabulkan Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Sya'ban disebut sebagai gerbang Ramadhan. Sebab, inilah bulan terakhir sebelum memasuki bulan suci.

1 Sya'ban 1444 H jatuh pada Rabu, 22 Februari 2023. Karenanya, Nisfu Sya'ban akan terjadi pada 6 Maret 2023.

Sya'ban sebagai bulan di antara dua bulan istimewa tentu juga menjadi istimewa. Di antara keistimewaannya, Sya'ban memiliki Nisfu Sya'ban yang menjadi salah satu hari mudahnya segala doa terkabul.

Karena itu, umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan pada malam Nisfu Sya'ban. 

Gus Rifqil Muslim Suyuthi melalui akun Twitternya@rifqilmoeslim, membagikan sebuah ijazah amalan yang dibaca sepanjang malam pertama hingga malam nisfu Sya'ban pada Selasa (21/2/2023).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ijazah Amalan

Ijazah amalan ini didasarkan pada kitab Kanzun Najah fil Ad'iyyah allati Tasyrahus Shudur. Adapun amalannya adalah membaca surat Ad-Dukhan ayat 1-8 (15 X) pada malam pertama sampai malam keempat belas bulan Sya'ban.

حٰمۤۚ. وَالْكِتٰبِ الْمُبِيْنِۙ. اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةٍ مُّبٰرَكَةٍ اِنَّا كُنَّا مُنْذِرِيْنَ. فِيْهَا يُفْرَقُ كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍۙ. اَمْرًا مِّنْ عِنْدِنَاۗ اِنَّا كُنَّا مُرْسِلِيْنَۖ. رَحْمَةً مِّنْ رَّبِّكَۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُۗ. رَبِّ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَاۘ اِنْ كُنْتُمْ مُّوْقِنِيْنَ. لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ يُحْيٖ وَيُمِيْتُۗ رَبُّكُمْ وَرَبُّ اٰبَاۤىِٕكُمُ الْاَوَّلِيْنَ.

Setelah membaca Al-Qur'an surat Ad-Dukhan ayat 1-8, kemudian diikuti dengan bacaan dzikir kepada Allah swt dan membaca shalawat Nabi sebagaimana berikut.

الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.

Setelah itu, barulah dilanjutkan dengan berdo’a sesuai hajat atau harapan yang hendak dipanjatkan masing-masing. "Kemudian berdo’a sesuai hajatnya," tulis Gus Rifqil, dikutip dari NU Online, Jumat (4/3/2023).

Adapun pada malam Nisfu Sya'ban atau malam kelima belas, bacalah Al-Qur'an surat ad-Dukhan ayat 1-8 di atas dibaca 30 kali. Kemudian, dilanjutkan dengan bacaan yang sama setelahnya, serta ditutup dengan doa sesuai hajat masing-masing.

Sebagaimana dijelaskan dalam kitab itu, bacaan amalan tersebut dapat mempercepat doa-doa yang dipanjatkan lekas diijabah oleh Allah SWT. (sumber: nu.or.id)

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.