Sukses

5 Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi Hari Jumat, Terhindar Fitnah dan Jadi Cahaya di Hari Kiamat

Keutamaan membaca Al-Qur'an surat Al-Kahfi tiap hari Jumat begitu banyak

Liputan6.com, Jakarta - Seorang muslim dianjurkan untuk tiap saat membaca Al-Qur’an agar senantiasa mendapatkan pahala dan ketenangan hati. Begitupun pada hari tertentu seperti membaca surat Yasin di hari Jumat.

Selain itu ada satu surat yang juga dianjurkan untuk dibaca pada hari jumat yaitu surat al-Kahfi. Surat al-Kahfi ini termasuk dalam golongan surat makkiyah, karena surat ini diturunkan di kota Mekkah.

Dari Abu Darda’, Rasulullah SAW bersabda: 

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya :“Barang siapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal.” (HR. Muslim)

Surat ini dapat menyinari dan melindungi orang yang membacanya dari fitnah Dajal, oleh sebab itu disebut sebagai surat pelindung fitnah.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waktu yang Tepat Membaca Surat Al-Kahfi

Waktu yang paling tepat untuk membaca surat al-Kahfi adalah hari Jumat. Membaca surat ini di hari Jumat akan mendapatkan keutamaan yang luar biasa.

Dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: 

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka timbullah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat.”

Dikatakan pula barang siapa yang rajin melafalkan surat Al Kahfi akan muncul padanya cahaya hingga jumat berikutnya. Dari Abu Hasyim dengan sanad yang sama melalui hadis Abu Sa’id Al-Khudri.

‎، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ : ” مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ “

Dari Abu Sa’id, dari Nabi SAW telah bersabda:

"Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka memancarlah cahaya baginya sejak mulai membacanya sampai Jumat berikutnya."

3 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa keutamaan yang didapat apabila kita rajin membaca Surat Al-Kahfi:

1. Dipancarkan cahaya di hari kiamat

Orang yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat atau hari Jumat, maka Allah akan memancarkan cahaya baginya kelak di hari kiamat.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq,” (HR Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi).

2. Mendapatkan ridho Allah SWT

Setiap muslim tentu berharap untuk senantiasa mendapatkan keridhoan dari Allah SWT. Dengan Ridhonya hidup akan terasa lebih tentram dan nyaman. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

3. Terhindar dari perbuatan buruk

Adapun hal ini menjadi salah satu keistimewaan dalam membaca surat Al Kahfi, karena pada dasarnya surat Al Kahfi sendiri memiliki kisah yang penuh pelajaran. Demi menjaga tauhid dan agamanya, para pemuda Ashabul Kahfi melarikan diri dari pemimpin yang zalim. Kemudian Allah-lah yang memberi mereka petunjuk terbaik sehingga dapat terhindar dari hal yang buruk.

Hal inilah yang menjadikan pelajaran bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan harus berlandaskan keimanan kepada Allah SWT, agar senantiasa mendapat keberkahan dan kebahagiaan.

4. Pengingat hari kiamat

Keutamaan surat Al-Kahfi juga jadi pengingat kita terhadap hari kiamat. Hal ini tertulis dalam surat Al-Kahfi ayat 47 yang berbunyi,

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ ٱلْجِبَالَ وَتَرَى ٱلْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا

Artinya: “Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.”

5. Diberi Rasa sakinah

Keutamaan surat al-Kahfi juga akan membuat seseorang merasa tenang secara individu, maupun merasa sakinah dalam berkeluarga.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda:

اقْرَأْ فُلاَنُ ، فَإِنَّهَا السَّكِينَةُ نَزَلَتْ لِلْقُرْآنِ ، أَوْ تَنَزَّلَتْ لِلْقُرْآنِ

Artinya:

“Bacalah terus hai Fulan. Sesungguhnya awan itu adalah ketenangan yang turun saat engkau membaca Alquran atau turun kepada Al-Qur’an,” (HR Bukhari dan Muslim).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.