Sukses

Link Download Logo Resmi 1 Abad NU 2023, Ketahui Makna dan Filosofinya

Selain tema, PBNU juga telah meluncurkan logo resmi peringatan Harlah 1 Abad NU pada 20 Juni 2022 lalu. Logo memperingati 100 tahun ini mengandung makna yang sangat dalam.

Liputan6.com, Jakarta - Nahdlatul Ulama atau NU merupakan organisasi massa Islam terbesar di Indonesia. Organisasi ini akan memperingati hari lahir (harlah) ke- 1 abad pada 7 Februari 2023 yang bertepatan dengan tanggal 16 Rajab 1444 H.

Diketahui NU didirikan oleh Hadratus Syeikh KH Hasyim Asy'ari bersama tokoh lainnya di Surabaya, Jawa Timur pada 31 Januari 1926 atau 16 Rajab 1344 H. Peringatan Harlah 1 Abad NU digelar berdasarkan hari lahirnya dalam penanggalan Hijriah.

Dalam peringatan Harlah 1 Abad NU, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengangkat tema "Mendigyakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru". Tema ini diambil berdasarkan hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud.

"Allah SWT setiap 100 tahun membangkitkan di kalangan umat ini pembaharu," kutip Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf seperti dilansir dari situs NU, Rabu (11/1/2023).

Selain tema, PBNU juga telah meluncurkan logo resmi peringatan Harlah 1 Abad NU pada 20 Juni 2022 lalu. Logo memperingati 100 tahun ini mengandung makna yang sangat dalam.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makna Logo

Menukil NU Online, logo Harlah 1 Abad NU berbentuk angka 1 dengan warna hijau. Dalam logo terdapat stilisasi angka 2 yang berbentuk pita berwarna keemasan memberi nuansa selebrasi.

Maknanya, angka 1 berwarna hijau menunjukkan seabad kiprah NU dalam menegakkan diri sebagai organisasi umat Islam terbesar. Bentuk pita memberi kesan gerakan tumbuh melingkupi angka 1 melambangkan visi dan proyeksi NU untuk mendigdayakan NU dalam menjemput abad keduanya dengan kebangkitan baru. 

Sementara, warna emas mencerminkan optimisme dan melambangkan visi mulia yang hendak diraih. Itulah makna di balik logo 1 Abad NU.

3 dari 3 halaman

Link Download

Logo resmi Harlah 1 Abad NU dapat digunakan sebagai identitas resmi peringatan ini untuk kebutuhan pembuatan flyer, banner, atau produk desain grafis sejenisnya. Lebih jauh lagi, logo ini dapat dimasukkan ke twibbon yang nantinya untuk memeriahkan Harlah 1 Abad NU di media sosial.

Logo Harlah 1 Abad NU dapat diunduh melalui link di bawah ini. Pada link tersebut juga terdapat panduan penggunaan logo serta maknanya.

Link download logo Harlah 1 Abad NU PDF

Link download logo Harlah 1 Abad NU PNG

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.