Sukses

Resolusi 2023, 7 Amalan Agar Kita Dekat dengan Rasulullah SAW di Akhirat

Tiap muslim pasti ingin dekat dengan Rasulullah SAW, kelak di akhirat. Jika dekat, artinya kita memperoleh syafaatnya

Liputan6.com, Jakarta - Tahun baru 2023 telah tiba. Masyarakat meninggalkan tahun 2022 dan menuju 2023. Mumpung masih awal, mari kita beresolusi sesuatu yang positif.

Resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan yang ditetapkan dalam rapat (musyawarah, sidang), mengutip KBBI.

Sementara, dalam pengertian umum resolusi kerap diartikan sebagai suatu janji pada diri sendiri atau keputusan untuk melakukan sesuatu, terutama untuk memperbaiki perilaku atau gaya hidup seseorang.

Nah, sebagai umat Islam, tentu saja kita juga mesti beresolusi. Salah satunya, yakni memperbaiki diri, dan menjadi hamba Allah SWT yang makin baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Dengan begitu, impian tiap muslim untuk dekat dengan Rasulullah SAW di akhirat diharapkan bisa terealisasi.

Penceramah asal Probolinggo, Al-Habib Abdul Qodir bin Zaid Ba'abud menjabarkan amalan yang membuat seseorang dekat dengan Nabi Muhammad SAW di akhirat. Dia membeberkan saat mengisi ceramah agama pada Milad ke-10 Majelis Shalawat Nahjul Musthofa Prenduan, Pragaan, Sumenep, Rabu (28/12/2022), dikutip NU Online.

Berikut ini adalah tujuh amalan agar umat Islam dekat dengan Rasulullah SAW di akhirat:

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amalan Agar Dekat dengan Nabi Muhammad SAW di Akhirat

1. Memperbanyak baca shalawat

Seorang muslim akan mengagungkan Allah SWT. Selain itu, bibirnya juga senantia melantunkan sholawat nabi.

2. Di hatinya ada rasa minta pada nabi.

Walaupun kita tidak bisa mengamalkan apa yang dianjurkan nabi. Cukup mengikuti sedikit demi sedikit tentang sunnah-sunnah nabi. Karena, orang akan dikumpulkan bersama orang yang ia cintai.

3. Mencintai Keluarga Nabi

Amalan selanjutnya adalah orang yang mencintai keluarga nabi. Didawuhkan oleh Rasulullah SAW, barang siapa yang berbuat baik pada anak cucu nabi, kemudian tidak dibalasnya, maka nabi lah yang akan membalas di hari kiamat nanti. Yang keempat adalah orang yang mengikuti jejak nabi.

4. Menjalankan Sunah Nabi

Orang yang berusaha taat dan mengikuti sunah nabi, kelak akan berkumpul dengan nabi, walaupun sunnah yang dijalankannya hanya sedikit

 

3 dari 3 halaman

Agar Dekat dengan Rasulullah SAW di Akhirat

5. Akhlak Mulia

Amalan kelima yakni orang yang mulia akhlaknya. Adapun ciri-cirinya adalah dicaci tapi tidak membalasnya, sedikit marah, ucapannya lemah lembut, dan wajahnya menyenangkan orang lain.

6. Mencintai dan Merawat Anak Yatim

Keenam adalah orang yang merawat atau mengasuh anak yatim. Sabagaimana nabi mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengahnya di renggangkan sedikit.

“Artinya, nabi sangat suka pada umat yang mengasuh dan menyantuni anak yatim,” terangnya.

7. Pintar Mendidik Anak Perempuan

Yang terakhir, orang yang pintar mendidik anak perempuan. Bagi orang tua, mohon untuk diberikan pendidikan yang ekstra pada anak perempuannya. Barang siapa yang menyiapkan wanita dengan model pendidikan yang baik, kelak akan melahirkan anak bangsa yang baik.

“Baik buruknya anak bangsa, ditentukan oleh wanita," pungkas alumni Pondok Pesantren Darul Musthafa Tarim ini.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.