Sukses

Terbesar di Jawa Barat, Masjid Al Jabbar Rancangan Ridwan Kamil Ada Museum Digital Rasulullah

Menilik Ikon Masjid Terbesar di Jawa Barat Rancangan Ridwan Kamil, Masjid Al Jabbar

Liputan6.com, Bandung - Masjid Al Jabbar hasil rancangan Ridwan Kamil yang digadang-gadang akan menjadi masjid terbesar di Jawa Barat kabarnya akan diresmikan pada akhir tahun 2022.

Masjid ini berdiri di atas kolam retensi atau embung seluas 25,997 hektar di kawasan Gedebage, Kota Bandung dengan memakan waktu hampir 5 tahun. Saat proses pembangunannya sempat terkendala pandemi Covid-19 selama 2 tahun.

Ridwan Kamil mengajak khususnya kepada para ulama NU untuk turut mendoakan kemakmuran masjid yang akan menjadi ikon baru kebanggaan masyarakat Jabar itu.

Ajakan tersebut disampaikannya di hadapan peserta Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) 2022, termasuk jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang hadir di Pesantren Al Muhajirin Purwakarta. 

"Saya mengundang langsung pengurus PBNU, PWNU Jabar, dan PCNU Kabupaten/Kota se-Jabar, pada tanggal 30 Desember 2022, kami akan meresmikan masjid terindah di Indonesia, Masjid Al Jabbar," ujarnya Minggu (18/12/2022).

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wujud Visi Jabar Juara Lahir Batin

Istimewanya, di bawah Masjid Al Jabbar terdapat Museum Digital Rasulullah pertama di Indonesia. Selain itu, ada pula museum lahirnya Islam Nusantara serta perkembangan Islam di Jabar.

Masjid ini diperkirakan mampu menampung hingga 10.000 jemaah. 

Setelah nantinya diresmikan, Gubernur Ridwan Kamil juga mengajak kepada masyarakat untuk rutin berkegiatan di Masjid Raya Al Jabbar, selain untuk beribadah masjid ini juga menjadi tempat wisata religi yang akan menambah wawasan.

Ia juga menyampaikan bahwa Masjid ini akan menjadi bukti, bahwa pembangunan tak hanya urusan duniawi, melainkan juga spiritual. Visi Jabar Juara Lahir Batin bermakna bahwa dunia diurus, akhirat juga dipersiapkan.  

Penulis : Putry Damayanty

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.