Sukses

Erupsi Semeru dan Daftar Ayat Al-Qur'an yang Menyebut Gunung

Liputan6.com, Jakarta - Gunung atau jabal (bahasa Arab) merupakan suatu bentuk permukaan bumi yang letaknya jauh lebih tinggi dari permukaan di daerah sekitarnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V, gunung didefinisikan sebagai bukit yang sangat besar dan tinggi (biasanya tingginya lebih dari 600 m).

Gunung termasuk ciptaan Allah SWT. Allah SWT memiliki kuasa penuh atas gunung-gunung yang ada di muka bumi, termasuk Gunung Semeru yang kembali erupsi pada Minggu (4/12/2022). 

Gunung beberapa kali disebutkan dalam Al-Qur’an. Beberapa ayat Al-Qur’an berbicara tentang fungsi gunung di muka bumi. 

Ayat Al-Qur’an yang lain berbicara tentang peringatan bahwa gunung bisa menjadi bencana. Dan pada hari kiamat nanti gunung-gunung akan meletus hingga meluluhlantakkan seisi dunia dan manusia.

Ayat-ayat Al-Qur’an yang berbicara tentang gunung terdapat dalam surah An-Naba, Al-Mursalat, An-Naziat, At-Takwir, Al-Qariah, Al-Kahfi, hingga An-Nahl. Berikut adalah daftar ayat Al-Qur’an yang berbicara tentang gunung.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Ayat-Ayat Al-Qur'an tentang Gunung

1. Surah An-Naba Ayat 20

وَّسُيِّرَتِ الْجِبَالُ فَكَانَتْ سَرَابًاۗ

Artinya: “Dan gunung-gunung pun dijalankan sehingga menjadi fatamorgana.”

2. Surah Al-Mursalat ayat 10

وَإِذَا ٱلْجِبَالُ نُسِفَتْ

Artinya: “Dan apabila gunung-gunung telah dihancurkan menjadi debu.”

3. Surah An-Naba Ayat 7

وَّالۡجِبَالَ اَوۡتَادًا

Artinya: “Dan bukankah Kami telah pancangkan gunung-gunung sebagai pasak supaya bumi tidak bergoncang sehingga manusia dapat hidup tenang di atasnya?”

4. Surat An-Naziat Ayat 32

وَالْجِبَالَ اَرْسٰىهَاۙ

Artinya: “Dan gunung-gunung Dia pancangkan dengan teguh.”

5. Surat At-Takwir Ayat 3

وَاِذَا الۡجِبَالُ سُيِّرَتۡ

Artinya: “Dan apabila gunung-gunung dihancurkan.”

3 dari 5 halaman

Ayat-Ayat Al-Qur'an tentang Gunung

6. Surah Al-Qariah Ayat 5

وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ

Artinya: “Dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.”

7. Surah Al-Kahfi Ayat 47

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ ٱلْجِبَالَ وَتَرَى ٱلْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا

Artinya: “Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.”

8. Surah Al-Haqqah Ayat 14

وَّحُمِلَتِ الْاَرْضُ وَالْجِبَالُ فَدُكَّتَا دَكَّةً وَّاحِدَةًۙ

Artinya: “Dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali benturan.”

9. Surah Al-Ma’arij Ayat 9

وَتَكُوۡنُ الۡجِبَالُ كَالۡعِهۡنِۙ

Artinya: “Dan gunung-gunung bagaikan bulu (yang beterbangan).”

10. Surah Al-Ghasyiyah Ayat 19

وَاِلَى الۡجِبَالِ كَيۡفَ نُصِبَتۡ

Artinya: “Dan gunung-gunung bagaimana ditegakkan?”

4 dari 5 halaman

Ayat-Ayat Al-Qur'an Tentang Gunung

11. Surah Al- Hajj Ayat 18

اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ

Artinya: “Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.”

12. Surah At-Thoha Ayat 105

وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْجِبَالِ فَقُلْ يَنسِفُهَا رَبِّى نَسْفًا

Artinya: “Dan mereka bertanya kepadamu tentang gunung-gunung, maka katakanlah: “Tuhanku akan menghancurkannya (di hari kiamat) sehancur-hancurnya.”

13. Surah An-Naml Ayat 88

وَتَرَى ٱلْجِبَالَ تَحْسَبُهَا جَامِدَةً وَهِىَ تَمُرُّ مَرَّ ٱلسَّحَابِ ۚ صُنْعَ ٱللَّهِ ٱلَّذِىٓ أَتْقَنَ كُلَّ شَىْءٍ ۚ إِنَّهُۥ خَبِيرٌۢ بِمَا تَفْعَلُونَ

Artinya: “Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

14. Surah Al-A’raf Ayat 171

 وَاِذْ نَتَقْنَا الْجَبَلَ فَوْقَهُمْ كَاَنَّهٗ ظُلَّةٌ وَّظَنُّوْٓا اَنَّهٗ وَاقِعٌۢ بِهِمْۚ خُذُوْا مَآ اٰتَيْنٰكُمْ بِقُوَّةٍ وَّاذْكُرُوْا مَا فِيْهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ ࣖ

Artinya: “Dan (ingatlah) ketika Kami mengangkat gunung ke atas mereka, seakan-akan (gunung) itu naungan awan dan mereka yakin bahwa (gunung) itu akan jatuh menimpa mereka. (Dan Kami firmankan kepada mereka), “Peganglah dengan teguh apa yang telah Kami berikan kepadamu, serta ingatlah selalu (amalkanlah) apa yang tersebut di dalamnya agar kamu menjadi orang-orang bertakwa.”

15. Surah Al-Waqiah Ayat 5

وَّبُسَّتِ الْجِبَالُ بَسًّاۙ

Artinya: “Dan gunung-gunung dihancurluluhkan sehancur-hancurnya.”

5 dari 5 halaman

Ayat-Ayat Al-Qur'an Tentang Gunung

16. Surah Al-Muzammil Ayat 14

يَوْمَ تَرْجُفُ الْاَرْضُ وَالْجِبَالُ وَكَانَتِ الْجِبَالُ كَثِيْبًا مَّهِيْلًا

Artinya: “(Ingatlah) pada hari (ketika) bumi dan gunung-gunung berguncang keras, dan menjadilah gunung-gunung itu seperti onggokan pasir yang dicurahkan.”

17. Surah Al-Hasyr Ayat 21

لَوْ اَنْزَلْنَا هٰذَا الْقُرْاٰنَ عَلٰى جَبَلٍ لَّرَاَيْتَهٗ خَاشِعًا مُّتَصَدِّعًا مِّنْ خَشْيَةِ اللّٰهِ ۗوَتِلْكَ الْاَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُوْنَ

Artinya: “Sekiranya Kami turunkan Al-Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia agar mereka berpikir.”

18. Surah Saba Ayat 10

وَلَقَدۡ اٰتَيۡنَا دَاوٗدَ مِنَّا فَضۡلًا ؕ يٰجِبَالُ اَوِّبِىۡ مَعَهٗ وَالطَّيۡرَ ۚ وَاَلَــنَّا لَـهُ الۡحَدِيۡدَ

Artinya: “Dan sungguh, Telah Kami berikan kepada Dawud karunia dari Kami. (Kami berfirman), ‘Wahai gunung-gunung dan burung-burung! Bertasbihlah berulang-ulang bersama Dawud,’ dan Kami telah melunakkan besi untuknya.”

19. Surah Shad Ayat 18

اِنَّا سَخَّرْنَا الْجِبَالَ مَعَهٗ يُسَبِّحْنَ بِالْعَشِيِّ وَالْاِشْرَاقِۙ

Artinya: “Sungguh, Kamilah yang menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Dawud) pada waktu petang dan pagi.”

20. Surah An-Nahl Ayat 68

وَاَوْحٰى رَبُّكَ اِلَى النَّحْلِ اَنِ اتَّخِذِيْ مِنَ الْجِبَالِ بُيُوْتًا وَّمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُوْنَۙ 

Artinya: “Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, “Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,”

Demikian ayat-ayat Al-Qur’an yang berbicara tentang gunung.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS