Sukses

Makna Islam dan Ayat Al-Qur'an yang Menyebut Islam Kaffah

Liputan6.com, Jakarta - Senin (28/11/2022), mendadak kata kunci Islam menjadi tren di Google. Berbagai topik melatarbelakangi kenapa kata kunci ini memuncaki kata pencarian di Google sejak pagi.

Di antaranya, mencari makna Islam dan ayat Al-Qur'an yang memberi pengertian mengenai Islam. Selain itu, berbagai kejadian akhir-akhir ini juga menjadikan kata kunci Islam menjadi viral.

MUI menjelaskan, Islam berakar kata dari “aslama”, “yuslimu”, “islaaman” yang berarti tunduk, patuh, dan selamat. Islam berarti kepasrahan atau ketundukan secara total kepada Allah SWT. Orang yang beragama Islam berarti ia pasrah dan tunduk patuh terhadap ajaran-ajaran Islam.

Seorang muslim berarti juga harus mampu menyelamatkan diri sendiri, juga menyelamatkan orang lain. Tidak cukup selamat tetapi juga menyelamatkan.

Secara istilah Islam adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW untuk umat manusia agar dapat hidup bahagia di dunia dan akhirat.

Inti ajarannya (rukun Islam) adalah bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan pergi haji bila mampu.

Islam datang ke bumi untuk membangun manusia dalam kedamaian dengan sikap kepasrahan total kepada Allah SWT, sehingga seorang yang beragama Islam akan mengutamakan kedaiaman pada diri sendiri maupun pada orang lain. Juga keselamatan diri sendiri dan keselamatan orang lain.

Islam dijelaskan dalam sebuah hadis Nabi SAW. Dalam hadis tersebut, Islam disebut muslim. Konsep Islam juga disebut dalam beberapa ayat dalam Al-Qur'an.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Hadis dan Ayat Al-Quran

 

Dalam sebuah hadis Nabi SAW mengatakan:

الْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِه، وَالْمُهَاجِرُ مَنْ هَجَرَ مَا نَهَى اللَّهُ عَنْهُ

Artinya: Seorang muslim itu yang menyelamatkan muslim yang lain dari perkataannya, dan dari perbuatan tangannya, dan orang yang berhijrah adalah orang yang berhijrah dari sesuatu yang dilarang Allah. (HR. Nasa’i).

Sampai di sini, pengertian atau makna Islam sepertinya sudah mulai jelas. Lantas, dalam pembahasan lebih lanjut, ada pula istilah Islam Kaffah. Apakah Islam Kaffah disebut di dalam Al-Qur'an?

Istilah Islam kaffah atau berislam secara kaffah berasal dari Surat Al-Baqarah ayat 208. Awalnya, ayat ini turun perihal Abdullah bin Salam bersama para sahabatnya yang berasal dari Yahudi Bani Nadhir di Madinah.

Meskipun sudah memeluk Islam, mereka masih terpengaruh oleh norma-norma agama Yahudi seperti penghormatan terhadap hari Sabtu dan keharaman daging unta.

Sikap setengah-setengah ini yang ditegur oleh Allah SWT sebagai keterangan Syekh Wahbah Az-Zuhayli.

Tim Rembulan

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS