Sukses

5 Ayat Al-Qur'an Penyemangat Saat Kamu Gelisah atau Insecure, Bacalah Insya Allah Tenang

Ayat Al-Qur'an Penyemangat saat seseorang sedang merasa insecure

Liputan6.com, Jakarta - Tidak dapat dipungkiri terkadang dalam menjalani kehidupan, rasa tidak percaya diri, gelisah, ketakutan, maupun cemas selalu datang menghampiri.

Perasaan inilah yang disebut dengan insecurity. Alhasil kita sering menyalahkan diri sendiri, merasa tidak nyaman bahkan hingga mengganggu dan menghambat aktivitas sehari-hari.

Sebagai umat muslim, saat diri merasa insecure hendaknya tidak lepas dari berpegang pada Al-Qur'an. Sebab, kitab ini adalah pedoman dalam kehidupan yang diturunkan oleh Allah SWT.

Daripada terus menerus larut dalam kecemasan dan ketidakpercayaan diri, lebih baik mari kita simak 5 Ayat Alquran  berikut yang mampu menghilangkan rasa insecure dan membuat diri semakin bersyukur. 

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. QS. Al-Baqarah ayat 286

Jika diri merasa memiliki banyak sekali kekurangan, maka kita harus percaya bahwa Allah memberikannya karena yakin kita sanggup untuk menghadapinya.

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ 

Artinya: "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir." (QS. Al-Baqarah:286)

3 dari 6 halaman

2. QS. Ali ‘Imran ayat 139

Ayat ini memotivasi diri agar kita tidak perlu bersedih ketika ditimpa musibah atau kegalauan, termasuk merasa insecure.

وَلَا تَهِنُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَنْتُمُ الْاَعْلَوْنَ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ

Artinya: "Dan janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang beriman". (QS. Ali Imran:139)

4 dari 6 halaman

3. Q.S Ibrahim: 34

Hendaknya kita dapat menerima apa yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Tidak perlu untuk membandingkan diri dengan orang lain, baik itu fisik maupun materi. Allah SWT Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk tiap manusia. 

وَاٰتٰىكُمْ مِّنْ كُلِّ مَا سَاَلْتُمُوْهُۗ وَاِنْ تَعُدُّوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ لَا تُحْصُوْهَاۗ اِنَّ الْاِنْسَانَ لَظَلُوْمٌ كَفَّارٌ 

Artinya: "Dan Dia telah memberikan kepadamu segala apa yang kamu mohonkan kepada-Nya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, manusia itu sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah)". (QS. Ibrahim: 34)

5 dari 6 halaman

4. QS. Al-Isra’ ayat 70

Ingatlah bahwa manusia tidak ada yang sempurna masing-masing memiliki kekurangan maupun kelebihan. Allah SWT telah mengkaruniakan kelebihan pada diri kita, maka kita harus bersyukur.

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِيْٓ اٰدَمَ وَحَمَلْنٰهُمْ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنٰهُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِ وَفَضَّلْنٰهُمْ عَلٰى كَثِيْرٍ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيْلًا 

Artinya: "Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak cucu Adam, dan Kami angkut mereka di darat dan di laut, dan Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka di atas banyak makhluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna." (QS. Al-Isra: 70)

6 dari 6 halaman

5. Q.S Al-Hujarat: 13

Rasa insecure salah satunya dapat muncul karena keadaan kondisi fisik. Misalnya ketidaksempurnaan pada tubuh yang menimbulkan rasa rendah diri. Padahal semua manusia dihadapan Allah adalah sama, yang membedakan adalah ketakwaan kepada-Nya. 

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Artinya: "Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti." (QS Al-Hujurat:13)

Penulis : Putry Damayanty

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.