Sukses

5 Amalan Sunnah yang Mudah Dilaksanakan Setiap Hari, Pahalanya Luar Biasa

Amalan sunnah adalah segala bentuk amalan yang tidak wajib untuk dilaksanakan, namun mendapatkan pahala apabila dikerjakan. Amalan sunnah dapat menjadi penyempurna dari amalan wajib yang telah kita lakukan.

Liputan6.com, Bogor - Tujuan diciptakannya manusia di muka bumi ini tidak lain adalah untuk beribadah kepada-Nya. Amal yang kita kerjakan adalah bentuk dari perbuatan ibadah. Ketika diri telah mampu melaksanakan amalan wajib dengan benar maka sudah selayaknya juga melaksanakan amalan sunnah.

Amalan sunnah adalah segala bentuk amalan yang tidak wajib untuk dilaksanakan, namun mendapatkan pahala apabila dikerjakan. Amalan sunnah dapat menjadi penyempurna dari amalan wajib yang telah kita lakukan.

Berikut adalah amalan sunnah yang mudah dilaksanakan setiap hari.

1. Sholat Tahajud

Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan pada malam hari dengan syarat harus tidur terlebih dahulu. Sholat tahajud dapat dikerjakan dalam batas waktu setelah Isya hingga menjelang sholat Subuh. 

Sholat ini dapat dikerjakan mulai dari 2 hingga 11 rakaat, kemudian diikuti dengan sholat Witir 3 rakaat. Tata cara pelaksanaannya secara umum sama dengan sholat fardhu, namun tentunya dengan niat melaksanakan sholat. Tahajud.

2. Sholat Duha

Amalan sunnah lainnya yang bisa dilakukan setiap pagi adalah sholat Dhuha. Sholat Duha dapat dikerjakan 2 hingga 12 rakaat dengan rentang waktu setelah matahari terbit hingga menjelang sholat Zuhur. Untuk pelaksanaanya sama dengan sholat fardhu, namun sebaiknya dilaksanakan secara sendiri-sendiri.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Amalan Sunnah Lainnya

3. Menjaga Wudhu

Ketika hendak menunaikan sholat tentunya kita mulai dengan berwudhu terlebih dahulu. Namun demikian, menjaga wudhu setelah salat dan selama beraktivitas ternyata memiliki keutamaan tersendiri antara lain termasuk golongan orang yang dicintai Allah SWT, merupakan sunah Rasulullah, terlihat lebih bersih dan segar, terjaga dari perbuatan yang dilarang dan masih banyak lainnya.

4. Membaca Al-Qur'an 

Al-Qur'an merupakan pedoman bagi umat muslim. Selain itu, membaca Al-Qur'an juga mendatangkan keberkahan dalam hidup. Tidak ada kerugian dalam membacanya. Satu huruf saja diganjar dengan 1 kebaikan dan dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan. Kelak di akhirat Al-Qur'an juga menjadi syafaat bagi siapa yang senantiasa membacanya.

5. Dzikir

Dzikir harian adalah amalan yang penting untuk dilakukan serta bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Dzikir adalah bentuk ungkapan rasa syukur kepada-Nya. Dengan dzikir juga akan semakin menguatkan tauhid bagi siapapun yang senantiasa melafazkannya.

Penulis: Putry Damayanty

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.