Sukses

Baca Surah Ini Ketika Sholat Dhuha, UAH Ungkap Fakta Menakjubkan

Liputan6.com, Cilacap - Salat dhuha adalah salat sunah yang dilaksanakan pada waktu dhuha, yakni waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul enam atau tujuh pagi) hingga waktu zuhur.

Dalam pelaksanaannya yang dianjurkan ialah setelah membaca Al Fatihah pada rakaat pertama membaca surah Ad Dhuha dan rakaat kedua membaca surah As Syams.

Akan tetapi jika seseorang belum hafal kedua surah tersebut (Ad Dhuha dan As Syams), apakah diperbolehkan membaca surah lainnya?

Hal ini juga yang menjadi pertanyaan salah seorang jamaah pada pengajian yang diampu oleh Ustadz Adi Hidayat atau yang akrab disapa dengan akronim namanya, UAH.

“Apakah dalam salat Dhuha mesti membaca surat Ad-Dhuha atau boleh surat-surat yang lain?” kata UAH kembali memperjelas pertanyaan salah seorang jamaah sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Taman Firdaus, Rabu (21/09/22).

Menanggapi pertanyaan ini, lulusan Islamic Call College Tripoli, Libya ini menegaskan bahwa boleh membaca surah selain surah Ad Dhuha ketika melaksanakan salat dhuha.  

“Tidak ada kemestian membaca surah Ad Dhuha, jadi silahkan saja anda bisa membaca surat yang lainnya yang sekiranya sesuai dengan apa yang bisa anda baca,” terang UAH

UAS juga mengatakan bahwa jika membaca selain Ad Dhuha, hendaknya membaca surah yang sekiranya sudah dihafal sengan baik.

“Pertama dari sudut apa yang anda hafal,” imbuhnya

Meskipun diperbolehkan membaca surah selain Ad Dhuna, akan tetapi, jika seseorang telah banyak hafalan surah-surahnya,  UAH menganjurkan bahwa surah atau ayat yang dipilih ketika sholat dhuha sebaiknya sesuai dengan konteks atau kebutuhan yang saat itu dihadapi.

“Kedua, kalau sudah hafal apalagi banyak hafalannya saya sarankan membaca ayat-ayat atau surah-surah yang sesuai dengan konteks yang Anda butuhkan, misal: ada konteks umum di waktu dhuha, ada bacaan misalnya terkait dengan faedah-faedah Dhuha,” jelas UAH.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Sholat Dhuha Bisa Mendatangkan Rezeki

Lalu UAH memberikan contoh berdasarkan faedah dhuha yang merupakan pengganti nilai tasbih pada seluruh anggota tubuh kita, maka bisa membaca surah-surah yang berkaitan dengan tasbih seperti surah Al A’la dan An-Nasr.

“Apa di antara faedah-faedah Dhuha, kita bisa mengambil dari hadis riwayat Muslim nomor 724-729. Dhuha itu pengganti seluruh tasbih dari tubuh kita. Jadi ketika kita bangun dari tidur, seharusnya seluruh sendi tubuh kita bertasbih kepada Allah SWT,” terangnya

“Maka itu bisa diganti dengan salat dhuha 2 rakaat, maka dengan salat 2 rakaat  itu mengganti kemudian nilai tasbih pada seluruh tubuh kita. Maka antum bisa cari surah-surah dalam Al-Qur’an misalnya ketika kita salat yang terkait dengan tasbih. Misal yang agak panjang sedikit sabbihismarabbikal a’laa, baik yang agak ringan sedikit idza jaa anashrullahi wal fath,” imbuhnya.

UAH juga menjelaskan perihal salat dhuha dapat mendatangkan rezeki, tentunya dengan khusyu saat melaksanakannya, disertai dengan usaha atau ikhtiar yang benar dan juga permohonan yang bagus.

Pada tataran ini dalam pelasanaannya, menurut UAH kita dapat memilih ayat-ayat Al Qur’an yang terkait dengan rezeki. Misalnya pada Surah Az Zariyat ayat 22 yang menerangkan tentang sebab-sebab rezeki dan apa yang dijanjikan Allah kepada mansia.

Kemudian dalam surah Al Baqarah ayat 29 menerankan perihal Allah menurunkan rezeki ke bumi. Kemudian, cara-cara mencari rezeki terdapat dalam surah Al Baqarah ayat 168. Selain itu untuk mempercepat mencarinya dengan iman sehingga datang dari Allah dengan cepat itu terdapat dalam Al Qur’an Surah Al Baqarah ayat 172.

Ada yang lebih dahsyat lagi perihal rezeki yang dibuka dari langit dan bumi dalam surah Al-A’raf ayat 96. Kemudian perihal mendapatkan rezeki yang tidak terduga 65, akhir ayat kedua sampai dengan awal ayat ke 3 sampai awal ayat ke 4.

Penulis: Khazim Mahrur

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS