Sukses

6 Masjid di Inggris yang Bisa Disinggahi, Ada yang Bisa Tampung 13 Ribu Jemaah

Jumah masjid terus berlipat ganda usai peningkatan signifikan umat Islam di Inggris yang kini telah mencapai 3,3 juta orang

Liputan6.com, Jakarta - Penganut agama Islam di Inggris terus meningkat signifikan dua dekade terakhir. Usai menembus jumlah 3 juta orang pada 2019, kini umat Islam di Inggris berjumlah kurang lebih 3,3 juta orang.

Salah satu yang paling mencolok dari komunitas Muslim (tentu juga komunitas agama lain) adalah tempat ibadah, masjid. Informasinya, jumlah masjid di Inggris telah mencapai 1.500 unit dan tersebar di seluruh wilayah.

Umat Islam di Inggris semula adalah para imigran. Komunitas itu lantas berkembang namun tidak terlalu mencolok.

Perkembangan terakhir yang cukup signifikan terjadi beberapa dekade terakhir. Yakni, ketika banyak mualaf atau umat agama lain yang berpindah agama ke Islam.

Tidak mengherankan kebutuhan masjid jadi berlipat ganda. Karena itu, meski berada di Eropa dengan kerajaan yang terhubung dengan gereja, Anda tak perlu khawatir jika ke Inggris dan memerlukan tempat ibadah.

Mengutip halaltrip, Berikut adalah daftar enam masjid yang bisa dikunjungi selama berada di Inggris.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masjid Madinah Sheffield, Green Lane Birmingham dan Glasgow

1. Masjid Madinah di Sheffield, South Yorkshire, Inggris

Menjadi masjid pertama yang didirikan dengan sengaja di Sheffield, Masjid Wolseley Road ini menandai umat Muslim tahun 2000-an dan di Eropa pada abad ke-21.

Dengan arsitektur khasnya yang memadukan berbagai gaya Islam menjadi satu bangunan mistik raksasa.

Masjid ini memiliki dua ruang sholat besar, 19 kamar, perpustakaan, dan pusat harian. Hal itu dapat menampung hingga 2.300 wanita dan pria yang ingin beribadah.

2. Masjid Green Lane & Pusat Komunitas di Birmingham, Inggris

Masjid Green Lane adalah salah satu masjid paling menonjol di Inggris yang menunjukkan bagaimana Islam telah menjadi bagian dari identitas Inggris.

Diubah dari perpustakaan umum pada tahun 70-an, Green Lane adalah landmark budaya Muslim di Inggris.

Saat Ramadan, biasanya masjid ini kerap mengadakan buka puasa bersama baik untuk masyarakat umum. Para turis pun tak sedikit yang mampir ke masjid ini untuk saling berkenalan dan menikmati sajian buka puasa.

3. Masjid Pusat Glasgow di Glasgow, Skotlandia

Menjadi masjid pertama yang sengaja dibangun di Skotlandia, Masjid Pusat Glasgow memiliki tempat khusus dalam daftar ini.

Tertutup dengan taman surgawi, Masjid Pusat menampilkan arsitektur yang khas.

Masjid ini dibangun menggunakan bahan yang sama yang digunakan bangunan Glasgow, dan memiliki kubah tengah yang unik dengan menara terpisah dari bangunan utama.

 

3 dari 3 halaman

Masjid Didsbury Manchster, Masjid Birmingham dan Morden London

4. Masjid Didsbury di Manchester, Inggris

Masjid Didsbury awalnya merupakan gereja metodis pada abad ke-18. Pada tahun 1962, tempat itu diubah menjadi masjid yang kita kenal sekarang.

Bagi komunitas Muslim Manchester, Masjid Didsbury sangat dihargai karena menawarkan banyak layanan keagamaan.

Masjid Didsbury adalah pusat budaya penting bagi komunitas Muslim Manchester.

5. Masjid Pusat Birmingham di Birmingham, Inggris

Sebagai salah satu masjid terbesar di Inggris, Masjid Pusat Birmingham merupakan pusat budaya bagi komunitas Muslim setempat.

Masjid ini juga memainkan peran penting sebagai dewan Syariah yang menangani cukup banyak masalah etika Muslim, serta sejumlah besar kasus perceraian.

6. Masjid Baitul Futuh Di Morden London, Inggris

Sebagai masjid terbesar di Inggris, Baitul Futuh memiliki kapasitas 13,000 jamaah.

Jumlah ini masih belum setara dengan masjid terbesar di dunia yang mencapai jutaan, tetapi hal ini masih dinyatakan baik karena berada di negara yang hanya memiliki kurang dari 5% umat Muslim.

Meski demikian, sebagai gedung serba guna yang menjadi wadah bagi umat Islam, Baitul Futuh memberikan sumbangsih yang besar bagi umat Islam secara umum.

Bukan hanya untuk tempat beribadah saja, di sini juga menjadi tempat bagi umat Islam untuk mempelajari budaya Muslim lebih banyak.(sumber: Dream.co.id)

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.