Sukses

Tata Cara dan Niat Mandi Sunah Jumat, Ketahui Juga Waktu Pelaksanaannya

Ada banyak amalan di hari Jumat yang dapat dilakukan oleh umat Islam. Salah satunya adalah mandi sunah di hari Jumat.

Liputan6.com, Bogor - Dalam Islam hari Jumat dijuluki sebagai sayyidul ayyam. Sayyidul ayyam memiliki makna sebagai rajanya hari.

Jumat adalah hari yang istimewa bagi umat Islam. Kejadian-kejadian penting terdahulu sering terjadi pada hari Jumat. 

Misalnya, Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi pada hari Jumat. Kemudian Nabi Adam wafat juga pada hari Jumat. 

Terlepas dari itu, sebagai umat Islam sejatinya memanfaatkan rajanya hari paling baik itu. Caranya adalah dengan memperbanyak amaliyah di hari Jumat.

Ada banyak amalan hari Jumat yang dapat dilakukan oleh umat Islam. Salah satunya adalah mandi sunah di hari Jumat.

Dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa dari laki-laki dan perempuan yang menghendaki Jumat, maka mandilah. Barangsiapa yang tidak berniat menghadiri Jumat, maka tidak ada anjuran mandi baginya.”

Berdasarkan sabda Rasulullah SAW, mandi sunah Jumat tidak hanya dilakukan oleh laki-laki saja. Mandi sunah Jumat juga berlaku bagi anak kecil, perempuan, dan musafir yang hendak menghadiri salat Jumat.

Terkait waktunya, Syekh Nawawi berpendapat mandi sunah Jumat dapat dilakukan mulai dari terbitnya fajar shadiq (waktu subuh) hingga khatib naik mimbar. Namun, waktu yang paling baik adalah ketika akan berangkat salat Jumat.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tata Cara Mandi Sunah Jumat

Mengutip NU Online, tata cara mandi sunah Jumat diawali dengan masuk ke kamar mandi dan membasuh tangan terlebih dahulu hingga tiga kali. Kemudian membersihkan badan dari segala jenis kotoran yang menempel.

Lalu mengguyur air ke sekujur tubuh mulai dari kepala yang dibarengi dengan niat. Adapun niat mandi sunah Jumat adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى 

Arab-latin: Nawaitul ghusla lihudhuuri sholaatil jum’ati sunnatan Lillaahi Ta’aalaa.

Artinya: “Saya niat mandi untuk menghadiri salat Jumat sunah karena Allah Ta’ala.”

Selanjutnya, mengguyur badan sebelah kanan sebanyak tiga kali, bagian kiri tiga kali, lalu mengguyur air ke seluruh tubuh. Bersihkan segala kotoran yang menempel di badan. Caranya bisa dengan menggosok bagian depan dan belakang sebanyak tiga kali. 

Jangan lupa rambut dan jenggot (bagi yang memiliki) turut dibersihkan. Bisa dengan air mengalir agar dapat membersihkan hingga ke lipatan-lipatan kulit dan pangkal rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.