Sukses

Doa Saat Akan Masuk dan Keluar Kamar Mandi Lengkap dengan Artinya

Liputan6.com, Bogor - Sebelum melakukan sesuatu, umat Islam diajarkan untuk berdoa terlebih dahulu. Doa adalah bentuk permohonan seorang hamba kepada Allah. 

Aktivitas apapun sebaiknya diawali dengan doa, termasuk saat hendak masuk maupun keluar kamar mandi. Seperti diketahui bahwa kamar mandi adalah tempat jin dan sebangsanya.

Sesungguhnya tempat buang hajat ini dihadiri (oleh setan), jika salah seorang dari kalian hendak masuk kamar mandi,” demikian sabda Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah.

Maka dari itu, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa masuk dan keluar kamar mandi. Membaca doa masuk kamar mandi merupakan bentuk permohonan kepada Allah agar dilindungi dari godaan setan.

Sementara doa keluar kamar mandi adalah ungkapan syukur kepada Allah yang telah menghilangkan kotoran. Sehingga kita bisa menjalankan aktivitas kembali.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Bacaan Doa

Berikut adalah bacaan doa masuk dan keluar kamar mandi.

Doa Masuk Kamar Mandi

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Arab-latin: Allahumma innii a'uudzubika minal khubutsi wal khabaaitsi.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari syaitan besar laki-laki dan perempuan."

Doa Keluar Kamar Mandi

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Arab-latin: Ghufraanaka alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.

Artinya: "Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS