Sukses

Mengenal Surah Al Kausar, Surah Terpendek dalam Alquran

Surah Al Kausar berada pada juz 30 kitab suci Alquran, atau lebih dikenal dengan sebutan Juz Amma. Atau juz bagian terakhir dalam Alquran.

Liputan6.com, Jakarta Surah Al Kausar merupakan surah ke-108 dalam Alquran. Surah ini hanya terdiri dari 3 ayat-ayat pendek. Untuk itu, Al Kausar merupakan yang paling pendek dalam Alquran.

Surah Al Kausar berada pada juz 30 kitab suci Alquran, atau lebih dikenal dengan sebutan Juz Amma. Atau juz bagian terakhir dalam Alquran.

Dinamakan Juz Amma karena juz ke-30 pada Alquran ini dimulai dari surah An Naba’, di mana surah ini dimulai dengan kata ‘amma’. Dan juz ini diakhiri dengan surah An Nas.

Umumnya surah yang berada dalam Juz Amma lebih pendek dari surah-surah yang ada di juz lain. Surah-surah tersebut pun banyak tergolong surah Makkiyah. Termasuk surah Al Kausar.

Al Kausar sendiri bisa berarti nikmat yang banyak. Kata Al Kausar ini ada dalam permulaan surah. Ini juga yang menjadi landasan penamaan surah ini.

Dalam ilmu Tauhid atau ilmu yang mempelajari ketuhanan, pada bab Hari Akhir, ada pembahasan tentang telaga Al Kausar. Telaga ini disiapkan bagi para penghuni surga.

Secara garis besar, surah Al Kausar  berisi perintah menjalankan salat dan berkorban. Allah menjanjikan kenikmatan bagi mereka yang beriman.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Surah Al Kausar Beserta Arti

Berikut adalah isi surah Al Kausar lengkap dengan artinya. 

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ

1. Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

2. Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

3. Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.