Sukses

Saat Puasa, Perbanyak Dengar Dakwah Islami di Podcast uVoice Milik Aplikasi Umma

Aplikasi umat muslim Umma memperkenalkan fitur podcast bernama uVoice untuk membantu pengguna meng-upgradeĀ keimanan saat Ramadhan.

Ā 

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi umat muslim Umma mengajak para pengguna untuk memaksimalkan ibadah di rumah melalui teknologi. Terbaru, Umma memperkenalkan fitur podcast dakwah bernama uVoice untuk membantu pengguna meng-upgrade keimanan masing-masing.

CEO & Co-founder Umma Indra Wiralaksmana mengatakan, momen Ramadhan merupakan momen untuk meningkatkan iman. Untuk itu Umma memperkenalkan layanan uVoice.

"uVoice berisi podcast dari beragam pendakwah, komunitas, masjid, dan pembuat konten lainnya dengan topik yang informatif dan menarik untuk disimpak," kata Indra dalam keterangan Umma.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain hal di atas, podcast uVoice juga memiliki tujuan untuk menjawab semua kebutuhan pendakwah dan pembuat konten dalam memperluas jangkauan siarnya.

Di tengah banyaknya konten agama di media digital, masyarakat butuh lebih banyak figur dengan ilmu agama untuk diangkat ke hadapan publik.

Menurut penelitian Alvara, 78 persen umat muslim di Indonesia menjadikan ustaz dan ulama sebagai sumber info keagamaan utama.

Untuk itulah lewat fitur uVoice, aplikasi muslim Umma tidak hanya memudahkan pengguna mendengarkan berbagai materi keislaman tetapi juga memudahkan pendakwah untuk berkreasi dan berbagi kebaikan dengan mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Infaq untuk Pendakwah dan Podcaster

"Selain menyediakan eksposur dan fitur untuk membangun komunitas dan meningkatkan follower, Umma juga mendorong pemberdayaan finansial para podcaster di uVoice melalui fitur infaq di dalam channel uVoice masing-masing podcaster yang sudah tergabung di uVoice,ā€ tambah Indra.Ā 

Per Maret 2021, aplikasi umma telah diunduh oleh lebih dari 10,8 juta pengguna.Ā  Dengan demikian, setiap pembuat konten yang tergabung memiliki peluang membangun komunitas yang sangat besar melalui aplikasi Umma.

Hingga awal April 2021, uVoice menyajikan lebih dari 300 konten yang terbagi ke dalam empat kategori utama. Masing-masing kategori adalah yaitu Kajian Keislaman, murottal Al-Qur'an, Masjid dan topik-topik non-kajian seperti gaya hidup muslim.Ā 

3 dari 3 halaman

Ada 100 Pendakwah dan Podcaster yang Bergabung

uVoice telah didukung oleh lebih dari 100 podcaster seperti Ustaz Hanan Attaki, Ustaz Fikri Haikal MZ, Ustaz Taufik Al Miftah, Rigen Rakelna, Amritsa Raje, Zein Permana, Imas Karyamah dan masih banyak lainnya.

Indra menambahkan, melalui uVoice, Umma mendukung pemberdayaan masjid melalui digitalisasi konten dakwah ke dalam podcast.Ā  Dakwah seperti kajian atau khotbah Jumā€™at yang biasanya dilakukan di lingkup masjid dan mimbar kajian, dan hanya bisa melibatkan umat yang hadir di tempat, kini bisa diakses melalui media podcast di uVoice.

Kini lebih dari 50 masjid besar di Jabodetabek, Bandung dan sekitarnya telah bergabung, dan nantinya masjid-masjid lainnya di seluruh Indonesia.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.