Sukses

Ini Cara Google Bantu Pengguna Tetap Produktif Selama Ramadan

Lewat Google Assistant, pengguna kini dapat mengatur alarm di smartphone agat tidak telat bangun sahur, mengetahui kapan waktu salat, hingga mencari ide menu untuk berbuka puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut bulan suci Ramadan, Google kembali meningkatkan kemampuan fitur untuk asisten virtual besutannya, yaitu Google Assistant.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, perusahaan ingin membantu penggunanya yang menjalani puasa selama Ramadan tetap produktif dan bermakna lewat Google Assistant.

Lewat Google Assistant, pengguna kini dapat dengan mudah mengatur alarm di smartphone agat tidak telat bangun sahur, mengetahui kapan waktu salat, memutar lagu bertemakan Ramadan hingga mencari ide menu untuk berbuka puasa.

Bagaimana caranya? Gampang kok. Hal pertama yang kamu lakukan adalah cukup katakan "Ok Google" untuk mengaktifkan asisten virtual milik Google.

Setelah itu, ucapkan "Pasang alarm untuk sahur jam 2 pagi". Nanti, secara otomatis Google akan memasang alarm untuk waktu yang ditentukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cek Waktu Salat

Lalu bagaimana bila kamu ingin mengetahui kapan waktu salat? Kembali, katakan "Ok Google" untuk mengaktifkan asisten virtual lalu lanjutkan dengan berkata "Jadwal salat hari ini."

Kamu juga dapat menggunakan Google Assistant untuk memutar lagi di aplikasi pihak ketiga, seperti YouTube sembari menunggu waktu berbuka puasa.

 

3 dari 3 halaman

Putar Lagu Sembari Menunggu Waktu Buka Puasa

Seperti cara di atas, pastikan asisten virtual Google sudah aktif di smartphone. Setelah itu, katakan "Putar lagu Ramadan di YouTube".

Selain YouTube, kamu juga bisa memerintahkan Google Assistant untuk membuka aplikasi musik pihak ketiga, termasuk Spotify.

Hal lainnya yang dapat kamu bisa lakukan adalah mencari informasi atau ide untuk berbuka. Katakan "Buka puasa makan apa ya?", maka nanti Google Assistant ini akan merekomendasi menu makanan yang lokasinya ada didekat kamu.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.