Sukses

Hindari Kafein dan Coba Olah Raga Selama Ramadan, Bangun Sahur Tak Jadi Kendala

Berikut adalah tips yang bisa Anda coba agar bangun dengan keadaan segar, saat hendak sahur untuk berpuasa di bulan suci Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta- Setelah beraktivitas saat berpuasa selama bulan suci Ramadan, kita pasti membutuhkan waktu yang cukup untuk beristirahat dan efektif agar lancar untuk berpuasa di hari berikutnya. 

Tidur atau beristirahat lebih awal adalah suatu cara yang bisa Anda coba lakukan. Situs laman berita Gulf News menganjurkan untuk tidur lebih awal dari beberapa malam biasanya jika tidak ada kegiatan. 

Dengan cara itu, ketika bangun untuk sahur, tubuh Anda telah diberi istirahat yang cukup lama untuk dapat bangun.

Selain mengatur waktu tidur, Anda harus memerhatikan bagaimana memasang alarm untuk bangun. Seseorang cenderung untuk tidak mengklik tombol tunda, jika jam alarm ditempatkan di seberang ruangan. Bangunlah untuk mematikannya sehingga Anda tidak tergoda untuk kembali tidur.

Mengkonsumsi minuman berkafein juga dapat mempengaruhi Anda saat hendak beristirahat. Banyak orang, yang terbiasa minum kafein di pagi hari, namun mengkonsumsi kopi sebelum tidur dapat membuat Anda gelisah.

Cobalah untuk menghindari meminum minuman berkafein selama bulan suci Ramadan, seperti dikutip dari Gulf News, Selasa (5/5/2020).

Saksikan Video Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berolahraga secara teratur Hingga Sahur Sebagai Kegiatan Keluarga

Selain tidur lebih awal dan menghindari konsumsi minuman yang mengandung kafein, berolahraga selama bulan suci Ramadan juga memiliki banyak manfaat.

Berolahraga adalah cara yang bagus bagi tubuh untuk bernapas dengan benar, mengurangi berat badan, yang sebenarnya dapat membantu Anda tidur lebih baik. Berolahraga baik dilakukan sebelum berbuka puasa, atau sekitar jam 9 malam.

Tips selanjutnya, cobalah untuk tidak makan terlalu banyak setelah berbuka puasa. Trik ini dikatakan sebagai trik yang paling efektif, membuat Anda sebelum tidur berpikir tentang apa yang akan dimakan untuk sahur dan membuat Anda bersemangat untuk sahur.

Rencanakan ke depan, makan lebih sedikit di malam hari dan lebih banyak makan untuk sahur akan memberi Anda energi sepanjang hari.

Tips lainnya adalah tetapkan waktu tertentu untuk bangun bersama seluruh keluarga Anda. Ini cukup efektif ketika memiliki sekelompok orang yang mencoba membangunkan Anda, atau membuat Anda bangun dari tempat tidur.

Selain itu, buatlah rasa semangat mengenai sesuatu yang ingin Anda makan. Sebelum hendak tidur, Anda dapat memikirkan sesuatu yang akan menumbuhkan semangat dan membuat bangun dari tempat tidur. Bayangkanlah makanan yang Anda ingin makan ketika sahur. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.