Sukses

Quraish Shihab: Jiwa dan Fitrah Manusia, Salah Satu Bukti Keesaan Allah SWT

Pendiri Pusat Studi Alquran Quraish Shihab mengungkap banyak bukti yang diungkap teolog dan filosof menyangkut wujud Tuhan.

Liputan6.com, Jakarta Quraish Shihab mengungkapkan, banyak bukti yang diungkap para teolog dan filosof menyangkut wujud Tuhan. Bukti-bukti tersebut dinilai sebagai bukti rasional. 

"Salah satu bukti yang dikemukakan misalnya, segala sesuatu yang wujud, tadinya tidak wujud, kemudian mewujud. Keberadaannya itu pasti dijadikan oleh sesuatu yang mewujud sebelumnya, yaitu Tuhan," kata Quraish Shihab

Bukti lain yang dipaparkan oleh para pakar adalah apa yang diihat dan dirasakan manusia memilki dua kemungkinan, yakni bisa ada dan tidak ada.

"Bila sesuatu itu sudah ada, pasti ada yang mewujudkannya. Dan yang mewujudkannya itu pasti selalu ada. Yang selalu ada itu adalah Tuhan. Dia tidak pernah tiada," ucap Pendiri Pusat Studi Alquran ini.

Para teolog dan filosof juga membeberkan, bahwa ada hal-hal yang bisa ada dan mewujud atau tidak mewujud karena diwujudkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Sedangkan bukti ketiga yang menyangkut wujud Tuhan yang diungkap adalah adanya keserasian dan keharmonisan di alam raya.

Dari dalil-dalil di atas, menurut Quraish Shihab, dijadikan sebagai bukti wujud dan keesaan Allah. Kendati demkian, mereka juga berkata bahwa dalil yang paling kuat adalah jiwa dan fitrah manusia yang selalu ingin kembali kepada Allah dan merasakan kehadirannya pad saat hatinya dan pikirannya tenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.