Sukses

9 Amalan Ini Hendaknya Ditinggalkan Saat Ihram, Talbiah dan Lainnya

Selain persiapan dan mempelajari tata cara ibadah haji, 9 amalan ini hendaknya harus diperhatikan saat menunaikan rukun Islam kelima ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 1.300 calon haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi, sudah diberangkatkan perdana ke Makkah pada Minggu, 14 Juli 2019 waktu setempat. Selain persiapan yang matang, jemaah haji juga sudah menjaga kesehatan diri guna dapat beribadah dengan sebaik-baiknya.

Jemaah haji juga sudah memperhatikan aturan dan tata cara pelaksanaan haji sebelum berangkat ke Makkah. Selain tata cara pelaksanaan yang benar, jemaah haji harus memperhatikan hal hal yang seharusnya tidak dilakukan atau bid'ah.

Bid'ah adalah perbuatan yang dikerjakan tidak menurut contoh yang sudah ditetapkan, termasuk menambah atau mengurangi ketetapan. Bid'ah merupakan larangan yang harus dipatuhi, sebagaimana sabda Nabi Muhammad.

"Sesungguhnya Allah menutup taubat dari setiap orang yang melakukan bid'ah, hingga dia meninggalkan bid'ahnya." Hadis Riwayat ath Thabrani

Dilansir dari buku Sifat Haji & Umrah Nabi Muhammad karya Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani, bahwa bid'ah yang berkaitan dengan ihram, talbiyah, dan saat di Makkah ada 12 macam. Amalan tersebut adalah sebagai berikut:

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

9 Amalan yang Dimaksud

1. Mengenakan sandal khusus dengan syarat-syarat tertentu yang dikenal dalam sebagian kitab-kitab.

2. Ihram dari sebelum miqat atau batas bagi dimulainya ibadah haji.

3. Mengenakan kain ihram dengan idhthiba' atau meletakan pertengahan kain ihram dibawah pundak sejak awal ihram.

4. Melafazhkan niat.

5. Melisankan niat sampai terdengar orang lain.

6. Berhaji dengan diam tidak berbicara.

7. Bertalbiyah secara bersama sama dengan satu suara.

8. Bertakbir dan bertahlil sebagai pengganti talbiyah.

9. Mengusap-usap wajah dan dada dengan kedua tangan di hadapan Ka'bah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.