Sukses

Amalan yang Paling Disukai Allah Saat 10 Hari Terakhir Ramadan

Saat akhir Ramadan, dalam sebuah riwayat, Aisyah, istri Rasulullah mengungkapkan bahwa Rasulullah SAW pun semakin meningkatkan ibadahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang berakhirnya bulan Ramadan, alangkah lebih baik jika kita semakin memperbanyak amal ibadah. Harapannya adalah agar kita tidak merugi dan mengumpulkan pahala untuk bekal di akhirat nanti.

Menurut para ulama, 10 hari terakhir Ramadan merupakan hari-hari yang penuh berkah dan kemuliaan. Pada 10 malam terakhir Ramadan ini juga, lailatul qadar dikatakan akan datang.

Lailatul qadar adalah malam diturunkannya kitab suci umat Islam. Pada hari itu, disebut jika kita beribadah, maka lebih baik dari 1.000 bulan.

Saat akhir Ramadan, dalam sebuah riwayat, Aisyah, istri Rasulullah mengungkapkan bahwa Rasulullah SAW pun semakin meningkatkan ibadahnya.

"Ketika memasuki sepuluh akhir Ramadan, Nabi fokus beribadah, mengisi malamnya dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut ibadah." (Hadis Al Bukhari).

Sedikitnya ada tiga amalan yang semakin ditingkatkan Rasulullah di akhir Ramadan.

Amalan tersebut adalah memperbanyak sedekah, memperbanyak membaca Alquran, dan memperbanyak amalan di malam hari seperti salat malam dan zikir.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Amalan Paling Dianjurkan

Namun rupanya, amalan bersedekah merupakan yang paling dianjurkan.

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak." (Qs. Al Hadid: 18)

"Bersuci adalah separuh dari keimanan, ucapan Alhamdulillah akan memenuhi timbangan, subhanallah walhamdulillah akan memenuhi ruangan langit dan bumi, salat adalah cahaya, dan shodaqoh (sedekah) itu merupakan bukti." (Hadis Riwayat Muslim)

Mengingat begitu dianjurkannya sedekah, pastikan untuk senantiasa bersedekah. Perbanyak sedekah di bulan yang penuh kemuliaan ini dan tebarkan kebahagiaan pada orang-orang di sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.