Sukses

3 Jalur Tol Trans Jawa Siap Digunakan untuk Mudik Lebaran

Rencananya, jalur Tol Fungsional Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang tersebut akan resmi dibuka mulai pukul 00.00, Jumat, dini hari lusa.

Liputan6.com, Pemalang - Jalur tol fungsional Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang, Jawa Tengah, sudah mulai bisa digunakan hari Jumat, 8 Juni 2018 dini hari lusa mendatang untuk arus mudik Lebaran.

Meski demikian, pemudik diminta untuk tidak melajukan kendaraannya melebihi 60 kilometer per jam saat melintasi ruas tol fungsional tersebut.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (6/6/2018), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa, melakukan pengecekan kesiapan ruas jalur tol fungsional tersebut, Selasa sore, 5 Juni 2018 kemarin.

Selain kesiapan jalan, rombongan juga mengecek fasilitas yang ada di sepanjang ruas tol Trans Jawa ini, salah satunya rest area Kelang-Depok, Pemalang, Jawa Tengah.

Menurut Menteri Basuki, secara keseluruhan infrastruktur Tol Trans Jawa sudah layak dilintasi. Namun, pengendara diminta agar memperhatikan batasan laju kendaraan yang telah ditentukan.

Rencananya, jalur Tol Fungsional Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang tersebut akan resmi dibuka mulai pukul 00.00, Jumat, dini hari lusa. Untuk menghindari penumpukan kendaraan pemudik, petugas akan membagi kendaraan mulai dari pintu Tol Karawang-Bekasi menjadi dua jalur.

Sementara, untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaraan pemudik, disediakan sebanyak 24 SPBU yang tersebar sejak dari ruas Tol Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal hingga Sragen.

Di setiap SPBU juga disiapkan SPBU motoris yang siap mendatangi pemudik yang kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan.