Sukses

Masjid Ini Terinspirasi dari Kisah Nabi Nuh

Masjid ini didirikan pada tahun 1960-an oleh KH Abdurrahman Masum dan diresmikan tahun 1964.

Liputan6.com, Jakarta Keindahan masjid tak hanya dilihat dari konsep arsitektur. Beberapa masjid juga dibangun berdasarkan kisah yang turut menginspirasi bentuk bangunannya.
 
Berikut salah satu bangunan masjid yang tak hanya memiliki konsep unik, tapi juga terinspirasi dari kisah Nabi Nuh as, seperti mengutip situs kemenag.go.id, Jumat (1/6/2017):

Masjid Agung Al-Munada Darussalam Baiturrahman yang terletak di Jalan Casablanca, Menteng Dalam, Tebet Jakarta Selatan ini dibangun menyerupai perahu. Masjid ini didirikan pada tahun 1960-an oleh KH Abdurrahman Masum dan diresmikan tahun 1964.
 



Masjid ini berada di antara dua sisi tower Apartemen Casablanca. Bagian sisi masjid tersebut digunakan sebagai tempat wudhu dan kamar mandi, sementara untuk bagian salatnya berukuran 8x5 meter.

Bagian lantai atas perahu biasanya digunakan untuk para musafir yang hendak singgah dan beristirahat. Hal yang unik dari masjid tersebut adalah keberadaan benda-benda antik seperti hiasan lampu gantung yang menambah estetika masjid.

Mengenai bentuk perahu tersebut, KH Abdurahman Masum terinspirasi oleh sosok Nabi Nuh dan kaum mukminin yang diselamatkan Allah SWT di atas kapal sehingga beliau mendirikan masjid menyerupai perahu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.