Sukses

Libur Lebaran, Pet Shop di Matraman Kebanjiran Rezeki

Kebanyakan dari pemilik hewan yang datang ke pet shop miliknya, memang merupakan langganan

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri yang setiap tahun diwarnai oleh tradisi mudik Lebaran, membuat beberapa tempat perawatan hewan kebanjiran rezeki. Omzet mereka naik terhitung dari menjelang hari besar umat Islam itu.

Anna, pemilik salah satu pet shop atau toko penjualan dan kebutuhan hewan di kawasan Matraman, Jakarta Timur, mengatakan kenaikan omzet tersebut karena banyaknya pemilik hewan, yang menitipkan binatang peliharaan kesayangannya agar dapat dirawat dengan baik. Sebab, sang pemilik turut menikmati libur Lebaran dan mudik.

"Pemilik hewan kan mudik. Mereka harus mencari perawat hewan supaya bisa tenang saat silaturahim ke kampung. Kan ada mudik juga ya. Libur Lebaran," tutur Anna di pet shop miliknya, Jalan Matraman Raya No 10, Jakarta Timur, Selasa (12/7/2016).

Wanita berusia 42 tahun itu mengaku, selama libur Lebaran, kenaikan omzet secara signifikan terlihat dari jasa penitipan hewan peliharaan dan penjualan makanan. Bahkan, dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu, omzet pet shop miliknya mengalami kenaikan hingga 100 persen.

"Sebelum Lebaran kemarin mengalami kenaikan. Signifikan dibanding tahun lalu ini 100 persen. Dan sampai setelah Lebaran juga kok. Kenaikan omzet ada tapi lebih ke penginapan hewan peliharaan dan untuk makanan juga penjualannya naik. Biasanya untuk stok," ujar dia.

Anna menjelaskan, kebanyakan dari pemilik hewan yang datang ke pet shop miliknya, memang merupakan langganan yang sudah bolak-balik ke sana. Mereka juga ada yang sudah tiap tahun menitipkan hewan.

"Ya langganan. Ada yang sekadar memandikan saja. Beli makanan. Nitipin juga. Malah ada pelanggan kita dari daerah seperti Depok, Cibubur, dan Bekasi," dia menerangkan.

Dia menuturkan, tahun ini banyak yang menitipkan anjing peliharaannya. Meski ada pula kucing, jumlahnya tidak sebanyak pada Lebaran tahun lalu.

"Tahun ini lebih banyak anjing. Karena kan kita juga punya cabang pet shop. Yang di daerah Rawamangun ada kebanyakan kucing. Kalo di sini tahun lalu banyak jumlah kucing yang dititipkan," tutur Anna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.