Sukses

KMP Raih Kursi Pimpinan DPR Berkat Manuver Ini

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Koalisi Merah Putih (KMP) mengucapkan terima kasih kepada Partai Demokrat. Hal ini lantaran partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menunjukan sikap solid saat pemilihan pimpinan DPR Kamis dini hari tadi.

"Pertama kami sampaikan apresiasi kepada seluruh rekan-rekan KMP, termasuk bergabungnya Demokrat dengan KMP," kata politisi PKS Hidayat Nur Wahid di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (2/10/2014).

Tak hanya ke Demokrat, KMP juga mengucapkan terima kasih kepada Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP) yang telah mendukung paket pimpinan DPR, meskipun tak ada wakil PPP dalam paket tersebut.

Menurut Hidayat, KMP berhasil menguasai kursi pimpinan DPR berkat upaya luar biasa dengan beragam manuver dan janji, sehingga beberapa fraksi termasuk PPP memenangkan KMP.

"Upaya luar biasa, beragam manuver, janji, termasuk kawan-kawan PPP, legowo memenangkan KMP," tandas Hidayat.

Koalisi Merah Putih berhasil memenangkan pemilihan pimpinan DPR, yang terdiri dari Ketua DPR dijabat Setya Novanto dari Fraksi Partai Golkar, Wakil Ketua DPR Fadli Zon dari Fraksi Gerindra, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto dari Fraksi Partai Demokrat, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan dari Fraksi PAN, dan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dari Fraksi PKS.

Pemilihan pimpinan DPR yang berlangsung Kamis 2 Oktober 2014 dini hari sempat diwarnai kericuhan. Pemimpin sidang paripurna DPR Popong Otje Djundjunan bahkan sempat kehilangan palu saat hendak menutup sidang. Suara Popong mencari palu dalam bahasa Sunda jelas terdengar ketika sidang ricuh dan peserta sidang mengerumuni kursi pimpinan. (Sss)