Sukses

Politisi PKB Berharap Kursi Pimpinan DPR-MPR Dibagi Rata

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa di DPR M Hanif Dhakiri berharap pasca-sengketa Pilpres 2014 yang sudah berakhir dan diputuskan di Mahkamah Konstitusi (MK) kemarin, ada rekonsiliasi dengan semua partai politik yang sempat memanas karena beda dukungan capres-cawapres.

"Pasca-keputusan MK, rekonsiliasi politik pasca-pilpres perlu segera dilakukan oleh semua pihak. Komunikasi dan dialog demokrasi perlu diintensifkan untuk mencairkan ketegangan yang sempat muncul selama pilpres," ujar Hanif melalui pesan elektronik di Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Anggota Komisi X DPR ini mengatakan, PKB juga mengusulkan dalam rangka rekonsiliasi usai pilpres itu, seluruh kekuatan poltik di DPR bisa berbagi kekuasaan.

"Kursi pimpinan DPR dan MPR kita usulkan didistribusikan habis untuk semua partai yang ada di DPR/MPR. Jumlah kursi pimpinan DPR dan MPR itu 10, sama dengan jumlah partai yang ada di DPR/MPR yang juga 10. Jadi pas," ucap Hanif.

Dengan demikian, Ketua DPP PKB tersebut melihat semua partai politik di DPR bisa mendapatkan kursi pimpinan secara rata. Ia menambahkan, hal tersebut bagus untuk membina kembali hubungan yang sempat memanas antar-politisi maupun partai politik saat Pilpres 2014.

"Partai-partai yang menang maupun yang kalah pilpres bisa dapat semua, itu bagus untuk mengawali rekonsiliasi politik pasca-pilpres ini. Republik ini jelas tak bisa diurus satu dua kelompok saja. Republik ini milik kita semua," tandas Hanif.

Baca juga:

PAN Buka Kemungkinan Pindah Haluan ke Jokowi-JK
Akbar Tandjung Yakin Koalisi Merah Putih Tetap Solid
Fadli Zon Usai Putusan MK: Koalisi Merah Putih Solid