Sukses

Kawal Kotak Suara, Kapolda Jabar Belum Lihat Gejolak Usai Pilpres

Kapolda Jabar memastikan pula pengiriman kotak suara pilpres berjalan aman.

Liputan6.com, Bogor - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat Inspektur Jenderal Pol M Iriawan mengatakan, pihaknya memastikan pengiriman kotak suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat kota dan kabupaten ke KPU provinsi akan berjalan aman.

Jaminan ini disampaikan Iriawan mengingat KPU tingkat kota dan kabupaten di Jawa Barat telah menggelar rapat pleno rekapitulasi suara hasil Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2014, kemarin. Untuk itu, seluruh kotak surat suara akan dikirim ke KPU Provinsi Jawa Barat hari ini.

"Akan ada pengawalan terbuka dan tertutup serta komposisi pengawalan yang sudah dilakukan pada pileg (Pemilu Legislatif 9 April) kemarin. Rencana kotak dan surat suara akan dikirim ke KPU provinsi dan kami akan memastikan pengamanan di perjalanan saat pengiriman," jelas Iriawan saat mengunjungi Kantor KPU Kota Bogor, Kamis (17/7/2014).

Kapolda melanjutkan, hingga saat ini 16 KPU kota dan kabupaten telah mengirim kotak surat suara dan telah tiba di Kantor KPU Provinsi Jawa Barat.

Ia juga memastikan kesiapan pengamanan saat pengumuman hasil penghitungan pilpres pada 22 Juli nanti. Kapolda sekaligus mengimbau kepada tim sukses dari masing-masing capres harus menyikapi hasil pilpres dengan arif, serta menunggu hasil dari KPU pusat.

"Rencananya Sabtu nanti akan melakukan deklarasi damai antara kedua tim sukses," ucap Iriawan.

Selain itu, menurut Iriawan, pihaknya juga sudah memantau ke berbagai daerah di Jawa Barat. Namun sejauh ini belum ditemukan adanya gejolak pasca-Pilpres 9 Juli silam. (Mut)

Baca juga:

Hasil Rekapitulasi Pilpres di Serang dan Bogor
KPU Gelar Pencoblosan Ulang Pilpres di 20 TPS
KPU Telusuri Kecurangan Terstruktur Penyelenggara Pemilu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.