Sukses

Jokowi: Blusukan Itu Supaya Tidak Canggung Bertemu Warga

Menurut Anies, tindakan blusukan ke pasar sebagai bukti bahwa Jokowi fokus pada penyelesaian masalah dengan terjun langsung.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden Joko Widodo alias Jokowi menyatakan, blusukan yang dilakukannya ke pasar atau pun ke kampung-kampung, bukan hanya untuk mendeteksi permasalahan masyarakat. Tetapi juga agar dekat dengan rakyat.

"Kita ke lapangan blusukan itu supaya kita tidak canggung bertemu warga. Tidak kaku bercengkerama dengan masyarakat," ujar Jokowi usai blusukan ke Mall Bintaro Xchange, Senin (30/6/2014).

Juru Bicaranya, Anies Baswedan menambahkan, selama 15 tahun masyarakat Indonesia merasakan banyak permasalahan yang muncul. Hal itu bukan lah karena salah mengambil kebijakan melainkan pelaksanaannya yang tidak tepat.

Oleh karena itu, menurutnya, tindakan blusukan ke pasar sebagai bukti bahwa Jokowi fokus pada penyelesaian masalah dengan terjun langsung. Tidak hanya berorasi di dalam gedung ber-AC.

Misalnya, blusukan ke pasar tradisional dan pusat belanja modern untuk membandingkan manajemennya. Mendeteksi mana saja cara pengelolaan di mal yang dapat diterapkan di pasar tradisional.

Tetapi tidak berarti pasar tradisional dibuat mewah layaknya mal. Tindakan-tindakan itu lah yang menurut Anies perlu dilakukan pemimpin untuk sekaligus dekat dengan rakyatnya.

"Ada yang ke pasar tapi canggung karena bukan dari rakyat. Tidak terbiasa sapa rakyat. Pak Jokowi tidak mengatasnamakan rakyat lagi tapi memang benar-benar dari rakyat," jelas Anies. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.