Sukses

Anies Baswedan Yakin Prabowo-Hatta Tak Ingin Kampanye Hitam

"Jadi saya harap kampanye hitam betul-betul dihilangkan," kata Anies

Liputan6.com, Jakarta - Juru bicara pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK) Anies Baswedan meyakini jika kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa bukanlah orang yang menginginkan kampanye hitam.

Sehingga menurutnya, dalam setiap kesempatan pasangan Prabowo-Hatta mengajak seluruh pihak untuk menjalankan kampanye positif.

"Saya percaya Pak Prabowo dan Pak Hatta bukan orang yang menginginkan kampanye hitam, jadi saya harap kampanye hitam betul-betul dihilangkan," kata Anies kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/6/2014).

Pernyataan Anies itu menanggapi beredarnya sebuah tabloid bernama 'Obor Rakyat' di pesantren-pesantren di Pulau Jawa, yang isinya mendeskreditkan sosok Jokowi beserta pendukungnya.

Masih menurut Anies, kampanye hitam seperti itu merupakan praktik-praktik yang sangat tidak menghargai masyarakat. Karena seolah memposisikan masyarakat Indonesia sebagai individu yang tidak kritis.

"Kalau memberikan informasi tidak terpercaya, artinya merendahkan masyarakat seakan masyarakat tidak kritis, tidak bisa memilih dan memilah informasi," paparnya.

Bahkan Anies menekankan, pihaknya akan tetap melakukan kampanye positif untuk memenangkan pasangan Jokowi-JK. Dia menambahkan, segala bentuk kampanye hitam yang ditujukan oknum-oknum tertentu untuk menjegal Jokowi-JK, akan disikapi tim pemenangan dengan mengungkapkan fakta sebenarnya kepada masyarakat.

"Kalau ada kampanye hitam ya kita jelaskan faktualnya seperti apa," tandas Rektor Universitas Paramadina tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.