Sukses

Jika Terpilih, Hatta Rajasa Janjikan Pendidikan 12 Tahun Gratis

Cawapres Hatta akan memprioritaskan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pendidikan.

Liputan6.com, Jakarta Jelang Pilpres 9 Juli mendatang, pasangan capres-cawapres gencar mensosialisasikan visi-misinya. Kali ini cawapres Hatta Rajasa menyampaikan beberapa visi-misinya, saat menjadi saksi Perempuan Pendukung Prabowo-Hatta Deklarasi Nasional di Rumah Polonia, Jakarta Timur.

Salah satu yang menjadi prioritasnya, yakni pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pendidikan. Agar SDM Indonesia secara merata bisa bersaing dengan SDM negara asing, karena menurutnya itu termaktub dalam Undang-undang Dasar 1945.

"Dalam misi kita adalah membangun manusia Indonesia yang berakhlak mulia, serta bermoral, beretika, berbudaya dan beradab sesuai falsafah Pancasila. Kita tekad 12 tahun pendidikan dibiyai oleh negara," kata Hatta dalam sambutannya, Jakarta, Kamis (29/5/2014).

Hatta menegaskan, pendidikan menjadi salah satu yang harus diprioritaskan. Karena bangsa yang besar harus mempunyai generasi cerdas secara SDM, baik secara pendidikan jasmani maupun rohani.

"Oleh karena itu kita bangun pendidikan yang berkeadilan dan inklusif. Tidak boleh karena tidak mampu (secara ekonomi) tidak bisa mengenyam pendidikan. Artinya, ada dimensi spiritual yang terkandung dalam membangun SDM untuk bisa bersaing dan sejajar di dunia global," ujarnya.

Hatta mengingatkan pentingnya pendidikan moral, agar generasi yang akan memimpin bangsa ke depannya. Tak luput, ia juga menyinggung maraknya kasus kekerasan terhadap anak akhir-akhir ini. "Tengoklah apabila kita lengah dalam pendidikan, maraknya tindak kekerasan pada kaum perempuan akhir-akhir ini."

"Kita marah luar biasa atas tindak seks menyimpang kepada anak-anak kita, yang patut diberikan hukuman seberat-beratnya. Karena ini tndakan krimnal ekstra ordinari. Oleh karena itu sangat penting juga menanamkan pendidikan akhlak," tandas Hatta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.