Sukses

Blusukan ke Luar Kota, Capres Jokowi Tinjau Panen Padi di Bogor

Jokowi yang mengenakan pakaian khasnya yaitu kemeja putih dengan celana panjang berwarna hitam langsung menyusuri area persawahan.

Liputan6.com, Bogor - Calon presiden dari PDIP Jokowi kembali blusukan ke beberapa daerah. Kali ini ia meninjau panen padi di Desa Tanjung Sari, Cariu, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/4/2014).

Pantauan Liputan6.com di lokasi, saat turun dari mobil Toyota Innova putih berplat nomor B 1567 PRA, Jokowi langsung menghampiri para petani dan warga yang telah menunggu.

Jokowi yang mengenakan pakaian khasnya yaitu kemeja putih dengan celana panjang berwarna hitam langsung menyusuri area persawahan tersebut. Dia tak malu-malu menyapa para petani dan warga sekitar.

"Bagaimana Bu, Pak panennya musim ini? Lanjut panennya ya Bu," kata Jokowi ketika menyapa dan bersalaman dengan para petani.

Di sela-sela acara penanaman padi yang bertajuk 'Kemandirian Pangan Bersama Rakyat' itu Jokowi berharap agar kedualatan dan ketahanan pangan di Indonesia dapat terus bertambah.

"Ketahanan dan kedaulatan pangan dan setiap tahun tambah 3 juta dan siapkan pangan dan kemudian kita sampaikan dalam 5 tahun ini ada impor pangan beras, dan jagung," tambah Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu juga menilai kebijakan-kebijakan yang menguntungkan petani terus diterapkan. Tak hanya itu, Jokowi berpendapat kebijakan-kebijakan tersebut untuk mensukseskan kedaulatan dan ketahanan pangan juga harus dibarengi dengan pembangunan infrastruktur pertanian yang baik.

"Infrastruktur dan pertanian dan bendungan sampai saluran harus dibenahi. Sawah baru dan kualitas air diawasi, jangan sampai saluran dimasuki limbah industri," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.