Sukses

Berapa Berat Sapi Golden Irfan Hakim? Yuk Kenalan Lebih Dekat dengan Jenis Sapi Ini

Sapi Golden, Sapi Jumbo milik Irfan Hakim yang tuai banyak sorotan karena beratnya.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak akan tercengang mendengar tentang berat sapi Golden yang mencapai lebih dari 1 ton? Kehebatan hewan kurban yang dimiliki oleh selebritas Irfan Hakim ini sungguh luar biasa. Dengan panjang mencapai 270 cm dan tinggi sekitar 170 cm, sapi Golden memang patut diakui sebagai salah satu sapi kurban dengan ukuran yang mengesankan. 

Ukurannya yang besar mencerminkan ketulusan Irfan Hakim dalam berbagi keberuntungan dengan masyarakat yang menerima hewan kurban ini. Kehadiran sapi Golden yang besar dan berat tak hanya menarik perhatian, tapi juga memberikan manfaat besar bagi masyarakat yang menerimanya sebagai hewan kurban.

Tidak hanya berbicara tentang berat sapi Golden, terdapat banyak fakta lain yang tidak kalah memukau. Dengan bobotnya yang melebihi 1 ton, sapi kurban ini memang bukanlah hewan biasa-biasa. Dalam prosesi kurban, Irfan Hakim juga tidak main-main dalam menunjukkan kehormatan kepada ibunya dengan memperlihatkan hewan tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu, keberadaan sapi Golden bukan hanya sekadar simbol kurban, tapi juga menjadi bukti rasa hormat yang dalam terhadap tradisi keagamaan.

Berbicara tentang kebesaran dan berat sapi Golden, tentu saja ini menjadi pembahasan yang menarik. Namun selain itu ada fakta-fakta lain yang tidak kalah memukau tentang jenis sapi Golden ini. Untuk lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum informasi lengkapnya, pada Selasa (18/6).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Sapi Golden 

Jenis sapi Jumbo telah dikenal sebagai salah satu varietas sapi yang istimewa dan unggul, terutama dari segi ukuran yang lebih besar daripada jenis sapi lainnya. Salah satu contoh yang terkenal adalah sapi Jumbo milik selebritas Irfan Hakim yang diberi nama Golden. Sapi-sapi Jumbo umumnya memiliki berat badan yang mencapai 1 ton atau bahkan lebih, menegaskan reputasi mereka sebagai hewan yang luar biasa besar.

Sapi Golden yang dimiliki oleh Irfan Hakim memikat perhatian publik karena ukurannya yang sangat besar dan kemampuannya mencapai berat badan yang fantastis. Keunikan lain dari Golden adalah warna kulitnya yang emas atau golden, memberikan kesan eksklusif dan menambah daya tariknya sebagai hewan kurban yang istimewa.

Tentu saja, banyak yang penasaran dengan harga sapi Golden ini. Namun, harga tersebut dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti usia sapi, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan juga kualitas genetik sapi itu sendiri. Sapi Golden yang memiliki ukuran besar, genetika unggul, dan kondisi kesehatan optimal cenderung memiliki harga yang lebih tinggi.

Kehadiran sapi Golden, terutama yang dimiliki oleh selebritas, telah menjadi topik perbincangan yang menarik di kalangan masyarakat, terutama para penggemar hewan ternak dan sapi. Ini juga membantu memperkenalkan jenis sapi Jumbo kepada masyarakat luas, meningkatkan kesadaran akan keistimewaan varietas sapi ini. Meskipun harganya mungkin cukup mahal, banyak yang melihat sapi Golden sebagai investasi yang menarik, mengingat keunikan dan ukurannya yang besar.

3 dari 4 halaman

Harga Sapi Golden 

Sapi Golden yang dimiliki oleh selebritas Irfan Hakim telah menjadi sorotan karena perkiraan harga yang sangat tinggi, bahkan bisa mencapai lebih dari Rp 200 juta. Hal ini diperkuat dengan informasi bahwa sapi sebelumnya yang dibeli oleh Irfan Hakim untuk kurban tahun sebelumnya, yaitu sapi Wisanggeni, memiliki harga sekitar Rp 200 juta. Meskipun sapi tersebut pada saat pembelian belum pernah memenangkan kontes apapun, Irfan Hakim tetap mengambilnya dengan harga yang cukup fantastis.

Meski Irfan Hakim tidak secara langsung memberikan informasi tentang harga sapi Golden yang kini dimilikinya, dugaan kuat adalah bahwa harganya melebihi Rp 200 juta mengingat prestasi sapi tersebut yang telah memenangkan kontes. Irfan Hakim berharap bahwa sapi Golden miliknya bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk memberikan yang terbaik dalam qurban mereka. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan bobot dan harga sapi itu sendiri, tapi juga dengan keikhlasan dalam berqurban dan mempersembahkan yang terbaik bagi Allah SWT.

Kehadiran sapi Golden yang disebut-sebut memiliki nilai yang fantastis ini juga memberikan dimensi baru dalam praktik qurban. Selain menjadi perbincangan yang menarik di kalangan pecinta hewan dan masyarakat umum, hal ini juga menyoroti pentingnya keberanian untuk memberikan yang terbaik dalam ibadah qurban, baik dari segi nilai materi maupun keikhlasan dalam berqurban.

 

 

4 dari 4 halaman

Syarat Hewan Kurban yang Sah

Syarat hewan kurban menurut syariat Islam meliputi beberapa hal yang harus dipenuhi agar hewan tersebut sah sebagai kurban. Berikut adalah syarat-syarat tersebut beserta dalilnya:

1. Jenis Hewan

Hewan kurban yang sah adalah hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, atau unta. Ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surah Al-An'am ayat 143, "Dan untuk tiap-tiap umat di antara kamu Kami tetapkan syariat dan jalan yang terang." Di sinilah hukum tentang jenis hewan kurban diatur berdasarkan ketentuan syariat Islam.

2. Usia Hewan

Hewan kurban harus mencapai usia dewasa yang telah ditentukan. Sapi dan unta minimal berumur dua tahun, sedangkan kambing atau domba minimal berumur satu tahun. Hal ini merujuk pada hadis dari Ibn Umar, "Bahwa Rasulullah SAW melarang kurban seekor kambing yang berumur kurang dari satu tahun."

3. Kesehatan dan Keadaan Hewan

Hewan kurban harus dalam keadaan sehat, tidak cacat, dan tidak memiliki kekurangan yang signifikan. Hal ini sesuai dengan hadis dari Jabir bin Abdullah, "Sesungguhnya Rasulullah SAW melarang kurban hewan yang memiliki cacat yang mencolok atau yang tampak sakit."

4. Kepemilikan Hewan 

Hewan yang akan dikurbankan harus dimiliki secara sah oleh pemiliknya. Ini berasal dari prinsip kepemilikan dalam Islam yang mendasari praktik qurban sebagai wujud pengorbanan yang sah secara syariat.

5. Niat

Salah satu syarat penting dalam qurban adalah niat yang tulus ikhlas karena Allah SWT semata. Niat ini menjadi inti dari ibadah qurban yang dijelaskan dalam hadis dari Umm Salamah, "Rasulullah SAW bersabda, 'Tiap-tiap perbuatan yang tidak dimulai dengan niat yang ikhlas karena Allah SWT, maka akan sia-sia dan tidak diterima.'"

Memenuhi syarat-syarat di atas penting untuk memastikan bahwa hewan kurban yang dipersembahkan benar-benar sesuai dengan tuntunan syariat Islam, sehingga mendapatkan ridha dan pahala dari Allah SWT.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.