Sukses

4 Fakta Misterius Tentang Pulau Ular di Brazil, Manusia Dilarang Masuk

Pulau Ular mengandung kisah misterius yang menjadi jebakan maut, karena itu manusia dilarang masuk.

Liputan6.com, Jakarta Ilha de Queimada Grande adalah sebuah pulau Atlantik kecil di lepas pantai Brazil. Negara ini beriklim sedang, namun medannya bervariasi mulai dari pantai terjal hingga hutan hujan lebat.

Meski kedengarannya seperti tempat liburan yang menyenangkan, namun sayangnya Anda tidak bisa pergi ke pulau itu. Hal itu karena Ilha de Queimada Grande penuh dengan ular. Bahkan ular yang sangat berbahaya.

Ini adalah satu-satunya tempat di mana Anda dapat menemukan Golden Lancehead, salah satu spesies pit viper paling berbisa di dunia. Banyaknya ular berbisa membuat Ilha de Queimada Grande mendapat julukan "Pulau Ular".

Hal ini juga menjadi alasan mengapa Angkatan Laut Brazil melarang siapa pun kecuali peneliti ular bersertifikat untuk pergi ke pulau tersebut. Namun, jumlah ular di Pulau Ular mungkin tidak sebanyak yang diperkirakan orang sebelumnya.

Jadi, apa yang terjadi dengan Pulau Ular? Dan bagaimana ular-ular itu sampai di sana? Inilah kisah aneh namun menarik dari salah satu tempat paling mematikan di dunia, dilansir Liputan6.com dari Oddee pada Selasa (11/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sejarah cara ular masuk ke Pulau Ular

Saat ini, Pulau Ular mencakup sekitar 106 hektar lahan yang menjorok ke Samudera Atlantik, sekitar 34 kilometer di lepas pantai tenggara Brazil. Pantainya berbatu, namun di tengah perbukitan, Anda akan menemukan kawasan hutan hujan lebat.

Namun, Pulau Ular tidak selalu berupa pulau. Mari memutar waktu 10.000 tahun ke belakang sebelum berakhirnya zaman es terakhir. Ada sebidang tanah yang menghubungkan Pulau Ular dengan daratan Brasil.

Jembatan darat itulah yang digunakan nenek moyang para ular untuk meluncur menuju Semenanjung Ular. Setelah zaman es berakhir dan massa glasial yang sangat besar mencair, kenaikan permukaan laut yang diakibatkannya menutupi jembatan dataran rendah, mengubah Semenanjung Ular menjadi Pulau Ular yang dikenal saat ini.

Begitu lah cara ular-ular itu bisa sampai ke pulau tersebut. Racun ular di pulau itu luar biasa ampuh, lima kali lebih kuat dibandingkan ular yang tinggal di daratan lain. Ini juga merupakan racun yang bekerja paling cepat dari semua ular berbisa, yang dibuat khusus untuk mengakibatkan kematian yang cepat.

3 dari 5 halaman

2. Khusus memangsa burung

Ular di Pulau Ular jauh lebih berbisa dibandingkan yang lain, karena terletak pada apa yang dimakan ular di sana. Tidak ada mamalia sama sekali di Pulau Ular, sehingga ular berbisa harus bergantung pada penangkapan burung untuk makan malamnya.

Namun, mereka adalah pemakan yang sangat pemilih. Meskipun terdapat 41 spesies burung di Pulau Ular, ular-ular tersebut hampir seluruhnya bergantung pada dua di antaranya, the southern house wren (gelatik) dan the Chilean elaenia.

Kedua burung itu berukuran kecil, cepat, dan berhati-hati. Ular berbisa yang racunnya bekerja lebih cepat mampu memakannya. Karena tidak ada orang yang diperbolehkan berada di pulau itu, kita tidak tahu persis seberapa cepat 'kepala tombak emas' bisa membunuh manusia.

Namun, mengingat gigitan ular berbisa yang tidak terlalu berbisa dengan cepat menyebabkan mual, pendarahan usus, dan pendarahan otak, bisa jadi tidak ada orang yang digigit di Pulau Ular yang berhasil menceritakan kisah tersebut.

4 dari 5 halaman

3. Manusia dilarang masuk

Seperti disebutkan, tidak seorang pun kecuali peneliti tertentu yang diizinkan masuk ke pulau itu. Faktanya, pada awal tahun 1900-an, terdapat mercusuar di Pulau Ular (yang bertujuan untuk mengarahkan kapal menjauhinya).

Itu berarti seseorang harus tinggal di sana agar mercusuar tetap beroperasi. Kita hanya bisa membayangkan penjaga mercusuar Pulau Ular diberitahu untuk tidak meninggalkan kabin mereka kecuali benar-benar diperlukan.

Namun, mereka pasti sudah keluar dan mati-matian, karena pada tahun 1920-an, Angkatan Laut Brazil menyatakan hal itu terlarang bagi semua orang. Mungkin mereka bosan menjemput penjaga mercusuar yang sudah mati.

Hal itu sebenarnya membawa kita pada legenda penjaga mercusuar terakhir di Pulau Ular. Secara resmi, penghuni terakhir pulau itu dievakuasi tak lama setelah karantina ketika mercusuar sepenuhnya diotomatisasi dengan teknologi modern.

Namun, cerita lokal menyatakan bahwa penjaga mercusuar terakhir dan keluarganya meninggal setelah ular merayap masuk ke dalam rumah mereka melalui jendela yang terbuka.

5 dari 5 halaman

4. Salah satu pulau paling berbahaya

Pulau Ular adalah pulau berbahaya yang terisolasi dari dunia luar karena alasan yang bagus. Namun, karantina dilakukan untuk melindungi ular dan juga untuk melindungi pengunjung.

Sebelumnya, para peneliti memperkirakan terdapat 430.000 ekor lancehead di Pulau Ular, atau satu ekor setiap 10 kaki persegi. Namun, baru-baru ini seseorang menyadari bahwa jumlah ular yang begitu banyak tidak akan berkelanjutan di pulau kecil tersebut.

Memang benar, perkiraan yang lebih akurat telah menurunkan perkiraan jumlah ular secara drastis. Kini, diyakini terdapat 4.000 ular yang hidup di hutan hujan pulau tersebut. Hanya sedikit dari mereka yang terdaftar sebagai ular yang sangat terancam punah.

Dan mereka agak terancam punah, tapi bukan karena ancaman dari luar. Sebaliknya, dengan jumlah ular yang (relatif) sedikit, akan sulit menemukan pasangan. Oleh karena itu, para peneliti khawatir ular-ular tersebut mungkin mulai tertarik secara tidak sehat pada kerabatnya sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.