Sukses

Super Niat, Wanita Ini Buka 7.500 Tab Browser Internet di Laptopnya Selama 2 Tahun

Aksinya sempat sia-sia setelah 2 tahun buka 7.500 tab browser.

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak orang, membuka terlalu banyak tab di browser internet bisa menjadi sumber frustasi. Melihat logo di sudut setiap tab tanpa bisa membedakan isinya, atau laptop yang lemot karena terlalu banyak tab terbuka adalah hal yang umum terjadi. 

Namun, seorang wanita bernama Hazel membawa kebiasaan ini ke level ekstrem dengan membuka hampir 7.500 halaman web di Firefox selama dua tahun. Bayangkan mencari satu tab yang Anda inginkan di antara ribuan tab terbuka. Seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Namun, Hazel tampaknya menikmati tantangan ini. 

Hazel, seorang ahli perangkat lunak, membagikan kisah luar biasa tentang pengalamannya di media sosial. Aksinya tak berjalan mulus ketika browser Firefox miliknya ngehang dan menutup semua tabnya. Bukan merasa lega, Hazel justru meminta bantuan untuk mengembalikan semua tabnya yang hilang.

Dalam postingannya yang frustasi, Hazel menjelaskan bahwa Firefox "menolak memulihkan" sesi browsernya yang kelebihan beban dengan 7.470 tab terbuka selama dua tahun. 

"Firefox menolak memulihkan sesi yang telah saya jalani selama 2+ tahun. Lebih dari 7.000 tab sia-sia," tulis Hazel mengutip dari Daily Star, Rabu (22/5/2024). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rasa Penasaran

Aksi buka tab browser sebanyak 7.470 ini diiringi rasa penasaran, Hazel juga menyoroti bahwa dampak pada memori laptopnya sangat minim. Dia menjelaskan bahwa file sesi yang berisi informasi tab hanya berukuran sekitar 70 MB, dan Firefox hanya memuat satu tab di memori jika tab tersebut baru saja dibuka.

Perwakilan Mozilla mendukung klaim Hazel bahwa membuka ribuan tab praktis tidak memerlukan memori apa pun. Mereka menyatakan bahwa Mozilla telah bekerja keras untuk meningkatkan kinerja Firefox selama beberapa tahun terakhir dan senang melihat hasil dari upaya tersebut membuahkan hasil. 

Mozilla juga berupaya menyediakan alat yang lebih baik bagi pengguna untuk mengelola lusinan hingga ribuan tab. Menurut mereka, meskipun menakjubkan bahwa seseorang memiliki 7.000 tab aktif, hal ini juga menunjukkan sejauh mana pengelolaan tab merupakan masalah umum.

 

 

 
3 dari 3 halaman

Usaha 2 Tahun Terselamatkan

Beruntung bagi Hazel, dia dapat memulihkan katalog tabnya yang sangat besar berkat fungsi cache profil Firefox. Dia mengatakan butuh "tidak lebih dari satu menit" agar 7.470 halaman web muncul kembali.

"Terima kasih kepada semua orang yang memberikan info tentang cara memulihkan sesi lama dari cache profil... Saya merasa sebagian dari diri saya dipulihkan,” tulis Hazel di medsos.

Namun, reaksi dari pengguna media sosial lainnya justru penuh dengan ketidakpercayaan. Banyak yang menganggap insiden ini sebagai berkah tersembunyi. Ada yang bergurau bahwa intervensi ini sangat dibutuhkan. 

Netizen lain menggambarkan usaha Hazel seperti terlahir kembali dan mengucapkan selamat. Beberapa orang mengatakan bahwa mendengar volume tab sebanyak itu membuat mereka sangat cemas, sementara yang lain tertawa dan bertanya apakah hidup Hazel sudah kembali normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.