Sukses

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Rambut, Kenali Manfaatnya

Manfaat-manfaat minyak kelapa untuk rambut, beserta dengan cara dan tips menggunakannya

Liputan6.com, Jakarta Minyak kelapa untuk rambut memang memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Dari meredakan ketombe hingga mengembalikan kilau pada rambut kering dan rusak, minyak kelapa menjadi solusi alami yang aman digunakan untuk berbagai jenis rambut. Kandungan asam lemak, terutama asam laurat, menjadikan minyak kelapa sebagai pilihan utama dalam perawatan rambut. Tak heran jika minyak kelapa sering ditemui dalam berbagai produk perawatan rambut seperti shampo, kondisioner, dan gel styling.

Selain itu, penggunaan minyak kelapa untuk rambut tidak hanya terbatas pada produk-produk komersial. Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa langsung dari jar di dapur sebagai perawatan sebelum mencuci rambut atau masker kondisioner. Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, minyak kelapa mampu meresap ke dalam serat rambut, memperbaiki kerusakan akibat aktivitas sehari-hari, serta meningkatkan tekstur dan kesehatan rambut secara keseluruhan.

Jadi penting untuk mengetahui tentang beragam manfaat minyak kelapa untuk rambut. Mulai dari kemampuannya meredakan masalah ketombe hingga melindungi rambut dari kerusakan akibat styling, minyak kelapa membuktikan dirinya sebagai bahan alami yang efektif untuk memperbaiki dan merawat kesehatan rambut.

Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, manfaat-manfaat minyak kelapa untuk rambut, beserta dengan cara dan tips menggunakannya, pada Selasa (21/5).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut

Minyak kelapa memiliki berbagai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan rambut Anda. Salah satunya adalah kandungan asam laurat, jenis lemak jenuh yang melimpah dalam minyak kelapa, yang diyakini dapat memberikan perlindungan terhadap kehilangan protein pada rambut.

Rambut terdiri dari protein, khususnya keratin. Namun, berbagai zat kimia seperti pewarna, pemutih, shampo, dan produk styling dapat merusak protein ini dan membuat rambut menjadi kusam dan rapuh.

1. Merawat Rambut Rusak

Dalam sebuah laporan pada tahun 2015, para peneliti meninjau beberapa studi yang menguji efek minyak nabati pada rambut manusia. Penulis laporan mencatat bahwa minyak kelapa memiliki kemiripan dengan protein rambut alami dan memiliki kemampuan unik untuk menembus batang rambut (bagian rambut yang terlihat di atas kulit kepala).

Dengan menembus batang rambut, minyak kelapa dapat mengurangi jumlah air yang diserap oleh rambut Anda. Hal ini membantu membatasi kerusakan rambut sehari-hari. Selain itu, salah satu studi yang ditinjau menemukan bahwa minyak kelapa adalah satu-satunya minyak yang mampu mengurangi kehilangan protein. Hal ini terbukti baik untuk rambut yang tidak rusak maupun yang rusak saat peserta menggunakan minyak tersebut sebagai produk perawatan sebelum dan sesudah mencuci rambut.

Studi ini juga menilai efek minyak mineral dan minyak bunga matahari pada rambut. Kedua jenis minyak tersebut tidak membantu mengurangi kehilangan protein.

2. Menjaga Struktur dan Siklus Pertumbuhan Folikel Rambut

Ada bukti bahwa Anda dapat menggunakan minyak kelapa untuk membantu mengatasi kulit kepala kering dan gatal serta ketombe yang menyertainya. Sebuah studi pada tahun 2021 melibatkan 140 orang di India, 70 orang dengan ketombe dan 70 orang tanpa ketombe, menemukan bahwa aplikasi topikal minyak kelapa pada kulit kepala memiliki manfaat antijamur. Selain itu, minyak ini juga mempromosikan pertumbuhan bakteri baik dan mengurangi pengelupasan kulit kepala.

Penelitian lain menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantu memperbaiki penghalang kulit, yaitu lapisan terluar kulit Anda. Hal ini menjadikannya sebagai perawatan yang baik untuk kedua masalah ketombe dan kulit kering.

Minyak kelapa juga telah terbukti dapat melawan infeksi jamur pada kulit kepala. Bukti dari satu studi menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi, dan peserta studi juga mengalami peningkatan produksi kolagen, protein struktural utama pada kulit dan jaringan lainnya.

 
3 dari 6 halaman

Manfaat Lainnya

Minyak kelapa juga dapat memberikan berbagai manfaat lain untuk kesehatan rambut Anda. Namun, banyak dari manfaat tersebut belum diteliti dalam studi yang cukup terkontrol.

Beberapa manfaat potensial minyak kelapa untuk rambut meliputi:

  • Pencegahan Kutu. Sebuah studi kecil menemukan bahwa ketika dikombinasikan dengan anise dalam bentuk semprotan, minyak kelapa 40% lebih efektif dalam mengobati kutu kepala dibandingkan dengan bahan kimia permethrin.
  • Perlindungan dari Sinar Matahari. Filter UV dapat membantu melindungi rambut Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Beberapa studi in vitro dan kulit telah menemukan bahwa minyak kelapa memiliki faktor perlindungan dari sinar matahari sebesar 8, sehingga penggunaannya pada rambut dapat bermanfaat.
  • Pengobatan Ketombe. Ketombe dapat disebabkan oleh pertumbuhan berlebih jamur atau khamir pada kulit kepala. Meskipun belum ada studi yang mengkaji secara khusus minyak kelapa, namun minyak ini memiliki sifat antimikroba dan dapat bermanfaat dalam mengobati ketombe.
  • Pencegahan Kerontokan Rambut. Gaya rambut yang berlebihan dapat merusak batang rambut, yang dalam kondisi ekstrem dapat menyebabkan kerontokan rambut. Minyak kelapa dapat membantu menjaga kesehatan rambut Anda dan mencegah hal ini terjadi.

Selain itu, juga diklaim bahwa mengonsumsi minyak kelapa dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut karena kandungan nutrisinya. Namun, masih sedikit bukti yang menunjukkan hal ini secara pasti.

4 dari 6 halaman

Cara Menggunakan Minyak Kelapa Untuk Rambut

Minyak kelapa merupakan salah satu minyak perawatan rambut yang paling serbaguna, dan dapat memberikan manfaat luar biasa sebagai perlindungan sebelum mencuci rambut, kondisioner, bantuan styling, atau masker.

Berikut adalah lima cara sederhana untuk menyegarkan rutinitas perawatan rambut Anda dengan minyak kelapa:

  • Perlindungan sebelum mencuci: Ketika dioleskan sebelum mencuci rambut, minyak kelapa dapat mencegah rambut Anda menyerap terlalu banyak air, yang membantu mengurangi kerusakan dan kekeringan. Cobalah mengoleskan minyak kelapa sekitar 15 hingga 30 menit sebelum mencuci rambut, fokus pada bagian tengah dan ujung rambut Anda.
  • Kondisioner: Minyak kelapa dapat membantu memperkuat batang rambut dan mencegah kerusakan. Anda dapat menggunakan minyak kelapa sebagai alternatif kondisioner standar. Atau tambahkan beberapa tetes minyak ke kondisioner biasa Anda untuk meningkatkan efek pelurusan.
  • Bantuan styling: Hanya dengan sedikit minyak kelapa dapat membantu mengatasi rambut kusut. Untuk penyerapan dan pemakaian yang lebih mudah, pastikan untuk mengoleskan minyak pada rambut yang basah.
  • Masker rambut: Untuk perawatan rambut yang sangat menyehatkan, pijat satu atau dua sendok teh minyak ke dalam rambut Anda. Bilas setelah beberapa jam, atau biarkan semalaman jika rambut Anda sangat kering atau rusak.
  • Perlindungan dari sinar matahari: Selain penggunaan lainnya, minyak kelapa juga dapat membantu melindungi rambut Anda dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (walaupun penelitian lebih lanjut diperlukan).

Berapa Sering Menggunakan Minyak Kelapa untuk Rambut

Studi penelitian menemukan bahwa penggunaan minyak kelapa untuk rambut, sekitar satu atau dua kali seminggu, dapat membatasi kerusakan seperti kerontokan rambut. Untuk hasil terbaik, beberapa ahli perawatan rambut menyarankan penggunaan minyak kelapa beberapa kali seminggu, namun hal ini tergantung pada jenis rambut Anda (penggunaan lebih sedikit mungkin lebih baik untuk rambut halus).

5 dari 6 halaman

Tips untuk Menggunakan Minyak Kelapa dalam Perawatan Rambut

Minyak kelapa dapat memberikan manfaat bagi semua jenis rambut, terutama bagus untuk rambut kering, rusak, atau yang telah diwarnai. Namun, ada beberapa kekhawatiran bahwa penggunaan berulang minyak kelapa dapat menyebabkan kekakuan rambut bagi mereka yang memiliki tekstur rambut kasar.

Untuk memaksimalkan penggunaan minyak kelapa dalam rutinitas perawatan rambut Anda:

  1. Hangatkan minyak terlebih dahulu: Minyak kelapa mungkin lebih mudah digunakan jika Anda memanaskannya sebelum mengoleskannya ke rambut Anda. Masukkan satu sendok teh minyak ke dalam mangkuk dan letakkan di dalam wadah yang sudah diisi dengan air panas dari keran. Minyak kelapa akan menjadi cair dalam beberapa menit. Anda juga dapat meletakkan minyak yang membeku di telapak tangan dan gosokkan tangan Anda bersama-sama untuk melelehkannya. Hindari memanaskan minyak dengan microwave untuk mencegah minyak menjadi terlalu panas.
  2. Buat campuran: Tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender atau peppermint ke minyak kelapa Anda untuk manfaat aromaterapi tambahan. Anda juga dapat mencampur minyak kelapa dengan bahan alami lain yang bergizi untuk rambut seperti yogurt, madu, atau alpukat.
  3. Gunakan pada malam hari: Dibutuhkan waktu bagi rambut untuk menyerap minyak kelapa, jadi jika Anda menggunakan minyak pada pagi hari, rambut Anda dapat terlihat dan terasa berminyak. Sebagai gantinya, aplikasikan pada malam hari, lalu keramas pada pagi hari.
  4. Oleskan secara ringan: Meskipun relatif ringan, minyak kelapa dapat membuat rambut terasa berat jika digunakan terlalu banyak. Untuk menghindari penumpukan, mulailah dengan jumlah kecil—tidak lebih dari satu sendok teh—dan pijat lembut minyak ke rambut Anda, mulai dari bagian tengah hingga ujung. Jika Anda memiliki rambut tebal, Anda mungkin dapat menggunakan sedikit lebih banyak.
  5. Jangan menghalangi kulit kepala Anda: Beberapa orang menemukan bahwa mengoleskan minyak kelapa langsung pada kulit kepala dapat mengurangi kekeringan. Namun, sebagian orang mengalami masalah seperti iritasi dan pori-pori tersumbat. Jika Anda belum pernah menggunakan minyak kelapa di kulit kepala Anda, mulailah dengan jumlah minimal sampai Anda mengetahui bagaimana reaksi kulit Anda.
  6. Keramas dua kali: Ketika tiba waktunya untuk menghilangkan minyak kelapa dari rambut Anda, mungkin diperlukan aplikasi shampoo kedua untuk menghilangkan rasa licin.
  7. Bergantian dengan minyak lain: Jika Anda memiliki rambut kasar, mungkin membantu untuk menggunakan minyak kelapa secara bergantian dengan minyak lain, seperti argan, alpukat, atau castor.
6 dari 6 halaman

Kelemahan Minyak Kelapa

Salah satu kelemahan penggunaan minyak kelapa untuk rambut adalah adanya risiko bagi orang yang alergi terhadap kelapa. Orang yang memiliki alergi terhadap kelapa dapat mengalami reaksi alergi saat menggunakan minyak kelapa untuk rambut. Banyak kasus alergi kelapa melibatkan paparan terhadap shampo atau produk perawatan pribadi lainnya yang mengandung minyak kelapa, yang menyebabkan dermatitis kontak alergi.

Selain itu, minyak kelapa dapat membuat rambut halus menjadi terasa berat dan tampak kusam, datar, dan berminyak. Penggunaan berlebihan juga dapat membuat rambut kasar menjadi kaku, sehingga hindari penumpukan. Beberapa orang juga mengalami pori-pori tersumbat dengan penggunaan minyak kelapa.

 

Cara Memilih Minyak Kelapa yang Tepat

Ketika berbelanja untuk minyak kelapa terbaik untuk rambut, pilihlah varietas yang tidak diolah (biasanya disebut minyak virgin atau extra-virgin). Jika memungkinkan, pilihlah produk organik dan dipanen secara berkelanjutan.

Minyak Kelapa Tidak Diolah

  • Berasal dari pemerasan pertama kelapa segar
  • Tidak ada bahan kimia yang ditambahkan
  • Memiliki aroma khas kelapa

Minyak Kelapa Diolah

  • Dihasilkan dari biji kelapa kering
  • Dideodorisasi dan diputihkan dalam serangkaian proses
  • Produk cold-pressed adalah pilihan yang baik karena minyak-minyak ini tidak menggunakan panas atau bahan kimia dalam ekstraksi.

Cari produk seperti The Garden of Life Raw Extra Virgin Coconut Oil atau Dr. Bronner’s Organic Virgin Coconut Oil. Produk-produk ini membawa simbol-simbol di label mereka yang menjamin minyak berkualitas tinggi (misalnya, label Fair Trade Certified atau non-GMO verified).

Dengan memilih minyak kelapa yang tepat, Anda dapat meminimalkan risiko kelemahan penggunaan minyak kelapa untuk rambut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.