Sukses

4 Fakta Meninggalnya Aktor Senior Dorman Borisman, Jadi Duka Mendalam

Dorman Borisman akan dimakamkan hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aktor senior Dorman Borisman diketahui meninggal dunia pada Selasa (7/5/2024) malam di kediamannya.

Dorman Borisman dikonfirmasi meninggal dunia pada pukul 19.18 WIB di Rumah Sakit Moh Ridwan Meuraksa, Jakarta Timur. Dikutip Liputan6.com dari Kapanlagi.com, Rabu (8/7/2024), sang sahabat sekaligus aktor, Eddie Karsito mengonfirmasi kabar tersebut. Bahkan, dirinya juga mengungkapkan jika Dorman Borisman sebelumnya sering keluar masuk rumah sakit.

Kabar meninggalnya Dorman Borisman ini tentu mengejutkan pihak keluarga, rekan artis serta masyarakat lainnya. Terlebih, almarhum merupakan salah satu aktor lawas yang seirng bermain dalam berbagai judul film populer era 90an hingga 2000an awal.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait Dorman Borisman, Rabu (8/5/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Terkena stroke

Eddie Karsito mengungkapkan jika Dorman Borisman tengah menjalani penobatan rutin sebelum meninggal dunia. Penyakit komplokasi yang ia dideritanya pun telah cukup lama.

Sebelum memiliki berbagai komplikasi, Dorman Borisman diketahui sempat terkena stroke sebanyak dua kali. Pada serangan stroke kedualah yang membuat kondisi kesehatannya cukup buruk.

"Abang ini pertama kena stroke. Pertama aman, stroke kedua bikin kondisinya kurang membaik jadi rawat jalan. Abang penyakitnya nggak cuma satu, ada gula, terindikasi anemia," ujar Eddie seperti yang dikutip Liputan6.com dari Kapanlagi.com. Rabu (8/5/2024).

Tak hanya itu saja, rupanya sejak 2023 lalu, Dorman Borisman juga sudah mulai kesulitan untuk berkomunikasi. Dirinya hanya bisa berinteraksi dengan gesture tubuh dalam kondisi yang terbatas.

3 dari 5 halaman

2. Baru jalani amputasi di kaki

Kondisi kesehatan Dorman pun diketahui semakin memburuk karena penyakit diabetes. Bahkan, Eddie mengungkapkan jika kaki dari almarhum baru saja diamputasi tiga hari lalu karena penyakit gula.

"Sejak puasa kemarin kondisi naik turun. Jempol kakinya membengkak dan membiru akibat gula lalu disarankan amputasi. Baru sekitar tiga hari yang lalu dioperasi, kaki yang kanan diamputasi. Dari amputasi sampai tadi meninggal di ICU," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

3. 50 tahun berkarya

Dorman Borisman sendiri dikenal sebagai salah satu aktor senior. Namanya bahkan semakin begitu populer karena membintangi berbagai film hingga serial populer sejak 1970. Hal ini pun membuatnya telah berkarya selama hampir 50 tahun di dunia hiburan Tanah Air.

Bahkan, namanya semakin populer usai bermain dalam film Manusia 6.000.000 Dollar bersama dengan Warkop DKI pada 1981. Tak hanya itu saja, dirinya juga dikenal berkat serial Saras 008 hingga berbagai film horor bersama mendiang Suzzana.

5 dari 5 halaman

4. Pemakaman Dorman Borisman

Jenazah Dorman Borisman diketahui disemayamkan di rumah duka yang ada di Kelurahan Dukuh Kramat Jati, Jakarta Timur.  Jenazah Dorman sendiri diketahui disholatkan di Masjid Ar-Raudhan, Kramat Jati, Jakarta Timur pada hari ini.

Almarhum Dorman Borisman pun diketahui meninggal dunia di usia 73 tahun. Meski telah tiada, karya-karya almarhum pun akan selalu dikenang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.