Sukses

Viral, Koran Tahun 1970 Ini Prediksikan Gerhana Matahari Pada April 2024

Foto koran 1970 ini menjadi viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Pada hari ini (8/4/2024), gerhana matahari total diprediksi akan terjadi. Fenomena alam ini diketahui akan melanda seluruh Amerika Utara dan bisa dilihat oleh puluhan juta orang.

Setiap tahunnya dua gerhana matahari dapat terjadi. Akan tetapi pada titik tertentu di Bumi, gerhana matahari hanya dapat terjadi setiap 375 tahun sekali. Hal ini juga diungkapkan oleh John Gianforte selaku direktur Observatorium Universitas New Hampshire kepada Time seperti yang dilansri Liputan6.com, Senin (8/4/2024).

Fenomena gerhana matahari total ini juga diramalkan menjadi peristiwa yang begitu berharga bagi ilmu pengetahuan. Bahkan, Profesor fisika di Portland Community College, Toby Dittrich, berencana melakukan eksperimen Eddington versi modern selama berlangsung gerhana.

Namun, rupanya gerhana matahari total yang terjadi pada 8 April 2024 ini telah diprediksi pada 1970. Dirangkum Liputan6.com dari akun X (Twitter) @rainmaker1973, Senin (8/4/2024) rupanya sebuah surat kabar yang terbit 1970 dan berbasis di Ohio, Amerika Serikat telah mengabarkan gerhana matahari total tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Telah diprediksi 54 tahun lalu

Dalam laporan surat kabar bernama Inside The Journal, gerhana matahari total akan bisa dilihat di Amerika Utara dan Amerika Tengah. Potret surat kabar ini pun langsung viral di media sosial.

Terlebih, dalam potongan surat kabar tersebut memiliki judul "Jutaan Orang Menyaksikan Gerhana; Fenomena Selanjutnya pada Tahun 2024". Potongan kliping ini juga dibagikan di jaringan komunitas Reddit Fleegle1834 yang langsung menarik perhatian banyak netizen.

3 dari 3 halaman

Respons netizen

Unggahan potongan koran dengan prediksi gerhana matahari total ini pun menjadi viral. Bahkan, foto yang diunggah oleh akun X @rainmaker1973 ini mendapatkan banyak respons netizen.

"Aku sangat menyukai informasi yang bersejarah seperti ini" ujar akun @Herbmer.

"Ini mengagumkan. Informasi ini berasal dari koran 1970" ujar akun @masndut_ganteng.

"Pada generasi itu mereka pasti berpikir jika 2024 merupakan waktu yang lama" ujar @Lucy_f

"Aku berpikir jika prediksi-prediksi seperti ini cukup legendaris" ujar @thatxinterestin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.