Sukses

6 Fakta Menarik Tentang Bulan Maret, Lambang Cinta dan Kasih Sayang

Ada delapan fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang bulan Maret.

Liputan6.com, Jakarta Satu tahun terdiri dari 12 bulan. Rupanya, setiap bulan punya makna tersendiri. Kini, kita sedang berada di bulan Maret. Tahukah kamu fakta menarik tentang bulan Maret ini? Ada beberapa fakta yang bisa kamu ketahui sebelum bulan ini berakhir. 

Dilansir Liputan6.com dari Oddee, Rabu (20/3/2024), pertama, bulan Maret memiliki dua bunga kelahiran, jonquil dan daffodil. Menariknya, semua jonquil adalah daffodil, tetapi tidak semua daffodil adalah jonquil. Jonquils melambangkan cinta dan kasih sayang, sedangkan daffodil melambangkan harapan dan kelahiran kembali.

Kedua, bulan Maret juga punya dua batu kelahiran, aquamarine dan bloodstone. Aquamarine adalah jimat keberuntungan bagi para pelaut Romawi, karena dipercaya dapat melindungi mereka di laut lepas.

Yang lain menganggapnya sebagai batu yang dapat membantu menenangkan emosi, mencegah keracunan, dan meningkatkan kemungkinan pencerahan. Bloodstone di sisi lain dikaitkan dengan keberanian dan vitalitas, kembali ke Abad Pertengahan dan legenda Kristen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertumbuhan dan Transformasi Baru

Fakta menarik ketiga bulan Maret, adanya pertumbuhan dan transformasi baru. Antara musim dingin dan musim semi adalah waktu yang tepat untuk transformasi dan pertumbuhan baru.

Hewan-hewan terbangun dari hibernasi dan orang-orang di seluruh dunia merayakannya dengan perayaan musim semi. Maret juga memulai tahun astrologi baru, dari musim Pisces hingga Musim Aries.

Namun, bulan Maret juga disebut produktivitas terburuk. Ini ada pada fakta keempat. Khususnya bagi pencinta bola basket, bulan Maret khususnya March Madness adalah waktu terendah untuk produktivitas.

Perusahaan Gray & Christmas mengatakan bahwa perusahaan di AS kehilangan produktivitas sekitar $13,3 miliar selama turnamen. Namun, baiknya bulan Maret menjadi bulan bola basket terbaik.

 

3 dari 3 halaman

Dinamakan Setelah Mars

Fakta kelima, nama bulan Maret diambil dari nama Martius, juga dikenal sebagai Mars, dewa perang Romawi. Saat salju musim dingin dan hawa dingin mulai mencair, meninggalkan tanah subur untuk panen di belahan bumi utara, bulan Maret adalah bulan yang tepat untuk melanjutkan pertanian dan para pejuang untuk terus berperang.

Selain itu, semua operasi militer besar yang dipimpin AS-NATO sejak invasi Vietnam telah dimulai pada bulan Maret.

Keenam, Maret sebagai bulan pertama. Kok bisa? Jika lahir sebelum tahun 150 SM, maka ulang tahun akan jatuh pada bulan pertama tahun tersebut. Kalender Romawi tertua terdiri dari 10 bulan, dimulai pada bulan Maret dan berakhir pada bulan Desember.

Sebagai bulan terakhir, Desember dinamai berdasarkan angka 10, decem, dalam bahasa Latin, dan September dinamai berdasarkan angka ketujuh, septem. Bulan Januari dan Februari adalah pengecualian dan di masa lalu, bulan-bulan tersebut hanyalah bulan-bulan tanpa nama yang disebut 'musim dingin'.

Tampaknya, musim dingin telah menjadi musim yang dibenci sejak awal. Ini pasti menjadi salah satu fakta menarik di bulan Maret yang paling mengejutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.