Sukses

5 Fakta Unik Iklan RCTI Oke Zaman Dahulu, Sebagian Besar Kru WNA

Sederet fakta iklan RCTI Oke yang dapat menjawab rasa penasaran.

Liputan6.com, Jakarta Iklan RCTI Oke zaman 90-an sangat legendaris. Anak 90-an tentunya familiar dengan sederet iklan RCTI Oke tersebut hingga terkenang sampai saat ini. Beberapa iklan RCTI Oke yang legendaris adalah RCTI Oke di sawah, di lapangan bola hingga di pasar terapung.

Iklan RCTI Oke 90-an ini menggambarkan keindahan di setiap wilayah Indonesia. Tak sedikit netizen yang nostalgia zaman 90-an hingga 2000-an melihat cuplikan iklan RCTI Oke zaman dulu.

Konsepnya yang unik dan terlihat seperti pakai terknologi canggih bikin publik bertanya-tanya. Pasalnya zaman dahulu teknologi belum secanggih zaman sekarang yang serba ada dan memudahkan.

Sutradara atau pembuat iklan RCTI Oke legendaris, Irfan Wahid menjawab soal rasa penasaran masyarakat tentang bagaimana membuat iklan RCTI Oke dengan konsep menarik sedemikian rupa.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta iklan RCTI Oke legendaris, Selasa (27/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Iklan RCTI Oke Sawah

Iklan RCTI Oke di sawah ini diproduksi tahun 1995 di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Dalam thread di X pribadinya, Irfan Wahid menjelaskan secara runtut proses syuting iklan tersebut di sawah.

Pengambilan gambar yang epik diambil pakai helikopter dengan kamera film 35 mm. Lantaran tak bisa berkomunikasi dengan pilot dan kameramen, semua dilakukan dengan insting. 

3 dari 6 halaman

2. Iklan RCTI Oke di GBK

GBK rupanya menjadi salah satu tempat syuting iklan RCTI Oke. Diungkapkan oleh Irfan Wahid, syuting iklan RCTI di GBK menjadi yang paling menantang karena pada saat itu belum ada drone dan harus menggunakan helikopter.

4 dari 6 halaman

3. Iklan RCTI di Pasar Terapung

Selain konsepnya, sosok Ibu RCTI Oke juga sangat terkenang dan diingat oleh masyarakat. Beliau adalah Hj. Noor Parida yang sudah meninggal dunia pada 25 Juni 2020 lalu di Banjarmasin di usia 66 tahun.

Suasana di pasar terapung sangat menggambarkan Indonesia. Iklan RCTI Oke di saawah dan GBK menggunakan helikopter, iklan RCTI Oke di pasar terapung ini menggunakan steadycam dengan kamera 35 mm. Steadycam adalah alat tambahan pada kamera untuk merekan sebuah adegan yang bergerak secara stabil.

5 dari 6 halaman

4. Iklan RCTI Oke Rumah Gadang

Iklan RCTI Oke rumah gadang ternyata syuting di Taman Mini. Kru dan semua yang terlibat berhasil menciptakan suasana bak di Padang Panjang. Dijelaskan oleh Irfan Wahid, TV di dalam rumah dalam keadaan mati dan hanya menggunakan green screen.

Dijelaskan Irfan di postingan lainnya, RCTI Oke 'Rumah Gadang' dibuat dua versi. Versi kedua diketahui tayang pada 2006. Dalam versi kedua, anak yang manjat rumah diceritakan sudah besar.

"Kalau ini versi kedua RCTI OK ‘Rumah Gadang’ yang saya sutradarai tahun 2006. Konsepnya ceritanya si anak (yg manjat rumah lumbung di versi pertama) sudah besar, sukses dan pulang kampung. Lokasi sama di TMII, syuting 35mm dgn steadycam," tulis Irfan di unggahan lanjutannya.

6 dari 6 halaman

5. Sebagian Besar Kru WNA

Dijelaskan oleh Irfan Wahid di thread X yang dibuatnya, sebagian besar kru dalam pembuatan iklan tersebut adalah WNA karena minimnya SDM di Indonesia yang menguasai bidang tersebut pada kala itu.

Ditambahkan oleh Irfan Wahid, sutradara iklan RCTI Oke adalah orang Inggris dan kameramennya adalah orang Australia. Sementara Executive Produsernya adalah Mira Lesmana.

"Sutradaranya org Inggris, kamerawan Australi, exc producer Mbak Mira Lesmana. Saya gak jongos2 amat lah… merangkap 3 jabatan (paket hemat) 😃: line producer, penata artistik dan asisten sutradara 🤣," tulis Irfan Wahid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.