Sukses

4 Hewan Lambang Cinta, Merpati hingga Angsa Ada Dalam Daftar

Merpati adalah simbol perdamaian sepanjang tahun, tetapi juga dilambangkan sebagai pokok cinta pada hari Valentine yang romantis.

Liputan6.com, Jakarta - Merpati adalah simbol perdamaian sepanjang tahun. Selain itu juga menjadi tautan cinta pada hari Valentine yang romantis.

Mengapa burung-burung ini menjadi lambang cinta? Berikut penjelasannya dilansir dari livescience.com, Rabu, (15/2/2023).

Burung merpati dilambangkan sebagai bentuk cinta sejak abad pertengahan, ketika orang-orang meyakini bahwa semua burung memilih pasangannya pada Hari Valentine. Meskipun beberapa burung kawin selama pertengahan Februari, termasuk jenis mistle thrush, blackbird dan partridge, sebagian besar musim kawin unggas berlangsung selama musim semi dan musim panas.

Merpati dipilih untuk mewakili romansa karena mitologi Yunani mengaitkan burung putih kecil itu dengan Aphrodite, dewi cinta yang dikenal dalam mitologi Romawi sebagai Venus. 

Aphrodite atau Venus sering digambarkan dengan burung merpati yang beterbangan di sekelilingnya atau bertumpu pada tangannya. 

Merpati juga mewakili hubungan monogami dan kesetiaan dalam hubungan berkualitas pada kencan Valentine karena mereka cenderung setia dengan pasangan yang sama selama musim kawin. Mungkin inilah alasan mengapa unggas ini diidentikkan menjadi lambang cinta.

Sejumlah sumber juga menyebut merpati melambangkan buah persik dan cinta, simbol universal untuk keharmonisan.

Alasan lain yang mendukung unggas itu sebagai simbol cinta, adalah merpati jantan yang membantu betina mengerami telur dan merawat anak. Dari situ, citra sebagai burung yang berbakti dan penyayang pun mengemuka. 

Reputasi merpati sebagai simbol cinta begitu kuat sejak dahulu kala, sehingga konon banyak resep ramuan cinta yang populer pada abad pertengahan membutuhkan hati seekor unggas jenis tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hewan Simbol Cinta Selain Merpati

Ternyata selain burung merpati, ada juga hewan lainnya yang menjadi lambang cinta. Hewan-hewan ini disebut sebagai pembawa keberuntungan di dunia percintaan, yang melambangkan kisah cinta kedua pasangan. Berikut ini daftar lima hewan yang melambangkan cinta dilasir dari natureworldnews.com:

1. Lumba-lumba

Banyak yang menganggap mamalia laut ini sebagai pembawa pesan cinta. Selain dikaitkan dengan Delphi dan Aphrodite atau Dewi Cinta dalam Mitologi Yunani.

Gambar lumba-lumba yang ditemukan di jangkar atau trisula melambangkan kekuatan penuntun yang membantu orang mencapai cinta sejati mereka dengan selamat. 

Lumba-lumba adalah tanda keselamatan karena kehadirannya dalam cerita tentang menyelamatkan nelayan yang tenggelam atau orang lain yang bermasalah di laut. 

Banyak orang yang mengarungi perairan sering melihat lumba-lumba sebagai tanda keberuntungan. Lumba-lumba yang mengikuti perahu nelayan juga disebut sebagai pembawa keberuntungan.

Orang-orang yang pasangannya bekerja di laut sering menganggap kehadiran lumba-lumba sebagai cinta. Karena umumnya para lumba-lumba membimbing dan melindungi orang yang mereka cintai. 

2. Angsa

Hewan ini sering dikaitkan dengan cinta, ketulusan, dan kemurnian. Legenda Celtic menyatakan bahwa angsa dijadikan medali perak untuk perlindungan.

Unggas ini juga dikenal sebagai salah satu spesies unggas paling romantis di dunia. Angsa adalah salah satu dari sedikit hewan yang menganut monogami versi kerajaan hewan. 

Kebanyakan angsa kawin dengan satu pasangan selama sisa hidup mereka. Ada alasan mengapa banyak wahana taman "romantis" dirancang seperti angsa.

3. Kuda 

Simbol kuda hadir di sebagian besar dunia,dari pertanda sederhana hingga lambang perang. Tapi, mereka juga melambangkan cinta. 

Ini adalah simbol kepraktisan dan cinta, seperti yang terlihat pada lambang kuda zodiak China. Kelt yang mengasosiasikannya dengan Kuda juga mewakili Epona (dewi kuda), yang juga dikaitkan dengan cinta, kesuburan, dan kelimpahan. 

Legenda Mesopotamia menceritakan bahwa seekor kuda telah menarik matahari dan kuda itu mewujudkan cinta bumi karena cahaya dan kehangatannya memberi kehidupan bagi semua makhluk.

4. Kepik

Dikenal sebagai jimat keberuntungan dan sebagai tanda kasih sayang. Kepik sering diasumsikan jika manusia menangkapnya, maka manusia tersebut akan menjadi tuannya sampai kepik tersebut dilepaskan kembali.

Serangga itu akan membisikkan nama kita terus menerus di telinga orang yang kita cintai. Petani percaya bahwa kehadiran kepik melambangkan kelimpahan dan kemakmuran.

Menurut orang-orang yang percaya pada spiritualitas, bintik kepik menentukan berapa lama keinginan kekasih kita akan terwujud. 

 

3 dari 4 halaman

6 Bunga Lambang Kasih Sayang Saat Valentine

Selain hewan yang melambangkan cinta, ternyata bunga juga bisa melambangkan kasih sayang, beberapa bunga ini juga sering diberikan pada saat perayaan hari kasih sayang sebagai kado, berikut enam jenis bunga lambang kasih sayang yang cocok mewarnai hari Valentine.

1. Mawar 

baik setangkai atau dirangkai menjadi buket bunga, mawar selalu jadi pilihan populer untuk menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang, termasuk di momen Valentine. Selain itu, mawar punya aneka warna yang menawan.

Mawar merah mungkin jadi yang paling sering Anda lihat. Namun tak hanya merah, warna yang lebih soft seperti merah muda, putih atau peach juga dapat Anda temui.

2. Lily

Bunga lily atau lili berbentuk mekar dan kelopak bunganya terkadang sedikit menjuntai ke bawah. Terdapat empat warna bunga lily yang umumnya bisa Anda temui, yaitu putih, merah, kuning dan jingga.

Bunga lily putih biasanya digunakan saat pernikahan. Digenggam oleh pengantin wanita, bunga lily putih mencerminkan keanggunan dan elegan. Sangat serasi jika dipadukan dengan gaun pengantin berwarna putih.

3. Tulip

Tulip juga punya kesan yang berbeda. Kelopak bunga tulip lebih lonjong, kaku, tebal dan terkatup lebih rapat. Tulip juga punya beragam warna mulai dari merah, merah muda, jingga, ungu, putih dan kuning.

Bunga yang jadi ciri khas negara Belanda ini termasuk tanaman berumbi dalam keluarga lily. Jenisnya mencapai kurang lebih 75 varietas. Tulip jadi pilihan bunga yang cocok untuk menyampaikan rasa sayang Anda kepada orang terkasih.

4. Anyelir

Bunga Anyelir berasal Kolombia, tepatnya di daerah Bogota. Bunga ini juga bisa Anda pakai sebagai simbol untuk menunjukkan kasih sayang. Anyelir juga salah satu bunga yang spesial karena dipakai sebagai simbol dari negara Spanyol, Slovenia, dan juga Monako.

Dengan kelopak bunga yang menumpuk, anyelir menjadi bunga yang paling sulit untuk dirangkai. Anyelir punya banyak warna yang mengandung arti. 

Seperti anyelir merah muda bermakna cinta abadi seorang ibu dan kekaguman, anyelir putih melambangkan kemurnian dan keberuntungan, dan anyelir merah tua melambangkan cinta yang mendalam. Disarankan untuk tidak memilih anyelir berwarna kuning karena berarti kekecewaan. 

5. Bunga Matahari

Terkesan berbeda dan lebih berani. Anda juga dapat memberikan bunga matahari pada orang yang Anda cintai. Bunga ini sosok untuk karakter orang-orang yang energik, penuh semangat dan karakter yang ceria.

Bunga matahari berarti 'I only see you' yang bermakna si penerima bunga adalah satu-satunya di hati. Kelopak yang lebar dari bunga ini melambangkan kebahagiaan, kekaguman, dan umur yang panjang.

6. Anggrek

Anggrek juga merupakan bunga yang bermakna spesial. Bunga yang biasanya ditaruh dala pot gantung ini melambangkan kemewahan, keindahan dan kekuatan.

Anggrek ungu bisa jadi pilihan untuk orang terkasih saat Valentine karena berkesan elegan selain itu juga mudah ditemukan. Anda juga bisa memilih anggrek bulan sebagai simbol keindahan, kepolosan, kelembutan serta kebaikan.

Warna pada anggrek juga memiliki arti. Seperti anggrek merah muda yang bermakna kasih sayang murni. Anggrek kuning atau yang biasa dikenal dengan golden shower bermakna keanggunan. 

4 dari 4 halaman

3 Kue Tradisional Indonesia yang Dianggap Sebagai Lambang Cinta

Ungkapkan cinta tidak harus selalu dilambangkan dengan bunga, hewan, atau coklat. Ternyata lambang cinta juga bisa dilambangkan dengan kue. Indonesia sendiri mempunyai beberapa kue yang dilambangkan dengan cinta, berikut daftarnya yang bisa menjadi inspirasi hadiah di hari Valentine:

1. Jenang

Jajanan tradisional jenang sering kali dijumpai saat acara pernikahan khususnya adat Jawa. Bukan tanpa sebab, karena jenang memiliki filosofi khusus yang berhubungan dengan sepasang kekasih. Proses pembuatan jenang yang lama dan perlu kesabaran, mengandung makna tentang sebuah hubungan yang harus dibina penuh kesabaran agar tidak mudah putus dan saling meninggalkan. Sementara tekstur jenang yang lengket adalah sebuah simbol agar sepasang kekasih selalu bersama dan berusaha menjaga hubungan.

 2. Kue Lapis

Selain jenang, di acara pernikahan kita juga sering kali menemui kue lapis. Kue warna-wani yang cantik ini terbuat dari bahan baku utama tepung beras,dengani cita rasa yang manis. Ternyata kue ini juga dianggap memiliki makna sebagai keeratan cinta dari sepasang kekasih.

3. Kue Cucur

Kue Cucur yang memliki tekstur lembut dengan rasa manis yang nikmat, membuatnya banyak di idolakan masyarakat Indonesia. Meskipun dikenal sebagai salah satu jajanan tradisional, ternyata kue cucur tak hanya ditemui di Indonesia lho! Di Thailand kue ini juga dihidangkan dalam acara pernikahan. Bentuknya yang menyerupai bunga lotus membuat masyrakat Thailand percaya bahwa kue ini sebuah lambang cinta yang menyimpan harapan agar kehidupan sepasang kekasih dapat selalu tumbuh bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.