Sukses

Wanita Ini Bagikan Pengalaman Parkir Mobil Dekat Lubang Tikus, Ventilasi AC Jadi Sarang

Ancaman di dekat lubang tikus

Liputan6.com, Jakarta Lahan parkir menjadi kebutuhan pokok sebuah tempat umum. Tak sedikit pengendara kebingungan jika tak ada tempat parkir. Alhasil parkir tak sesuai aturan hingga rawan terjadinya kejahatan. Namun bukan hanya kejahatan manusia, memarkir mobil misalnya, harus aman dari tikus.  

Sebuah video TikTok telah menggemparkan jagad maya belakangan ini, di mana pengguna dengan akun @bengtures membagikan peringatan serius tentang bahaya parkir mobil di dekat area yang banyak dihuni oleh tikus.

Saat dikonfirmasi  World Of Buzz, Beng, sang pembuat konten, menjelaskan bahwa tujuannya membuat video tersebut adalah untuk menyampaikan pengalaman pribadinya kepada khalayak yang mungkin belum menyadarinya.

"Sebagai seorang pembuat konten, ide selalu muncul tak kenal waktu," kata Beng sambil tersenyum.

Dia pun membeberkan serangkaian alasan mengapa parkir di area tikus bukanlah keputusan yang bijak. Bukan rahasia lagi bahwa tikus bukan hanya pembawa penyakit, tetapi juga bisa menghuni mobil dan merusak kabel-kabel di dalamnya.

Berikut Liputan6.com merangkum pengalaman mengerikan parkir dekat sarang tikus melansir dari World Of Buzz, Senin (18/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tikus di Lubang Mengintip ke Arah Mobil

Beng juga membagikan pengalaman menakutkan yang dialami istri seorang teman, yang merasakan gerakan di dalam mobilnya saat sedang berkendara. Awalnya, mereka tidak tahu apa yang menyebabkan hal itu, hingga kemudian terungkap bahwa seekor tikus telah melahirkan bayi di ventilasi AC mobil tersebut.

Dalam video tersebut, Beng dengan penuh dramatis menceritakan momen di mana ia menyaksikan seekor tikus mengintip dari dalam mobil yang diparkir sembarangan di dekat sarang tikus di kota Petaling Jaya, Selangor, Malaysia. Insiden ini membuatnya tak bisa tinggal diam; Beng meninggalkan pesan untuk pengemudi lain, memberi tahu mereka tentang bahaya yang mengintai.

"Saya sangat terkejut melihat betapa banyaknya tikus di sana. Tapi saya tidak bermaksud menyebarkan rasa takut; saya hanya ingin berbagi pengetahuan dengan mereka yang mungkin belum menyadarinya," ujarnya dengan tegas.

Reaksi pun membanjiri kolom komentar video tersebut. Netizen berbondong-bondong untuk berbagi pengalaman mereka sendiri serta memberikan pandangan tentang situasi yang mengkhawatirkan di tempat parkir tersebut.

3 dari 3 halaman

Kelamaan Parkir Jadi Sarang Tikus

Pemilik mobil harus mempertimbangkan dengan matang sebelum meninggalkan kendaraan mereka terparkir dalam waktu yang lama, selain memilih lokasi parkir yang aman.

Sugiartono, Technical Manager dari PT Sokonindo Automobile (DFSK), menyoroti pentingnya mencegah tikus masuk ke dalam mobil yang terparkir, mengingat mobil yang ditinggalkan dalam waktu yang lama rentan menjadi sarang bagi hewan pengerat.

"Hewan pengerat dan serangga cenderung suka berada di tempat yang lembab, gelap, dan sepi dari kehadiran manusia. Ruang mesin atau kabin mobil yang dibiarkan terparkir dalam waktu lama memenuhi kriteria tersebut," ungkap Sugi mengutip dari kanal Islami Liputan6.com.

Berikut adalah beberapa tips mudah untuk mencegah tikus bersarang di mobil yang terparkir:

1. Pilihlah tempat parkir dengan bijaksana, hindari tempat-tempat yang lembab, dekat dengan tempat sampah, atau saluran air, karena tempat-tempat tersebut sering dijadikan sarang tikus.

2. Sesekali panaskan mesin kendaraan dan gunakan untuk beberapa saat agar mesin tetap berfungsi dengan baik. Jika tidak memungkinkan untuk digunakan, pemilik dapat memajukan dan mundurkan kendaraan untuk beberapa saat.

3. Rutin panaskan mesin dan buka ventilasi udara ke kabin jika mobil terpaksa diparkir dalam waktu yang lama.

4. Gunakan pengharum yang kuat untuk mengusir tikus agar tidak bersarang di dalam mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.