Sukses

World Sleep Day 2024 Diperingati 15 Maret, Penderita Insomnia Dapat Dukungan

World Sleep Day adalah peringatan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya tidur bagi kesehatan, serta meningkatkan kewaspadaan akan gangguan tidur.

Liputan6.com, Jakarta World Sleep Day merupakan perayaan global yang diadakan setiap tahun, untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya tidur yang nyenyak. World Sleep Day 2024 jatuh pada tanggal 15 Maret, di mana acara ini dirancang untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya tidur berkualitas. 

Tidur yang baik sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental. Tidur yang cukup membantu mempertahankan fungsi otak yang optimal, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, hingga atasi penyakit jantung dan obesitas.

Pada Hari Tidur Sedunia atau World Sleep Day 2024, dunia akan bersatu untuk menjadikan tidur yang baik sebagai prioritas. Dengan tema "Tidur sehat, masa depan sehat", perayaan ini akan menyoroti pentingnya membangun kebiasaan tidur yang baik. Berbagai organisasi, lembaga kesehatan dan masyarakat umum juga akan ikut berpartisipasi dalam berbagai acara dan kampanye. 

World Sleep Day 2024 menjadi kesempatan yang baik bagi kita semua, untuk memahami pentingnya tidur yang berkualitas. Mari kita gunakan kesempatan ini, untuk menciptakan kebiasaan tidur yang baik dan mengedukasi orang lain tentang manfaatnya.

Tidur yang cukup dan berkualitas membantu kita menghadapi tantangan harian dengan lebih baik, serta memastikan kita dapat menikmati hidup yang sehat dan penuh energi. Berikut ini sejarah World Sleep Day yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/3/2024). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

World Sleep Day

Hari Tidur Sedunia pertama kali diresmikan pada tahun 2008. World Sleep Day muncul sebagai hasil kolaborasi antara sekelompok penyedia layanan kesehatan, dan profesional medis yang menaruh perhatian khusus pada isu-isu seputar tidur. Inisiatif ini muncul sebagai respons terhadap ketidaksepakatan di kalangan peneliti, tentang pentingnya tidur sebagai faktor kunci dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan individu.

Tujuan utama Hari Tidur Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola tidur yang sehat dan menciptakan panggung bagi dialog global tentang topik ini. Organisasi nirlaba World Sleep Society (WSS), berbasis di Amerika Serikat memainkan peran sentral dalam menyelenggarakan peringatan tahunan ini. Dengan keanggotaan global yang melibatkan lebih dari 80 negara, WSS berkomitmen untuk menjangkau dan mendidik masyarakat secara luas tentang pentingnya tidur yang memadai.

Tidak seperti beberapa perayaan lain yang memiliki tanggal tetap, Hari Tidur Sedunia sering kali dirayakan pada hari Jumat sebelum jatuhnya equinox musim semi. Equinox musim semi yang terjadi ketika matahari tepat di atas garis ekuator, menandai awal musim semi di belahan bumi utara. Keputusan untuk memilih hari ini tanggal 15 Maret 2024, mencerminkan upaya untuk menghubungkan perayaan dengan perubahan alam dan siklus hidup.

Tema tahun ini, "Tidur Penting untuk Kesehatan," menyoroti urgensi masalah ini dalam konteks kesehatan modern. Dengan lebih dari 155 acara tahunan yang tersebar di seluruh dunia dan diikuti oleh lebih dari 70 negara, peringatan World Sleep Day 2024 memberikan platform untuk berbagai diskusi, tentang masalah tidur, penyuluhan dan solusi terkait. Ini juga menjadi momen bagi individu yang menderita gangguan tidur serius, untuk mendapatkan dukungan dan informasi yang mereka perlukan. Isu-isu yang dibahas dalam perayaan Hari Tidur Sedunia meliputi berbagai gangguan tidur mulai dari yang ringan hingga yang parah, serta implikasi sosialnya dalam kehidupan sehari-hari. Menurut American Sleep Association, puluhan juta orang di seluruh dunia menderita berbagai gangguan tidur, termasuk insomnia yang mempengaruhi kesehatan dan produktivitas mereka secara signifikan.

 

3 dari 4 halaman

Cara Merayakan Hari Tidur Sedunia

Merayakan Hari Tidur Sedunia dapat menjadi momen yang bermakna dan memberi kesempatan untuk merenungkan praktik tidur yang sehat. Berikut adalah beberapa cara untuk merayakan Hari Tidur Sedunia dengan memberikan perhatian khusus pada pentingnya tidur yang berkualitas:

Tidur Siang yang Terjadwal

Jadikan Hari Tidur Sedunia sebagai kesempatan untuk menikmati tidur siang yang menyegarkan. Anda bisa mengambil cuti dan tidur sepuasnya di siang hari, atau bahkan cukup dengan tidur selama 20 menit saat istirahat makan siang di tempat kerja. Ini akan membantu memperbarui energi dan menjaga kewaspadaan Anda.

Praktik Kebersihan Tidur

Merawat tidur dengan penuh kesadaran sama pentingnya dengan menjaga kebersihan tubuh. Proses kebersihan tidur, seperti menetapkan rutinitas tidur yang konsisten, berolahraga secara teratur, mengurangi konsumsi kafein, dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, dapat membantu menyiapkan tubuh dan pikiran untuk tidur yang berkualitas.

Unduh Aplikasi Tidur

Manfaatkan teknologi dengan mengunduh aplikasi tidur yang tersedia untuk membantu menenangkan pikiran dan mengukur kualitas tidur Anda. Aplikasi seperti Slumber, Calm, Sleep Cycle, dan Reflectly dirancang khusus untuk membantu meningkatkan kualitas tidur dan memonitor pola tidur Anda.

Berpartisipasi dalam Acara Kesadaran Tidur

Sumbangkan kepada organisasi atau yayasan yang mempromosikan penelitian dan kesadaran, tentang gangguan tidur seperti sleep apnea dan insomnia. Cari acara atau penggalangan dana tidur di daerah Anda, atau temukan opsi online untuk berkontribusi pada upaya tersebut.

Pertimbangkan Pembelian Kasur Baru

Jika Anda mengalami masalah tidur karena struktur tidur yang tidak mendukung, pertimbangkan untuk membeli kasur baru. Hari Tidur Sedunia bisa menjadi momen yang tepat untuk mengevaluasi kebutuhan tidur Anda dan mencari kasur yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Konsultasi dengan Ahli Tidur

Jika Anda merasa memiliki masalah tidur yang serius, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli tidur. Mereka dapat memberikan saran dan rekomendasi untuk mengatasi masalah tidur Anda, termasuk kemungkinan menjalani tes tidur untuk diagnosis yang lebih akurat.

4 dari 4 halaman

Ucapan World Sleep Day 2024

1. Peringatan Hari Tidur Sedunia mengingatkan kita semua tentang pentingnya tidur yang nyenyak dan sehat. Selamat Hari Tidur Sedunia untuk semuanya!

2. Selamat Hari Tidur Sedunia untukmu, Sayangku. Hari ini memberikan kita semua kebebasan untuk tidur tanpa merasa bersalah.

3. Ketika kita tidur nyenyak, maka tubuh, pikiran, dan jiwa kita berfungsi dengan baik. Selamat Hari Tidur Sedunia!

4. Tidur yang nyenyak dan sehat sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Selamat menikmati tidur yang terbaik pada Hari Tidur Sedunia kali ini!

5. Mari rayakan Hari Tidur Sedunia dengan tidur yang lebih panjang untuk meringankan beban tubuh dan pikiran kita. Selamat Hari Tidur Sedunia, Semuanya!

6. Orang yang bisa tidur nyenyak adalah orang yang terberkati. Semoga tidurmu selalu nyenyak dan berkualitas. Selamat Hari Tidur Sedunia, Sobat!

7. Tidur yang teratur sangat penting karena dapat menstimulasi tubuh untuk selalu bangun tepat waktu. Selamat Hari Tidur Sedunia!

8. Peringatan Hari Tidur Sedunia memotivasi kita untuk memperbaiki pola tidur demi kesehatan masing-masing. Selamat Hari Tidur Sedunia!

9. Tak ada yang salah dari keinginan untuk tidur. Itu adalah alarm alami dari tubuh kita yang mulai kelelahan. Salam hangat di Hari Tidur Sedunia untuk kamu!

10. Tidur itu sama pentingnya dengan makanan, karena bisa membuat kita tetap aktif dan sehat untuk memiliki kehidupan yang kita impikan. Selamat Hari Tidur Sedunia, Kawan!

11. Tak ada yang bisa menandingi tidur yang nyenyak dan berkualitas. Selamat Hari Tidur Sedunia, Sayang!

12. Tidur adalah saat yang paling berharga dari sepanjang hari. Selamat Hari Tidur Sedunia!

13. Selamat Hari Tidur Sedunia, Cintaku! Hari ini kamu berhak untuk tidur lebih panjang daripada biasanya.

14. Tidur yang pulas adalah yang kita butuhkan untuk hidup sehat. Selamat Hari Tidur Sedunia!

15. Hari ini kita memperingati Hari Tidur Sedunia. Jadi, bebaskan dirimu dari rasa bersalah untuk tidur!

16. Tidur adalah berkat dari Tuhan. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan kualitas tidurmu pada Hari Tidur Sedunia ini!

17. Tidurlah dengan tepat waktu dan bangun lebih awal. Ubah kebiasaan kecil dan ciptakan perbedaan dalam hidupmu. Selamat Hari Tidur Sedunia!

18. Tidur adalah obat terbaik bagi tubuh, pikiran dan jiwa kita. Selamat Hari Tidur Sedunia, Papa dan Mama!

19. Selamat Hari Tidur Sedunia, Dik! Tidurlah dengan baik dan sambutlah jiwa raga yang sehat.

20. Para penderita insomnia tahu betul betapa berharganya tidur yang nyenyak. Jadi, jangan pernah anggap remeh tidur. Selamat Hari Tidur Sedunia, Kak!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.