Sukses

Potret 'Kontrakan 1000 Pintu' yang Kini Terbengkalai, Seram Meski Siang Hari

Menurut penelusuran seorang pria pemilik akun, kontrakan 1000 pintu itu terbengkalai karena ada kasus pembunuhan.

Liputan6.com, Jakarta Kontrakan 1000 pintu kini kembali viral karena penampakannya yang sudah terbengkalai. Padahal, kontrakan tersebut sempat menjadi primadona pada zamannya. Karena kondisinya kini sudah tidak berpenghuni, banyak warganet yang dulu merasakan tinggal di sana menceritakan sedikit kenangannya.

Penampakan kondisi kontrakan 1000 pintu yang terbengkalai itu dibagikan oleh sebuah video singkat di laman TikTok @vanesdoy46. Tak lama setelah diunggah, video tersebut menjadi viral di media sosial. Diketahui, kontrakan terbengkalai itu berada di kawasan Cikarang, Bekasi.

Menurut seorang pria pemilik akun yang menelusuri lokasi tersebut, kontrakan itu menjadi terbengkalai selama 10 tahun lantaran pernah terjadi kasus pembunuhan. Padahal sebelumnya, kontrakan tersebut ramai dihuni oleh para perantau.

"Kontrakan ini tuh udah lama banget terbengkalai, udah sekitar 10 tahun ya," kata pemilik akun dalam video, dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @vanesdoy46, Minggu (25/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondisi kontrakan 1000 pintu kini terbengkalai

Sebelum terbengkalai, kontrakan 1.000 pintu itu dulu penuh dengan penyewa. Konon, kasus pembunuhan lah yang membuat kontrakan tersebut sepi dan lama-lama terbengkalai. Sejak kejadian itu, para penghuni juga mulai mengalami sejumlah kejadian horor di kontrakan tersebut.

Hal itu mengakibatkan satu per satu penghuni kontrakan pindah ke tempat lain. Dalam video tersebut, ditunjukkan suasana kontrakan pada siang hari, di mana matahari masih bisa meneranginya. Meski begitu, suasana suram masih tetap terasa.

Tampak bangunan yang sudah tak terawat itu begitu lembap, sehingga menimbulkan kesan yang seram. Rupanya, pria pemilik akun tersebut datang pada siang hari untuk survei lokasi.

Setelahnya, ia akan mengadakan siaran langsung di malam hari di kontrakan 1000 pintu yang terbengkalai tersebut. Penelusuran yang dilakukan secara live itu pun menarik perhatian warganet.

"Sayang ini, sayang ya? Ada modal nggak guys kira-kira kalau kita beli kontrakan ini? Ini kayaknya murah ni kalau udah terbengkalai kaya gini," ujar pemilik akun saat melakukan live di akun TikTok-nya.

3 dari 4 halaman

Komentar warganet

Dalam video yang sudah ditonton hingga 4,4 juta kali itu juga menunjukkan kondisi kontrakan yang sudah dipenuhi tumbuhan liar, tembok bangunan terkelupas hingga kayu pada pintu jendela mulai keropos. Penampakan itu pun membuat netizen merasa ngeri dan merespons dengan beragam komentar.

"Ini resikonya buka kos kosan, ada 1 kasus aja langsung semua pintu galaku," tulis akun @rell.riell.

"Aku pernah kost disitu. Malem malem kadang ada yg ketuk pintu, pas dibuka, nggk ada orang... hampir tiap hari," tulis akun @ipul_jrr.

"Disitu pernah ada mayat, jd ga ada lg yg berani, soalnya tiap malem suka ada yg ketuk2 pintu, orang sebelah gitu katanya," tulis akun @tbp45_project.

Meski banyak yang menceritakan pengalaman horornya selama tinggal di kontrakan tersebut, ada beberapa orang yang menjelaskan jika kondisi kosongnya saat ini bukan karena ada kejadian horor.

"Dulu karyawan pabrik pada ngontrak disana ...pas pabrik pindah ya karyawannya juga pindah. Pada plg kampung jadi bukan karna ada hantunya," tulis akun @sutrisnonino913.

"Mana adalah seremnya, itu yg megang abangku, krn yg punya sudah mninggal, dan anaknya yg punya di LN sering kesitu," tulis akun @l.batubaraa.

4 dari 4 halaman

Tonton video viralnya berikut ini:

@vanesdoy46

KONTRAKAN 1000 pintu terbengkalai #horor #horror #tiktokhoror #tiktokhorror #tiktokmisteri #misteri #bangunanangker

♬ Backsound Horor 3 - N.I.A

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.