Sukses

Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat Lengkap, Perbaiki Sholat dan Dekatkan Diri dengan Allah

Salah satu manfaat dari membaca doa setelah sholat fardhu singkat adalah untuk memperbaiki pahala sholat kita.

Liputan6.com, Jakarta Setelah menunaikan sholat fardhu, membaca doa-doa yang dianjurkan merupakan tindakan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Doa-doa tersebut memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan sehari-hari dan juga di akhirat nanti.

Salah satu manfaat dari membaca doa setelah sholat fardhu singkat adalah untuk memperbaiki pahala sholat kita. Dengan membaca doa, kita menunjukkan rasa syukur dan memohon ampunan kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan yang kita lakukan. Hal ini akan menambah pahala sholat kita dan menjauhkan kita dari siksaan di akhirat.

Selain itu, membaca doa setelah sholat fardhu juga dapat mendekatkan diri kita dengan Allah. Dengan membaca doa, kita mengingat dan mendekatkan diri kepada-Nya, sehingga kita akan merasakan kehadiran-Nya dalam setiap langkah kehidupan kita. Hal ini akan memberikan ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup kita serta menjauhkan kita dari godaan syaitan.

Kesimpulannya, membaca doa setelah sholat fardhu memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita, baik di dunia maupun di akhirat. Lalu apa saja doa setelah sholat fardhu? Berikut adalah doa-doa sholat fardhu singkat, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (22/2/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Istighfar 3 Kali

Setelah selesai menjalankan sholat fardhu, disunnahkan untuk membaca istighfar sebanyak 3 kali. Istighfar ini adalah doa setelah sholat fardhu singkat untuk memohon ampun kepada Allah SWT. Adapun bacaannya adalah sebagai berikut:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astghfirullah hal'adzim, alladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih.

Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Besar, tidak ada tuhan melainkan Dia, yang Maha Hidup yang terus-menerus mengurus makhluk-Nya, dan saya bertobat kepada-Nya."

2. Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat

Setelah menyelesaikan sholat fardu, ada beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Salah satu doa yang dianjurkan adalah pujian kepada Allah SWT. Adapun bacaan doa setelah sholat fardhu singkat setelah berikut: 

لَااِلَهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْر

"Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syai'innqodiir."

Artinya: "Tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan. Bagi-Nya pujaan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."

3. Doa Sholat Fardhu Singkat untuk Memohon Perlindungan dari Siksa Neraka

Setelah menyelesaikan sholat fardhu, sangat dianjurkan untuk mengucapkan doa setelah sholat fardhu singkat untuk mohon perlindungan dari siksa api neraka. Doa ini adalah upaya kita untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dari siksaan yang sangat mengerikan, yaitu api neraka. Adapun bacaan doa setelah sholat fardhu singkat untuk mohon perlindungan dari siksa api neraka sebagai bacaan wirid adalah sebagai berikut:

للَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

"Allahumma ajirni minan-naar."

Artinya: "Ya Allah lindungilah aku dari api neraka"

 

3 dari 4 halaman

4. Doa Setelah Sholat Fardhu untuk Mohon Keselamatan

Doa Mohon Keselamatan adalah salah satu doa setelah sholat fardhu singkat yang dianjurkan untuk dibaca.  Doa ini merupakan bagian dari dzikir setelah sholat karena dalam Islam, dzikir memiliki peran penting dalam mendekatkan diri kepada Allah. Dengan membaca doa ini, umat Muslim diingatkan akan pentingnya keselamatan dan bahwa segala jenis keselamatan berasal dari Allah SWT. Adapun bacaan doa setelah sholat fardhu singkat untuk mohon keselamatan sebagai bacaan wirid adalah sebagai berikut:

للَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

"Allahumma antassalam, wamingkassalam, wa ilayka ya'uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata'alayta yaa dzaljalaali wal ikraam."

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelekan-kejelekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan-kerusakan) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Dzat Yang Maha Agung dan Maha Baik"

5. Membaca Tasbih, Tahmid, Takbir

Setelah menyelesaikan sholat fardhu, umat muslim dianjurkan untuk membaca dzikir Tasbih, Tahmid, dan Takbir. Membaca dzikir seperti Tasbih, Tahmid, dan Takbir setelah sholat fardhu memiliki manfaat untuk membersihkan hati dari sifat sombong dan merendahkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, membaca dzikir juga dapat membantu umat muslim memperkuat hubungan spiritual dengan Allah SWT. Adapun bacaan doa setelah sholat fardhu singkat berupa wirid adalah sebagai berikut:

  • Membaca kalimat Tasbih 33 kali "SUBHANALLAH"
  • Membaca kalimat Tahmid 33 kali "ALHAMDULILLAH"
  • Membaca kalimat Takbir 33 kali "ALLAHU AKBAR"

6. Membaca Tahlil dan Doa Memohon Ampunan Allah

Setelah menyelesaikan sholat fardhu, disarankan untuk membaca Tahlil dan Doa Memohon Ampunan Allah. Adapun bacaan doa setelah sholat fardhu singkat berupa tahlil dan doa mohon ampunan adalah sebagai berikut:

لَااِلَهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْر

“Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa 'alaa kulli syai'innqodiir.”

Artinya: “Tiada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Segala pujian dan kerajaan adalah milik Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (HR. Bukhari, Muslim).

 

4 dari 4 halaman

7. Doa Agar Ibadah Diterima Allah SWT

Setelah menyelesaikan sholat fardhu, sangat dianjurkan untuk membaca doa agar ibadah kita diterima Allah SWT. Salah satu doa yang dianjurkan adalah doa setelah sholat fardhu singkat yang dianjurkan aagar amal ibadah diterima adalah sebagai berikut:

“Allahumma rabbana taqabbal minna shalatana wa shiyamana wa ruku'ana wa sujudana wa qu'udana wa tadharru'ana wa takhasysyu'ana wa ta'abbudana wa tammim taqshirana ya Allah ya rabbal alamin.”

Artinya: “Ya Allah, terimalah shalat kami, puasa kami, rukuk kami, sujud kami, duduk rabah kami, kerendahdirian kami, kekhusyukan kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yang kami lakukan selama kami menunaikan shala Ya Allah, Tuhan seru sekalian alam.”

8. Doa Memohon Keselamatan

Setelah menyelesaikan sholat fardhu, sangat dianjurkan untuk membaca beberapa doa sebagai wirid, salah satunya adalah doa memohon keselamatan. Doa ini adalah salah satu doa yang sangat penting untuk dibaca setelah sholat, karena doa ini merupakan bentuk memohon perlindungan dan keselamatan dari segala musibah dan bahaya. Adapun bacaan doa sholat fardhu singkat untuk memohon keselamatan adalah sebagai berikut:

Allahumma inna nasaluka salamatan fid-din wa ‘afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-“ilmi wa barakatan fir-rizqi wa taubatan qablal-mautwa rahmatan ‘indal-mautwa maghfiratamba'dal-maut allahumma hawwin ‘alaina fi sakaratil-maut, wan najata minan-nar wal-afwa ‘indalkhisab.”

Artinya: “Ya Allah, ya Tuhan kami, kami mohon keselamatan agam, kesehatan jasmani, bertambahnya ilmu, dan berkah rezeki, dapat bertobat sebelum mati, mendapatkan rahmat ketika mati, dan memperoleh ampunan setelah mati. Ya Allah, ya Tuhan kami, mudahkanlah kami saat mengalami sakaratul maut. Ya Allah, bebaskanlah kami dari azab neraka, serta memperoleh ampunan ketika dihisab.”

9. Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Setelah menyelesaikan sholat fardhu, sebaiknya umat muslim membaca doa-doa yang dianjurkan. Salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca adalah doa selamat dunia dan akhirat. Doa selamat dunia dan akhirat sebagai bacaan wirid adalah sebagai berikut:

 

“Rabbanaa Taqabbal Minnaa Innaka Antas Samii'ul ‘Aliim, Wa Tub ‘Alainaa Innaka Antat Ta Wwa Abur Rahiim.”

Artinya: “Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

“Rabbanaa Aatinaa Fiddunnyaa Hasanah, Wa Fil Aakhirati Hasanah, Waqinaa ‘Adzaa Ban Naar.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

“Washallallaahu ‘Alaa Sayyidinaa Muhamma-Din Wa'alaa Aalihiwa Shahbihiiwa Sallam, Wal Hamdu Lillaahirabbil ‘Aalamiin.”

Artinya: “Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.”

 

Di samping itu, kita juga diperkenankan untuk membaca doa-doa yang berisfat pribadi, di mana kita bisa memohon kepada Allah SWT agar apa yang menjadi cita-cita dan keinginan kita dapat dikabulkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.