Sukses

Vitamin A, Fungsi, Manfaat, Sumber dan Efek Kekurangannya

Informasi seputar Vitamin A, mulai dari fungsi, manfaat hingga sumbernya

Liputan6.com, Jakarta Vitamin A memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Dalam kelompok senyawa fat-soluble yang melibatkan retinol, retinal, dan ester retinil, vitamin A hadir dalam dua bentuk utama: preformed vitamin A yang ditemukan dalam produk hewani seperti hati dan ikan, serta provitamin A karotenoid yang melimpah dalam makanan nabati seperti wortel dan bayam. 

Kedua bentuk ini harus diubah oleh tubuh menjadi bentuk aktif, yaitu retinal dan asam retinoat, agar dapat memberikan manfaat penuh. Vitamin A, yang esensial bagi pertumbuhan sel, fungsi kekebalan tubuh, dan penglihatan, memainkan peran utama dalam menjaga kesehatan mata. Rhodopsin, molekul penting untuk penglihatan warna dan dalam kondisi cahaya rendah, dibentuk melalui kombinasi retinal, bentuk aktif dari vitamin A, dengan protein opsin. 

Meskipun vitamin A umumnya dapat ditemukan dalam makanan sehari-hari, kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan komplikasi serius, terutama di negara-negara berkembang. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kebutaan yang dapat dicegah pada anak-anak, peningkatan risiko infeksi seperti campak dan diare, serta komplikasi pada kehamilan. Sebaliknya, konsumsi berlebihan vitamin A juga dapat membahayakan kesehatan, menyebabkan toksisitas dengan efek samping yang serius. 

Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari Health Line informasi seputar Vitamin A, mulai dari fungsi, manfaat hingga sumbernya pada Kamis (1/2).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Vitamin A?

Vitamin A merupakan sekelompok senyawa yang larut dalam lemak, termasuk retinol, retinal, dan ester retinil. Terdapat dua bentuk vitamin A yang ditemukan dalam makanan.

  1. Vitamin A yang sudah terbentuk (preformed vitamin A), yaitu retinol dan ester retinil, terdapat secara eksklusif dalam produk hewani seperti susu, hati, dan ikan.
  2. Provitamin A karotenoid hadir dalam makanan nabati seperti buah, sayuran, dan minyak.

Tubuh harus mengonversi kedua bentuk vitamin A ini menjadi retinal dan asam retinoat, bentuk aktif dari vitamin tersebut, agar dapat digunakan. Karena vitamin A larut dalam lemak, ia disimpan dalam jaringan tubuh untuk digunakan kemudian.

Sebagian besar vitamin A dalam tubuh disimpan di hati dalam bentuk ester retinil. Ester-ester ini kemudian dipecah menjadi all-trans-retinol, yang mengikat pada protein pengikat retinol. Kemudian, ia memasuki aliran darah, di mana tubuh dapat menggunakannya.

Penting untuk memperhatikan asupan vitamin A dalam makanan karena memainkan peran penting dalam kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, dan fungsi reproduksi. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti gangguan penglihatan malam (kemerosotan mata), gangguan sistem kekebalan tubuh, serta masalah kulit dan rambut. Oleh karena itu, memasukkan sumber-sumber makanan kaya vitamin A ke dalam diet seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

Fungsi Vitamin A bagi Tubuh

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda. Ini mendukung pertumbuhan sel, fungsi kekebalan tubuh, perkembangan janin, dan penglihatan.

Salah satu fungsi vitamin A yang paling dikenal adalah perannya dalam penglihatan dan kesehatan mata. Retinal, bentuk aktif dari vitamin A, bergabung dengan protein opsin untuk membentuk rodopsin, molekul yang penting untuk penglihatan warna dan penglihatan dalam cahaya rendah.

Vitamin A juga membantu melindungi dan menjaga kornea, lapisan terluar mata, dan konjungtiva, membran tipis yang melapisi permukaan mata dan bagian dalam kelopak mata.

Selain itu, vitamin A membantu menjaga jaringan permukaan seperti kulit, usus, paru-paru, kandung kemih, dan telinga bagian dalam. Ini mendukung fungsi kekebalan tubuh dengan mendukung pertumbuhan dan distribusi sel T, jenis sel darah putih yang melindungi tubuh dari infeksi.

Selain itu, vitamin A mendukung kesehatan sel kulit, kesehatan reproduksi pria dan wanita, serta perkembangan janin.

Dengan demikian, vitamin A diperlukan untuk kesehatan mata, penglihatan, fungsi kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, reproduksi, dan perkembangan janin. Menjaga asupan vitamin A yang cukup melalui makanan yang seimbang sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Vitamin A bagi Kesehatan

Vitamin A merupakan nutrisi penting yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat pentingnya:

1. Antioksidan Kuat

Provitamin A karotenoid seperti beta karoten, alpha karoten, dan beta cryptoxanthin adalah prekursor vitamin A dan memiliki sifat antioksidan. Karotenoid melindungi tubuh dari radikal bebas, molekul yang sangat reaktif dan dapat merusak tubuh dengan menciptakan stres oksidatif. Stres oksidatif telah dikaitkan dengan kondisi kronis seperti diabetes, kanker, penyakit jantung, dan penurunan kognitif. Diet tinggi karotenoid terkait dengan risiko lebih rendah terhadap kondisi-kondisi tersebut, seperti penyakit jantung, kanker paru-paru, dan diabetes.

2. Penting untuk Kesehatan Mata dan Mencegah Degenerasi Makula

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, vitamin A sangat penting untuk penglihatan dan kesehatan mata. Asupan makanan yang cukup membantu melindungi dari beberapa penyakit mata, seperti degenerasi makula terkait usia (AMD). Penelitian menunjukkan bahwa tingkat darah yang lebih tinggi dari beta karoten, alpha karoten, dan beta cryptoxanthin dapat mengurangi risiko AMD hingga 25%. Pengurangan risiko ini terkait dengan perlindungan nutrisi karotenoid terhadap jaringan makula dengan menurunkan tingkat stres oksidatif.

3. Mungkin Melindungi dari Beberapa Jenis Kanker

Berkat sifat antioksidannya, buah dan sayuran kaya karotenoid mungkin melindungi dari beberapa jenis kanker. Sebagai contoh, studi pada lebih dari 10.000 orang dewasa menemukan bahwa perokok dengan tingkat darah tertinggi alpha karoten dan beta cryptoxanthin memiliki risiko lebih rendah 46% dan 61% untuk meninggal karena kanker paru-paru dibandingkan dengan non-perokok dengan asupan nutrisi ini yang paling rendah. Selain itu, studi tabung reaksi menunjukkan bahwa retinoid dapat menghambat pertumbuhan sel kanker tertentu, seperti kanker kandung kemih, payudara, dan ovarium.

4. Vital untuk Kesuburan dan Perkembangan Janin

Vitamin A penting untuk reproduksi baik pada pria maupun wanita karena berperan dalam perkembangan sperma dan sel telur. Ini juga kritis untuk kesehatan plasenta, perkembangan dan pemeliharaan jaringan janin, serta pertumbuhan janin. Oleh karena itu, vitamin A sangat penting untuk kesehatan orang hamil dan perkembangan bayi mereka, serta bagi mereka yang berusaha hamil.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A mempengaruhi kesehatan kekebalan tubuh dengan merangsang respons yang melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi. Vitamin A terlibat dalam pembentukan beberapa sel, termasuk sel B dan sel T, yang memainkan peran sentral dalam respons kekebalan tubuh untuk melindungi dari penyakit. Kekurangan nutrisi ini menyebabkan peningkatan kadar molekul pro-inflamasi yang mengurangi respons dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

4 dari 5 halaman

Kekurangan Vitamin A

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius.Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, kekurangan vitamin A adalah penyebab utama kebutaan yang dapat dicegah pada anak-anak di seluruh dunia.

Selain itu, kekurangan vitamin A meningkatkan keparahan dan risiko kematian akibat infeksi seperti campak dan diare.

Penelitian juga menemukan bahwa kekurangan vitamin A meningkatkan risiko anemia dan kematian pada wanita hamil serta berdampak negatif pada janin dengan memperlambat pertumbuhan dan perkembangannya.

Gejala kurang parah dari kekurangan vitamin A termasuk masalah kulit seperti hiperkeratosis dan jerawat.

Beberapa kelompok tertentu, seperti bayi prematur, orang dengan fibrosis kistik, dan wanita hamil atau menyusui di negara-negara berkembang, lebih berisiko mengalami kekurangan vitamin A.

Ringkasnya, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan, peningkatan risiko infeksi, komplikasi kehamilan, dan masalah kulit. Oleh karena itu, penting untuk memastikan asupan vitamin A yang cukup, terutama bagi mereka yang berisiko tinggi kekurangan nutrisi ini.

 

Sumber Vitamin A

Terdapat banyak sumber makanan yang mengandung baik vitamin A yang sudah terbentuk maupun karotenoid provitamin A. Vitamin A yang sudah terbentuk lebih mudah diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh dibandingkan dengan sumber-sumber tumbuhan yang mengandung karotenoid provitamin A.

Kemampuan tubuh untuk mengonversi karotenoid, seperti beta karoten, menjadi vitamin A aktif tergantung pada banyak faktor, termasuk genetika, pola makan, kesehatan secara keseluruhan, dan penggunaan obat-obatan.

Oleh karena itu, bagi mereka yang mengikuti pola makan berbasis tumbuhan, terutama vegan, perlu waspada untuk mendapatkan cukup makanan yang kaya karotenoid. Makanan yang kaya akan vitamin A yang sudah terbentuk meliputi:

  • Kuning telur
  • Hati sapi
  • Mentega
  • Minyak ikan kod
  • Hati ayam
  • Salmon
  • Keju cheddar
  • King mackerel
  • Trout

Makanan yang tinggi karotenoid provitamin A seperti beta karoten meliputi:

  • Ubi jalar
  • Labu
  • Wortel
  • Kale
  • Bayam
  • Daun bawang
  • Daun collard
  • Labu musim dingin
  • Melon cantaloupe
  • Pepaya
  • Paprika merah

Ringkasnya, vitamin A yang sudah terbentuk terdapat dalam makanan hewani seperti hati, salmon, dan kuning telur, sementara karotenoid provitamin A ditemukan dalam makanan nabati, termasuk ubi jalar, kale, dan wortel.

5 dari 5 halaman

Keracunan Vitamin A

Seperti kekurangan vitamin A dapat berdampak negatif pada kesehatan, mendapatkan terlalu banyak juga dapat berbahaya. Rekomendasi Asupan Harian (RDA) untuk vitamin A adalah 900 mcg dan 700 mcg per hari untuk pria dan wanita, secara berturut-turut. Jumlah ini mudah dicapai jika Anda mengonsumsi banyak makanan utuh.

Namun, untuk mencegah toksisitas, penting untuk tidak melebihi Batas Atas Asupan yang Tolerable (UL) sebesar 10.000 IU (3.000 mcg) per hari untuk orang dewasa.

Meskipun mungkin mengonsumsi vitamin A yang berlebihan melalui sumber-sumber hewani seperti hati, toksisitas umumnya terkait dengan asupan suplemen yang berlebihan dan pengobatan dengan beberapa jenis obat, seperti isotretinoin.

Karena vitamin A larut dalam lemak, ia disimpan dalam tubuh dan dapat mencapai tingkat yang tidak sehat seiring waktu. Mengonsumsi terlalu banyak vitamin A dapat menyebabkan efek samping serius dan bahkan dapat fatal jika Anda mengonsumsi dosis yang sangat tinggi.

Toksikitas vitamin A akut terjadi dalam waktu singkat ketika satu dosis yang sangat tinggi dari vitamin A dikonsumsi. Toksikitas kronis terjadi ketika dosis yang lebih dari 10 kali RDA dikonsumsi selama periode waktu yang lebih lama.

Efek samping yang paling umum dari toksikitas vitamin A kronis, yang sering disebut sebagai hipervitaminosis A, meliputi gangguan penglihatan, nyeri sendi dan tulang, nafsu makan buruk, mual dan muntah, sensitivitas terhadap sinar matahari, kerontokan rambut, sakit kepala, kulit kering, kerusakan hati, kuning pada kulit dan mata, pertumbuhan yang tertunda, penurunan nafsu makan, kebingungan, dan gatal pada kulit.

Meskipun kurang umum daripada toksikitas kronis, toksikitas akut vitamin A terkait dengan gejala yang lebih parah, termasuk kerusakan hati, peningkatan tekanan di dalam tengkorak, dan bahkan kematian.

Selain itu, toksisitas vitamin A dapat berdampak negatif pada kesehatan orang hamil dan bayi mereka dan dapat menyebabkan kelainan perkembangan janin.

Untuk menghindari toksisitas, hindarilah suplemen vitamin A dosis tinggi. UL untuk vitamin A berlaku untuk sumber-sumber makanan vitamin A yang berasal dari hewan dan untuk suplemen vitamin A. Tingkat konsumsi karotenoid makanan tidak terkait dengan toksisitas, meskipun penelitian menghubungkan suplemen beta karoten dengan peningkatan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung pada perokok.

Karena terlalu banyak vitamin A dapat berbahaya, konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi suplemen vitamin A.

Ringkasnya, toksisitas vitamin A dapat memiliki efek negatif seperti kerusakan hati, gangguan penglihatan, mual, dan bahkan kematian. Jangan mengonsumsi suplemen vitamin A dosis tinggi kecuali atas resep dari profesional kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.