Sukses

Bawakan 125 Lagu, Wanita Ini Pecahkan Rekor Nyanyi 5 Hari Lebih

Rekor menyanyi terlama di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Saat seseorang sedih atau bahagia, menyanyi bisa menggambarkan ekspresi. Sesekali bernyanyi terbukti memberikan manfaat bagi jiwa dan raga. Namun siapa sangka, ada orang yang sengaja bernyanyi terus menerus bahkan sampai 5 hari lebih. Tak heran aksi wanita satu ini menjadi sorotan dunia.

Dengan semangat yang gigih dan ketekunan yang luar biasa, Afua Asantewaa Aduonum asal Ghana telah mencatatkan namanya dalam Guinness World Record sebagai penyanyi dengan maraton terlama yang dilakukan secara individu. 

Sebelum malam Natal tepatnya pada tanggal 24 Desember 2023, ajang unjuk diri nyanyi bertajuk "afuaasantewaasingathon" dimulai, dan perjalanan ajaibnya berlangsung selama 126 jam 52 menit. Pantas saja Afua diganjar penghargaan rekor dunia, mengingat waktu yang tidak sedikit bagi seseorang untuk bernyanyi.

Penyelenggara mengatakan, menurut peraturan yang ditetapkan oleh Guinness World Records, Afua Asantewaa diperbolehkan istirahat lima menit setiap jam, atau 20 menit setelah empat jam. Setelah bernyanyi selama 5 hari lebih, usaha wanita asal Afrika Barat itu terbayarkan. 

Dilansir Liputan6.com dari Africa News dan BBC, Rabu (3/1/2024), wanita asal Gahan itu berjuang menyanyi selama 126 jam terus menerus, mengatasi rekor resmi sebelumnya yang mencapai 105 jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hotnonseo Rela Jungkir Balik Demi Terus Menerus Menyanyi

Afua menghadapi berbagai posisi selama maratonnya, termasuk berdiri, berbaring, duduk, dan jongkok, menunjukkan keberagaman dan keuletannya dalam menghadapi tantangan fisik yang luar biasa. Proyek ini bukan hanya tentang mencetak rekor, tetapi juga tentang semangat dan tekad untuk mendorong batas-batas pencapaian artistik.

Afua Asantewaa, meskipun bukan musisi profesional, berhasil menciptakan sejarah baru dalam dunia musik dengan prestasinya yang mengesankan. Dalam ucapan terima kasihnya kepada pendukung setianya di ibu kota Accra, dia menyampaikan rasa syukur dengan suara serak dan berbalut bendera negaranya.

Tidak hanya itu, wanita 33 tahun itu juga berhasil menciptakan momen inspiratif melalui maratonnya. Ia berharap bahwa pencapaiannya dapat menjadi motivasi bagi semua wanita untuk keluar dari zona nyaman mereka dan mencoba peluang baru.

"Ketika kamu bertekad, kamu bisa mencapainya," ucapnya dengan suara penuh makna.

3 dari 4 halaman

Sukses Bawakan 125 Lagu

Prestasi luar biasa Afua Asantewaa dalam maraton menyanyi tidak hanya memikat banyak orang yang memberikan selamat, terutama pada Hari Natal. Di antara mereka yang hadir adalah beberapa bintang musik ternama Tanah Air, seperti Stonebwoy, Shatta Wale, dan Sarkodie. Wakil Presiden Mahamudu Bawumia juga turut serta, bersama dengan sejumlah aktor, aktris, dan influencer.

Mengutip dari BBC (3/1), para tamu tersebut terpaku mendengarkan Asantewaa menyampaikan 125 lagu pilihan dari sejarah musik Ghana, melibatkan berbagai genre seperti gospel, high-life, dan hip-life. Upaya ini bukan hanya sekadar penampilan musik, melainkan juga bagian dari inisiatif untuk mempromosikan kekayaan budaya negaranya.

Dalam wawancara dengan media, ibu Afua menyampaikan harapannya bahwa prestasi luar biasa putrinya ini akan memberikan inspirasi kepada wanita di seluruh dunia untuk berani mencoba hal-hal baru dan melangkah keluar dari zona nyaman mereka. 

Dengan suara serak yang masih terdengar, Afua Asantewaa Aduonum berhasil mengukir namanya dalam buku sejarah Guinness World Record, menjadi sosok inspiratif bagi para pencinta musik dan peminat tantangan.

4 dari 4 halaman

Simak Keseruan Wanita Nyanyi Terlama Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.