Sukses

Viral Penampakan Rumah 'Diserang' Ribuan Ulat Jati di Tembok, Bikin Merinding

Sebuah video menjadi viral setelah merekam penampakan ribuan ulat jati yang mengepung sebuah rumah.

Liputan6.com, Jakarta Perubahan cuaca yang tidak menentu membuat hewan-hewan yang lama bersembunyi, kembali muncul ke permukaan. Selain itu, pergantian musim juga membuat beberapa hewan berkembang biak dengan pesat. Seperti kemunculan ulat jati yang merupakan hama pemakan daun, baik daun jati itu sendiri maupun tumbuhan lain.

Kemunculan ulat jati juga tidak hanya mengganggu tumbuhan, namun juga manusia. Seperti yang terlihat dalam sebuah video viral yang diunggah oleh laman TikTok @astrissambudy belum lama ini. Video yang mencuri perhatian warganet itu kini sudah ditonton hingga 9,6 juta kali.

Dalam video berdurasi 37 detik tersebut, memperlihatkan seorang wanita yang merekam penampakan rumahnya yang 'diserang' oleh ribuan ulat jati. Ulat yang berukuran sejari kelingking itu sukses bikin geli sekaligus merinding.

Dikutip Liputan6.com pada Selasa (19/12/2023), ulat-ulat yang merambat ke tembok rumah warga itu tampak lincah saat menggeliat. Tidak hanya merambat tembok, ulat jati tersebut juga berjalan ke kardus, pot bunga tidak terpakai, hingga cermin yang menempel di dinding rumah wanita pemilik akun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ulat jati bergerak begitu lincah

Saat direkam oleh wanita pemilik akun, ulat-ulat berwarna gelap itu tampak aktif bergerak dan berpindah tempat dengan cepat. Penampakan itu membuat bulu kuduk warganet ikut merinding. Wanita bernama Astris tersebut menyorot kondisi kardus di rumahnya yang dipenuhi ulat jati.

Puluhan ulat jati itu juga menggerumuti pot-pot bunga yang sudah tidak terpakai di rumahnya. Ulat itu menggerakkan tubuhnya dengan sangat lincah. Tidak hanya itu, ribuan ulat jati juga mencapai sepanjang tembok rumahnya yang tampak berada di lantai dua. Ulat-ulat itu berbaris dan menutupi permukaan atas tembok.

Saat kamera menyorot ke luar rumah, rupanya ulat jati itu berasal dari pohon jati yang berada di sisi rumah. Tampak di samping rumah tersebut terdapat kebun pohon jati yang luas. Tak heran, ribuan ulat jati itu naik ke rumah warga. Cermin yang menempel di tembok juga tak luput dari serangan ulat jati. Pergerakan mereka membuat warganet geli melihatnya.

3 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video yang telah ditonton hingga 9,6 juta kali itu mencuri perhatian warganet dan mendapatkan beragam reaksi di kolom komentar. Banyak yang merasa geli dan juga merinding melihat penampakan ribuan ulat jati yang menempel di tembok rumah warga.

"Ulat jati meresahkan," tulis akun @iniiemull_.

"Kalo musim ulat jati ini nunggu sore, kan ulatnya udah turun semua," tulis akun @mangginxtheday95.

"Kalau aku sih udah nangis," tulis akun @luludwiseftiana14.

"Inget dulu pas sekolah mau berangkat udah deg-degan duluan kalo musim ulet jati pada bergelantungan, kadang suka kejatuhan," tulis akun @desyekay.

4 dari 4 halaman

Tonton video viralnya berikut ini:

@astrissambudy

ulerr jati

♬ suara asli - Astris Sambudy - Astris Sambudy

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.