Sukses

5 Olahan Daun Kelor Untuk Diet Harian, Simak Pula Manfaatnya

Cara mengolah daun kelor untuk diet harian, anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus hingga menambahkannya dalam salad.

Liputan6.com, Jakarta Daun kelor merupakan tanaman kaya nutrisi yang berasal dari pohon Moringa. Tak hanya itu, daun kelor sangat kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bioaktif. Bahkan daun kelor telah dikenal karena manfaat kesehatannya selama ribuan tahun.

Daun kelor kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi. Selain itu, daun kelor juga mengandung antioksidan dan serat yang baik untuk pencernaan. Karena kandungan nutrisinya tersebut, daun kelor bermanfaat untuk menurunkan berat badan. 

Cara mengolah daun kelor untuk diet harian, anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus hingga menambahkannya dalam salad. Anda bisa memilih olahan daun kelor untuk diet sesuai dengan selera. 

Berikut Liputan6.com ulas mengenai olahan daun kelor untuk diet dan manfaatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (18/12/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Daun Kelor

Daun kelor adalah tanaman kaya nutrisi yang berasal dari pohon Moringa. Daun kelor memiliki beragam kandungan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, mulai dari protein, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, mineral, kalsium, kalium, besi, magnesium, fosfor, dan seng.

Ada juga kandungan polifenol dalam daun kelor yang memiliki sifat melawan kanker dan dapat mengurangi risiko seperti penyakit jantung dan diabetes. Selain itu, daun kelor juga memiliki lemak yang sangat rendah dan tidak mengandung kolesterol yang berbahaya. Untuk itu, tanaman ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena terkenal bisa menyembuhkan penyakit hingga cocok untuk program diet. 

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Olahan Daun Kelor untuk Diet

Melansir dari wellandgood.com, daun kelor dapat kamu gunakan untuk diet harian dengan cara sebagi berikut:

1. Campur dan aduk ke dalam air

H20 panas atau dingin dapat bekerja walau lebih mudah larut dalam air hangat yang dicampur dengan lemon dan madu. Cara mengolah daun kelor ini dapat dipercaya untuk bisa menurunkan berat badan.

2. Seduh sebagai teh

Terdapat berbagai merek teh yang berbahan dasar daun kelor atau teh yang diresapi daun kelor seperti Moringa Organik Traditional Medicinals dengan Spearmint dan Sage.

3. Mencampurkan ke dalam smoothie

Untuk membuat smoothie daun kelor, Anda dapat mencampurkan segenggam daun kelor segar dengan buah-buahan seperti pisang, mangga, atau berry untuk rasa yang manis dan menyegarkan. Tambahkan juga yogurt rendah lemak untuk tekstur yang kental dan protein tambahan.

4. Taburkan ke dalam sup.

Untuk sup daun kelor, Anda bisa menggunakan daun kelor sebagai bahan utama dalam sup sayuran. Tambahkan wortel, kentang, bawang, dan bumbu-bumbu sesuai selera untuk menciptakan sup yang lezat dan menyehatkan.

5. Dapat menjadi salad

Sementara itu, untuk salad daun kelor, Anda dapat mencampur daun kelor segar dengan sayuran hijau lainnya seperti selada, tomat, dan mentimun. Tambahkan potongan daging ayam atau ikan panggang untuk protein tambahan.

4 dari 4 halaman

Manfaar Daun Kelor untuk Diet

Dikutip dari Times of India, berikut ini terdapat beberapa manfaat daun kelor untuk diet adalah:

1. Bantu Kurangi Stres

Daun kelor mengandung vitamin (A, C, dan E), mineral (kalsium, kalium, dan zat besi), dan asam amino esensial. Kepadatan nutrisi ini menjadikannya tambahan yang berharga untuk diet lengkap. Selain itu, daun kelor juga kaya akan antioksidan, seperti quercetin, asam klorogenat, dan beta-karoten. Antioksidan tersebut dapat membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh, mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

2. Tingkatkan Laju Metabolisme

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu meningkatkan laju metabolisme, yang dapat berkontribusi pada pengelolaan berat badan. Tingkat metabolisme yang lebih tinggi berarti tubuh dapat membakar kalori lebih efisien. Kandungan serat pada daun kelor dapat berkontribusi terhadap rasa kenyang. Sehingga makanan yang tinggi serat dapat membantu mengendalikan nafsu makan.

3. Atur Kadar Gula Darah

Daun kelor telah dikaitkan dengan peningkatan sensitivitas insulin, sehingga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Kadar gula darah yang stabil dapat mengurangi nafsu makan dan makan berlebihan, sehingga meningkatkan berat badan yang lebih sehat.

4. Kurangi Retensi Air

Sifat diuretik pada daun kelor dapat membantu mengurangi retensi air, yang bisa menyebabkan penurunan berat badan sementara. Penting untuk diingat bahwa efek ini biasanya berkaitan dengan berat mineral dalam tubuh, bukan kehilangan lemak.

5. Turunkan Kadar Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, terutama mengurangi kadar kolesterol jahat. Menjaga kadar kolesterol yang sehat sangat penting untuk kesehatan jantung.

6. Mengandung Serat Tinggi

Kandungan serat dalam daun kelor bisa membantu menjaga rasa kenyang lebih lama dan mencegah terlalu banyak makan, sehingga daun kelor ini sangat membantu dalam penurunan berat badan atau program diet harian.

7. Meningkatkan Pencernaan

Kandungan serat dalam daun kelor bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan dan mencegah sembelit, sehingga membantu dalam program diet. Selain itu, daun kelor juga mengandung senyawa dengan sifat anti inflamasi dan antibakteri yang dapat mendukung kesehatan sistem pencernaan. Saluran pencernaan yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk penyerapan nutrisi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.